Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Gantikan Honda Jazz, Ini Spesifikasi City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS. (Dok. HPM)

Jakarta – Honda City Hatchback RS resmi dikenalkan di Indonesia. PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim City Hatchback RS hadir untuk mengakomodasi konsumen yang berjiwa muda dan dinamis.  Mobil ini diproyeksikan sebagai penerus Honda Jazz yang sudah habis masa edarnya.

“Mobil di segmen ini menjadi bagian dari gaya hidup konsumen muda,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy saat peluncuran virtual kemarin.

Baca Juga ----------------------------

Mengutip detikoto, City Hatchback di Indonesia hanya diperkenal  dalam varian ‘RS’ saja. HPM beralasan, Honda memiliki reputasi yang kuat dengan model-model seperti Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback RS. Jika digabungkan, kedua model itu mendominasi segmen hatchback di 2020, melalui pangsa pasar mencapai 48%. Tentunya Honda harus tetap mempertahankan eksistensinya sebagai nomor satu di segmen hatchback.

Kesuksesan Honda di segmen hatchback tak lepas dari kontribusi varian yang memiliki karakter lebih sporty, yaitu varian RS, yang berasal dari kata “Road Sailing”. Pada tahun 2020, varian RS dari Honda Jazz sendiri berkontribusi lebih dari 90% dari total penjualan model ini. Saat itu Honda juga meluncurkan model terbaru Civic Hatchback, dengan varian tunggal RS dan menerima sambutan sangat baik dari konsumen. RS sendiri  merupakan pengembangan khusus untuk varian Honda yang memiliki karakter lebih sporty. Contohnya, Jazz, Civic Hatchback, Brio dan  Mobilio.

Dari segi eksterior, Honda City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat. Lampunya full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. Kesan sporty semakin terlihat dengan  warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16″ Sporty Alloy Wheels.

Mobil ini juga dilengkapi Aerokit eksklusif RS, seperti Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper Lower Mesh Grille tampil pada bagian eksterior. Kombinasi aerokit dan bumper pada Honda City Hatchback RS diklaim telah dikembangkan melalui pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang yang juga mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika yang lebih baik.

Di bagian dalam, City Hatchback RS mengusung konsep ‘Elevate Your Move’, yang diklaim memiliki kabin lapang, disertai jok berlapis Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats dengan aksen merah yang menghadirkan kenyamanan dan sensasi sporty. Selain itu, kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi Ultra Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Di dalam kabin, interior Honda City Hatchback RS dirancang untuk menambah kesan sporty dan kenyamanan lebih tinggi. Pada bagian depan kabin, panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang terintegrasi dengan 8″ Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Tersedia pula fitur Smartphone Connection yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination. Fitur lain ada Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View.

Teknologi Heat Rejecting Titan Glass yang mampu mengurangi dampak panas sinar matahari, kamera belakang multi angle yang mampu memberikan visualisasi yang baik saat parkir mundur, hingga mode mengemudi yang ramah lingkungan, juga melengkapi kecanggihan mobil ini.

Di sektor keselamatan, City Hatchback RS dirancang menggunakan rangka G-CON + ACE. Dilengkapi  enam airbags, Brake Override System, Vehicle Stability Control, Hill Start Assists, hingga Emergency Stop Lamp. Ada juga Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Performa Honda City Hatchback RS yang memiliki transmisi CVT dan enam percepatan manual (6 M/T) telah didukung oleh 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Di atas kertas, padanan mesin dan transmisi tersebut diklaim dapat membuat performanya mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm, yang merupakan terbesar di kelasnya.

Namun sayang,  HPM belum merilis harga resmi  Honda City Hatchback RS. Kemungkinan baru akan diumumkan pada akhir Maret nanti sebelum unit didistribuskan pada bulan April.(dtk/tmp/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Koramil 0833/ 02 Kedungkandang bersama Muspika menggelar operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan covid-19. Ini juga sekaligus melaksanakan PPKM level 2...

Malang Raya

Malang Post – Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona berupaya terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai imunitas terhadap penyakit dan virus....

Malang Raya

Malang Post — Berbagai macam cara dilakukan Pemkot Batu untuk melakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. Terbaru Pemkot Batu bersama Batu Love Garden (Baloga) Jatim Park...

Malang Raya

Malang Post — Semakin melandainya angka kasus positif dan kematian akibat Covid-19, membuat kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful...

Malang Raya

Malang Post — Target pendapatan daerah Kota Batu mengalami penurunan sebesar Rp 99,8 miliar. Penurunan target tersebut terungkap saat pembahasan perubahan APBD 2021. Dengan begitu...

ShowBiz

Malang Post — Grup band rock asal Malang, d’Kross, akan berkolaborasi dengan pedangdut terkenal, Clara Gopa (Duo Semangka).  Ini menjawab rasa penasaran para d’Krosser (fans...

headline

Malang Post — Bianglala di Alun-alun Kota Batu mulai berputar kembali, Jumat (22/10/2021) tepat pukul 13.00 WIB. Setelah mati suri selama tiga bulan karena penerapan...

Malang Raya

Malang Post — Tepat pada Jumat (22/10/2021) adalah Hari Santri Nasional. Pandemi Covid-19 belum usai, tapi peran santri di Indonesia sangat besar untuk memajukan Indonesia....