Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Peringkat Pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021, Mendikbud Apresiasi UMM

VIRAL: Video singkat Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan apresiasinya atas raihan peirngkat internasional UMM.( Foto: Istimewa)

Malang – Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan apresiasinya untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Atas raihan peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank. 

“Saya, Mendikbud Nadiem Makarim mengucapkan selamat kepada tiga perguruan tinggi Muhammadiyah yang telah berhasil menduduki 10 besar Top Islamic University versi UniRank. Yakni, Universitas Muhammadiyah Malang peringkat I, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peringkat IV serta Universitas Muhammadiyah Surakarta peringkat XIII,” ujarnya melalui video singkat berdurasi sekitar satu menit yang viral Jumat (26/2).

Ia berharap, prestasi ini menjadi semangat bagi seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Agar terus konsisten, meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Membawa nama baik Indonesia ke tingkat dunia.

“Selamat dan sukses pada perguruan tinggi Muhammadiyah. Semoga tetap konsisten dalam memajukan pendidikan Indonesia. Melalui pendidikan yang berkualitas secara kompetensi dan pendidikan karakter. Maju terus pendidikan tinggi Muhammadiyah,” harapnya.

“Lanjutkan perjuangan untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi secara profesional. Sesuai perkembangan Iptek. Berdasarkan nilai-nilai Islam, untuk Indonesia maju dan harum di kancah internasional,” pungkasnya. 

Wakil Rektor I UMM, Prof Dr Syamsul Arifin M.Si menyampaikan: Capaian ini menjadi langkah mantap pihaknya, untuk meraih rekognisi internasional. Sebagai perwujudan visi UMM 2030.

“Ini akan menjadi pemicu. Menjadi trigger dan energi positif bagi sivitas akademika UMM. Untuk terus meningkatkan capaian-capaian internasional. Kita memang telah mematok visi UMM pada 2030. Agar mendapatkan international recognition. Pengakuan internasional dari berbagai lembaga pemeringkat, baik sertifikasi maupun akreditasi,” ujarnya.

Syamsul mengatakan, saat ini beberapa program studi di UMM sudah meraih sertifikasi dan akreditasi internasional. Diantaranya Prodi Manajemen, Peternakan, Pendidikan Biologi (sertifikasi Asean University Network Quality Assurance) dan Teknik Industri (akreditasi Indonesian Accreditation Board for Engineering Education). Sementara itu, prodi lainnya dalam proses internasionalisasi.

“Jadi akan banyak prodi yang terakreditasi secara internasional. Ini sebagai penanda, jika kita akan terekognisi. Sehingga dosen-dosen dengan mudah bisa berjejaring dan para alumni bisa diakui di level ASEAN, maupun internasional dan tentu saja nasional,” katanya.

Senada, Rektor UMM Dr Fauzan MPd menyampaikan terima kasihnya kepada sivitas akademika yang semangatnya tidak pernah redup dalam berkarya. Menjadi lebih baik dari hari ke hari.

“Terimakasih kepada semua civitas akademika yang telah bekerja keras. Hingga UMM mampu terus berprestasi. Baik di tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya.

Pemeringkatan Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank ini didasarkan pada beberapa kriteria. Berdasarkan akreditasi organisasi terkait pendidikan tinggi di negara yang bersangkutan.

Menawarkan, setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau gelar pascasarjana (magister atau doktoral). Melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka dan non-jarak jauh. 

Berikut urutan sepuluh besar Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank, Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia), Iran University of Science and Technology (Iran), Cairo University (Mesir), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia), Umm Al-Qura University (Saudi Arabia), Shahid Beheshti University of Medical Sciences (Iran), Universiti Islam Antarabangsa (Malaysia), Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia), dan Universitas Islam Indonesia. (roz/jan) 

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

Pendidikan

AMEG – Sebanyak 236 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Brawijaya (UB) lolos mendapat pendanaan dari Dikti. Jumlah tersebut menempatkan […]

Malang Raya

AMEG – Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, berharap ada pos anggaran untuk memfasilitasi atlet penyandang disabilitas. Menurutnya saat ini […]

headline

AMEG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, serius melarang aparatur sipil negara (ASN) nya untuk mudik. Tidak ingin kecolongan, Pemkab Malang […]

Kuliner

Lebaran sangat identik dengan ketupat, opor ayam, dan rendang. Sedangkan hidangan berbahan kambing biasanya disajikan saat libur hari raya Idul Adha. […]

Kuliner

AMEG – Ramadan tahun ini, Kota Batu semarak dengan aneka kuliner hidangan buka puasa. Disajikan berbagai hotel, yang menawarkan konsep, […]

headline

AMEG – Terhitung mulai 10 Mei 2021, PT KAI Daop 8 Surabaya, akan mengoperasionalkan Stasiun Malang Baru yang berada di […]

Pendidikan

AMEG – Syiar Ramadan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), di hari ke 27 Ramadhan, […]

Malang Raya

AMEG – Pasangan pengusaha muda sukses asal kota Malang, Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, memanfaatkan Ramadan tahun ini, dengan […]

headline

AMEG – Pelarangan mudik lebaran tahun 2021, mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, berdampak besar pada sektor ekonomi pariwisata […]

%d bloggers like this: