Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Kesadaran Masyarakat Naik, PPKM Mikro 2 Dijalankan

TURUN KE DESA: Plh Bupati Malang bersama jajaran Forkopimda saat turun memantau pelaksanaan PPKM Mikro jilid pertama, beberapa waktu lalu. (Kiki Wijaya/DI’s Way Malang Post)

Malang – Kabupaten Malang resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro jilid kedua. Berlangsung hingga 8 Maret mendatang. SK nya sudah diteken Plh Bupati Malang, Wahyu Hidayat. Merujuk pada Inmendagri Nomor 4 Tahun 2021 dan SK Gubernur Jawa Timur.

Penerapannya tidak jauh beda dengan PPKM jilid pertama. Mulai pembatasan usaha 50 persen, hingga jam malam sampai 21.00.

Baca Juga ----------------------------

‘’Secara garis besar hampir sama. Tanpa sosialisasi bisa langsung berjalan. Seperti PPKM jilid pertama kemarin, saya akan langsung ke desa-desa dan kelurahan. Untuk mengecek dan evaluasi pelaksanaannya,’’ ujar Wahyu.

Terkait proses pencairan Dana Desa (DD) untuk operasional PPKM Mikro jilid kedua, Wahyu menjelaskan, sudah dilakukan video conference dengan Gubernur Jatim, beberapa waktu lalu. DD sudah cair untuk 84 Desa se Kabupaten Malang.

‘’Jadi sudah mencapai 30 persen. Sisanya yang belum cair masih di proses di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang, dengan menggunakan sistem,’’  kata Sekda Kabupaten Malang ini.

Belum tuntasnya seluruh pencairan kepada setiap desa, kata Wahyu, karena adanya perubahan APBD Desa. Saat ini yang masih dalam proses di KPPN. Ada sekitar 100 desa sisanya. Diprediksi minggu depan akan selesai.

Sementara itu disinggung soal evaluasi PPKM Mikro tahap pertama, yang diberlakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang, Firmando Hashiholan Matondang menyebut, tetap akan dilakukan di lingkungan masyarakat di tingkat RT dan RW. Dengan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

‘’Kita lebih kepada bagaimana mengedukasi masyarakat. Kita mulai di tingkat RT dan RW, dengan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat,’’ ujarnya melalui sambungan telepon.

Hingga kemarin, jelasnya, sudah tidak ada RT maupun RW di Kabupaten Malang, yang berstatus zona merah. Namun begitu, pihaknya bersama masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

‘’Yang utama kan itu. Dulu, waktu PPKM Mikro yang pertama, memang ada yang zona oranye. Ada sembilan titik. Namun, setelah berjalan dua hari, sudah zona kuning semua. Tapi tetap. Artinya protokol kesehatan jadi yang utama,’’ imbuh di.

Selain mengedukasi masyarakat di lingkungan RT dan RW, pihaknya juga tetap rutin menggelar operasi yustisi. Bahkan dengan jadwal yang lebih ketat.

Sasarannya tetap, pusat keramaian. Seperti pasar dan fasilitas umum lainnya. ‘’Di pasar, di perempatan yang ada lampu merahnya,’’ terang dia. 

Pihaknya menilai, saat ini tingkat kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehatan, sudah mulai meningkat. Menurutnya, selama operasi yustisi yang digelar, 90 persen masyarakat sudah sadar pentingnya menggunakan masker.

‘’Harapannya, kita tingkatkan operasi yustisi. Juga ada peningkatan pada penindakan. Namun ternyata kesadaran masyarakat juga meningkat. Mungkin sudah 90 persen masyarakat sadar. Sedangkan yang 10 persen, itu mereka (masyarakat) sudah pakai masker, tapi tidak di tempat yang sebenarnya,’’ pungkasnya. (kik/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Pos – Menyambut HUT ke 75 Bhayangkara  pada 1 Juli mendatang, Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkoppol) bersama Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polda...

News

Malang Post – Satgas Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan bersama sejumlah relawan mendirikan dapur umum. Untuk memenuhi kebutuhan makan warga Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo selama...

Malang Raya

Malang Post – Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dinyatakan zona merah Covid-19. Pasalnya, 5 warganya, teridentifikasi positif Covid-19 pada Sabtu...

News

Malang Post – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan benar-benar membatasi akses keluar masuk Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo, sejak Minggu (20/6/2021). Langkah ini...

Malang Raya

Malang-Post – Pemerintah terus kebut vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).  Kali ini warga RW 03 Kelurahan Sumbersari menjalani vaksinasi Covid-19 pada...

Pendidikan

Malang-Post – Selain pendidikan, pengajaran dan penelitian, pengabdian pada masyarakat juga bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi. Itu juga dilaksanakan  tim dosen Universitas Muhammadiyah...

Malang Raya

Malang-Post – Empat bakal calon Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu harus bersaing keras memperebutkan posisi puncak. Sebelum melakukan uji kompetensi...

Malang Raya

Malang-Post – Selasa (22/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Operasi yustisi...