Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Bangun Tidur, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Foto Ilustrasi. (istimewa)

Malang  – Pagi hari saat bangun tidur, menjadi awal semangat untuk menjalankan aktivitas ataupun rutinitas sehari-hari. Setiap orang tentu punya ebiasaan tertentu saat terbangun dari tidur. Ada yang langsung bergegas memulai hari. Adapula yang bermalas malasan dengan berbagai alasan.

Kebiasaan anda saat memulai hari, sedikit banyaknya mempengaruhi mood sepanjang hari. kebiasaan positif di pagi hari dapat memengaruhi tingkat energi dan produktivitas kita. Begitupula sebaliknya. Ada beberapa kebiasaan negative yang dapat mengganggu produktivitas anda.

Baca Juga ----------------------------

Melansir berbagai sumber, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari ketika bangun tidur, agar hari lebih produktif, positif, dan penuh energi, seperti:

Menekan tombol snooze

Kebiasaan yang satu ini sepertinya dialami banyak orang. Ketika alarm untuk bangun pagi telah berbunyi, kebanyakan orang justru menekan tombol snooze atau tunda. Terkadang hal ini tanpa sadar dilakukan, karena memang telah menjadi kebiasaan yang tertanam dalam diri seseorang.

Mengutip HuffPost, menunda bangun tidak benar-benar membuat kita lebih segar. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga bisa mengganggu periode tidur rapid-eye movement (REM) yang lebih lama, yang cenderung terjadi di pagi hari. Padahal, gangguan pada siklus tidur alami berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan mental, seperti masalah kognitif dan depresi, serta masalah fisik, seperti gangguan metabolisme. Sebaiknya anda tidak menunda-nunda ketika alarm telah berbunyi. Kalau ketiduran beneran bisa terlambat kerja dan tentunya bisa merusak hari anda.

 
Mengecek Handphone

Selain menunda alarm, banyak juga yang langsung memeriksa handphone setelah bangun tidur. Ada yang mengecek email, pesan masuk, media sosial seperti scrolling instagram, atau membaca berita-berita terhangat. Apalagi ada gosip artis yang lagi hits.

Kebiasaan ini bisa membuat anda lupa waktu. Niatnya 15 menit, saking serunya bisa jadi 1 jam. Hal ini karena aktivitas di dunia maya bisa membuat and kecanduan. Selesaikan aktivitas pagi terlebih dahulu, jika sudah ada waktu luang anda bisa berselancar di media sosial.

Tidak membereskan tempat tidur

Setelah bangun tidur, ada baiknya anda membereskan tempat tidur terlebih dahulu. Hal ini tentunya tidak akan memakan banyak waktu. Membereskan tempat tidur sendiri secara teratur dapat membuat anda merasa lebih siap dalam menjalankan aktivitas di hari tersebut. Kalaupun anda memiliki asisten  rumah tangga, cobalah memanfaatkan waktu sejenak untuk membereskan kasur dan melipat selimut.

Tidak mencuci wajah dengan benar

Saat bangun pagi, anda sebainya mencuci muka dengan baik dan benar, boleh tidak menggunakan produk pembersi atau sabun cuci muka. Seperti ditulis kompas.com, dermatolog dari Riverchase Dermatology, Stacy Chimento, menyebut ada kemungkinan kulit wajah kita menyentuh permukaan yang kotor, termasuk permukaan bantal.

Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula

Mengutip kompas.com, makanan atau minuman tinggi gula atau makanan diproses yang dikonsumsi saat sarapan dapat menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh. Selain memengaruhi suasana hati, makan atau minum sesuatu yang tinggi gula juga bisa menyebabkan sugar crash.

Meminum kopi saat bangun tidur juga tidak dianjurkan. Sebaiknya minumlah kopi di atas jam setengah 10 pagi, atau saat coffe break. Alasannya,  minum kopi terlalu pagi  bisa membuat produksi kortisol di dalam tubuh menurun sehingga tubuh menjadi mudah lemas.

Mulailah hari dengan kebiasaan positif, agar hasilnya pun positif. Tentu mengubah kebiasaan bukan hal mudah. Tapi bukan berate tidak bisa kan.(kpc/anw).

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post– Jabatan dan nama Kasat Pol PP Kota Batu, M Nur Adhim, dimanfaatkan untuk meminta dana ke pengembang di Kota Batu. Kasus ini...

Malang Raya

Malang Pos – Menyambut HUT ke 75 Bhayangkara  pada 1 Juli mendatang, Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkoppol) bersama Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polda...

News

Malang Post – Satgas Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan bersama sejumlah relawan mendirikan dapur umum. Untuk memenuhi kebutuhan makan warga Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo selama...

Malang Raya

Malang Post – Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dinyatakan zona merah Covid-19. Pasalnya, 5 warganya, teridentifikasi positif Covid-19 pada Sabtu...

News

Malang Post – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan benar-benar membatasi akses keluar masuk Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo, sejak Minggu (20/6/2021). Langkah ini...

Malang Raya

Malang-Post – Pemerintah terus kebut vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).  Kali ini warga RW 03 Kelurahan Sumbersari menjalani vaksinasi Covid-19 pada...

Pendidikan

Malang-Post – Selain pendidikan, pengajaran dan penelitian, pengabdian pada masyarakat juga bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi. Itu juga dilaksanakan  tim dosen Universitas Muhammadiyah...

Malang Raya

Malang-Post – Empat bakal calon Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu harus bersaing keras memperebutkan posisi puncak. Sebelum melakukan uji kompetensi...