Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Ada 98 Kiai dan Ulama Divaksin

TOKOH AGAMA: Sejumlah 98 kiai dan ulama di Jawa Timur, kemarin mendapatkan vaksinasi perdana. Berlangsung di kantor PWNU Jawa Timur. (Foto: suara surabaya)

Surabaya – Sebanyak 98 kiai dan ulama, serta tokoh Nahdlatul Ulama (NU), menjalani vaksin perdana di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Di Jalan Masjid Al-Akbar Timur 9, Surabaya, Selasa (23/2).

Dari 98 kiai tersebut, beberapa di antaranya sudah termasuk lanjut usia (lansia). Mereka tergolong penerima vaksin tahap kedua. Setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan.

Baca Juga ----------------------------

Kiai pertama yang divaksin, adalah KH Anwar Manshur, Rais Syuriah PWNU Jawa Timur). Kemudian KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur. Dilanjutkan dengan kiai-kiai lainnya.

Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar menyatakan, vaksinasi ini merupakan upaya wajib yang dilakukan, untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

‘’Ini sebagai ikhtiar zahir yang wajib dilakukan. Meskipun takdir semuanya dari Allah SWT. Yang jelas vaksin ini halal dan maslahah untuk kita semua,’’ kata Kiai Marzuqi, Selasa (23/2). Seperti dilansir merdeka.com.

Ditambahkan, kiai atau ulama merupakan sosok yang banyak berinteraksi dengan umat, jamaah dan santri. Sehingga jika tidak segera diupayakan vaksinasi, pelayanan kepada umat menjadi terhambat.

‘’Harapan kami, setelah para kiai dan ulama sudah divaksin dua kali dan benar-benar menguatkan imun dan aman, maka nanti bisa melayani tamu. Bisa mengimami salat. Mengajar santri dan peran-peran keumatan lainnya tanpa was-was. Juga sekaligus memberi pesan kepada masyarakat, tidak ada alasan untuk menolak vaksin. Kan di luar banyak yang membuat isu aneh-aneh soal vaksin,’’ jelas Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Malang ini.

Sementara itu, Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib menegaskan, proses vaksinasi ini dilakukan oleh tiga belas vaksinator dari Rumah Sakit yang terhimpun dalam Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (Arsinu) Jawa Timur.

Antara lain RSI Unisma Malang, RSI Darus Syifa’ Surabaya, RSI Sakinah Mojokerto, RSNU Tuban, RSI Jemursari Surabaya, RSI Surabaya A.Yani Surabaya dan RSI Siti Hajar Sidoarjo.

‘’Kami juga menyiapkan tujuh ambulan dan satu mobil medical check-up,’’ ujarnya.

Pengasuh Ponpes Denanyar Jombang ini menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan hari lahir (Harlah) ke-98 Nahdlatul Ulama yang jatuh pada 16 Rajab 1422 Hijriah atau Ahad, 28 Februari 2021.

Diantara 98 kiai dan ulama yang mengikuti program vaksinasi adalah KH. Anwar Manshur, yang merupakan pengasuh PP Lirboyo, Kediri. Kemudian ada KH. Anwar Iskandar, pengasuh PP Al-Amin, Kediri; KH. Agoes Ali Masyhuri, pengasuh PP Bumi Sholawat, Sidoarjo; KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, pengasuh PP Zainul Hasan Genggong, Probolinggo.

Kemudian KH. Marzuqi Mustamar, pengasuh PP Sabilur Rosyad, Malang; KH. Abd Salam Shohib, pengasuh PP Mamba’ul Ma’arif Denanyar; dan KH. Abdul Hakim Mahfudz, pengasuh PP Tebuireng, Jombang. (*rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang-Post – Komunikasi Sosial (Komsos) keluarga besar TNI jajaran Korem 083/Bdj berlangsung pada Kamis (24/6/2021). Bertempat di Aula Skodam V/Brawijaya Malang, Jl. Tugu, Kec....

Pendidikan

Malang-Post – Tren peningkatan kasus Covid-19 di Kota Malang tidak mempengaruhi rencana proses pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang semula sudah mulai menjalankan PTM,...

Pendidikan

Malang-Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menggelar wisuda daring, Kamis (24/6/2021). Wisuda tatap muka belum dilakukan karena pertimbangan masih...

Malang Raya

Malang-Post – Aparat gabungan terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro...

Malang Raya

Malang-Post – Kamis (24/6/2021) pagi, aparat gabungan kembali menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Dalam rangka PPKM Mikro di wilayah Kedungkandang.  Bertempat di...

Opini

Setahun lebih telah berlalu, namun pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Justru, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan jumlah kematian makin...

Dahlan Iskan

Sang ayah kena Covid. Anaknya tiga. Satu anak di Atambua. Satu lagi di Amerika. Yang di Surabaya harus mencari obat yang sulit didapat: actemra....