Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

PPKM Mikro, Polda Jatim Siapkan 3.900 Personil untuk Posko

SurabayaPolda Jatim kini menyiapkan posko. Berada di tingkat desa atau kelurahan. Yang difungsikan untuk mengawasi penyebaran Covid-19. Pembentukan posko itu, sebagai tindak lanjut penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, yang juga diterapkan di Jatim.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan, posko itu bisa terdiri dari berbagai unsur masyarakat. Mulai dari ketua RT, kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, PKK, Dasawisma, Karang Taruna, tokoh masyarakat, hingga relawan.

Baca Juga ----------------------------

Tugasnya adalah pengawasan oleh pos jaga desa dan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, TNI/Polri.

‘’Dalam pelaksanaan PPKM Mikro, kami menerjunkan sebanyak 3.900 personil. Berasal dari Polres-Polres setempat,’’ kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta.

Bukan itu saja, Polda Jatim juga menyiapkan penambahan 3.500 Kampung Tangguh Semeru (KTS). Di sejumlah kabupaten/kota untuk mengendalikan kasus Covid-19. Kampung tangguh tersebut, kata Kapolda, diharapkan dapat terbentuk dalam dua pekan ke depan.

‘’Kampung Tangguh Semeru yang telah dirintis di wilayah Jatim, sejak sekitar delapan bulan terakhir, terbilang efektif menjadi ujung tombak penanganan Covid-19. Karena memberdayakan masyarakat dari lingkup terkecil tempat tinggalnya. Yaitu kampung,’’ ujarnya.

Polda Jatim akan bersinergi bersama Kodam V/Brawijaya, Pemprov Jatim dan didukung kabupaten/kota, agar jumlah Kampung Tangguh Semeru dapat ditambah.

‘’Dengan adanya penambahan jumlah kampung tangguh, harapannya bisa mengurangi angka positif Covid-19 di Jatim,’’ ucap perwira tinggi Polri berbintang dua tersebut.

Pada kesempatan itu, Irjen Nico bersama Mayjen TNI Suharyanto Pangdam V/Brawijaya mengajak warga, agar turut menyukseskan program vaksinasi Covid-19, serta tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

‘’Kami memberi motivasi kepada warga, untuk tetap memerangi Covid-19 bersama-sama. Apapun kegiatan warga, kami akan mendukung sepenuhnya. Namun masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 dapat dihentikan,’’ katanya.

‘’Namun demikian, guna mengendalikan kasus Covid-19, kami juga melakukan penindakan hukum. Dengan melakukan operasi yustisi. Bekerja sama dengan TNI dan Satpol PP,’’ tandas Kapolda.

Perlu diketahui, pelaksanaan PPKM Mikro dilaksanakan berdasarkan Inmendagri No. 3 tahun 2021.Jawa Timur termasuk daerah yang mendapatkan instruksi dengan daerah prioritas Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Pemkab Malang mengapresiasi para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga. Salah satunya Koko Indra, asal Desa Pujon, Kecamatan Pujon. Ia tergabung sebagai...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang bersinergi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Kepanjen, untuk menjaring relawan vaksinasi. Agar terwujud percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Malang....

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa baru (maba) dari berbagai daerah Nusantara turut serta dalam gelaran Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Event tahunan...

Malang Raya

Malang Post — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 33 dan 34. Dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021)....

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kembali mendapatkan kabar gembira. Ini setelah salah satu mahasiswanya memperoleh penghargaan. Melalui LKTIN...

Malang Raya

Malang Post — Setahunan tersangka RP (29) warga ber-KTP Desa Jenggolo Kepanjen, Kabupaten Malang pakai narkoba jenis Sabu (SS). Alasannya demi tahan rasa kantuk karena...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 serta sejalan dengan program pemerintah pusat yang mulai melaksanakan vaksinasi bagi pelajar.  Ketua Yayasan Kartika...

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...