Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Vaksinasi Ditarget Selesai Mei Untuk Petugas Pelayanan Publik

Prof Wiku Adisasmito,Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 (Foto: Satgas Penanganan Covid-19)

Jakarta – Pemerintah segera melanjutkan program vaksinasi Covid-19 tahap kedua dan ketiga. Pada tahap pertama program vaksinasi, diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Target sasarannya 1.468.764 orang, dari total sasaran 181.554.464 orang. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyebut, tahap kedua dan ketiga itu, diperuntukkan bagi warga lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik. Kemenkes mentargetkan selesai pada Mei 2021. 

Baca Juga ----------------------------

‘’Nantinya pendataan daftar penerima vaksin, merunut data yang dimiliki BPJS Kesehatan, Dukcapil dan hasil koordinasi dari kementerian dan lembaga terkait,’’ jelas Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB.

Untuk urutan penerima vaksinasi, pemerintah akan menimbang jumlah kasus dan tingkat penularan. Juga kesiapan kapasitas penyimpanan vaksin dan daerah yang telah mencapai target cakupan vaksinasi tenaga kesehatan. Sejauh ini, tidak ditemukan kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI) dalam program vaksinasi Covid-19.

Pemerintah, katanya, tidak akan memulai vaksinasi, jika produk yang didistribusikan tidak aman. Vaksin Covid-19 sendiri, sudah mengantongi emergency use of Authorization (EUA) dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Meski demikian, sebagai bentuk upaya antisipasi adanya KIPI, pemerintah telah membuat skema alur kegiatan pelaporan dan pelacakan KIPI. Dengan menetapkan kontak person, dari setiap fasilitas kesehatan sebagai pusat informasi, bagi para penerima vaksin. Jika terdapat kejadian, fasilitas kesehatan akan segera menindaklanjuti. Dengan melakukan penanganan untuk yang  bersifat ringan hingga sedang.

Untuk kejadian yang bersifat serius, jelas Prof Wiku, akan dilaporkan berjenjang keatas. Kepada instansi kesehatan pada wilayah administratif diatasnya. Serta dilaporkan kepada   Komite Ahli Indonesia. Yang terdiri dari pokja atau lomda atau Komnas PP KIPI. 

‘’Masyarakat juga dapat melihat format investigasi serta panduan penggunaan web keamanan dan vaksin di lampiran juknis Covid-19,’’ Wiku menambahkan pada kesempatan menjawab pertanyaan media.

Sementara itu, perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, sejalan dengan perkembangan pandemi Covid-19 di tingkat global atau tingkat dunia.

Kasus positif Covid-19 tingkat dunia, menurun sebesar 17 persen pada minggu lalu. Dibarengi penurunan kematian sebesar 10 persen.

‘’Ini sejalan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia pada beberapa minggu terakhir,’’ jelasnya.

Perkembangan di Indonesia dalam beberapa minggu terakhir, juga menunjukkan penurunan kasus positif. Juga penurunan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19.  

Hal itu terjadi, karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat kabupaten/kota Pulau Jawa – Bali dalam 4 minggu terakhir, serta dilanjutkan PPKM tingkat desa dan kelurahan (mikro). 

Diharapkan kebijakan tersebut, dapat berdampak positif pada perkembangan penanganan Covid-19. Karena jika perkembangan kasus di tingkat global dan di Indonesia terus secara konsisten mengalami penurunan, penanganan Covid-19 di Indonesia akan berhasil. Dengan tidak adanya penambahan kasus sama sekali.

‘’Hal ini membutuhkan kerjasama yang baik dari masyarakat. Terutama dalam mematuhi Protokol Kesehatan secara disiplin. Serta komitmen pemerintah dalam berupaya meningkatkan kualitas testing, tracing dan treatment,’’ pesan Wiku. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, membuka donasi bagi korban erupsi gunung Semeru. Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, open donasi...

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi di Kota Malang menyasar warga dari berbagai lapisan umur, mulai dari remaja sampai lansia. Contohnya, vaksinasi di Kelurahan Tanjungrejo oleh...

Olahraga

Malang Post — Kompetisi MS Glow For Men Liga 3 Zona Jatim 2021 sudah masuk fase 16 Besar. Sebanyak 16 klub lolos dari fase 32...

News

Malang Post — Seorang sopir rentalan ditemukan tewas, Minggu (5/12/2021) sore, di hutan Balekambang. Sekitar pukul 18.25 WIB, ambulan Sibat Gedangan tiba di halaman ruang...

headline

Kondisi jembatan Gladak Perak setelah diterjang lahar dingin Semeru. (istimewa) Malang Post —  Malang Post – Terang benderang siang itu mendadak gelap gulita seperti malam....

Pendidikan

Malang Post — Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk Inovasi Pembelajaran Digital, Selasa (16/11/2021). Dilakukan daring melalui platform Zoom dan terhubung dengan...

Pendidikan

Malang Post — Tax Center Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan event Workshop Sosialisasi Perpajakan Pada Guru SMA dan SMK di Kota Malang. Pelaksanaan kali...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan mahasiswa Universitas Tribuana Tunggadewi dari Fakultas Administrasi Publik melaksanakan kerja bakti, Minggu (5/12). Mereka kerja bakti bersama Babinsa-Bhabinkamtibmas Tlogomas, di...