Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Lagi, Saksi Beberkan Fee untuk Rendra Kresna

ANTRI: Enam saksi dihadirkan memberikan keterangan dalam sidang kasus gratifikasi Dindik Kab Malang, Selasa (2/2/2021). Termasuk saksi Sudarso, pengusaha.( Foto: Aziz Tri P/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Surabaya – Fee proyek Dindik Kab Malang mengalir ke terdakwa Rendra Kresna (mantan Bupati Malang).  Tak hanya dituturkan oleh saksi Budiono (ajudan bupati) dan saksi Suwandi (Kepala Dinas Pendidikan Kab Malang 2007-2012).

Saksi Sudarso (pengusaha) pun, membeberkan hal yang sama.Meski semula, Sudarso tak mau bicara. Ia harus dicecar terlebih dulu oleh JPU KPK Eva Yustisiana.

Baca Juga ----------------------------

Awalnya, Sudarso mengaku tidak tahu menahu soal fee untuk Bupati Malang saat itu, Rendra Kresna.

“Saudara tahu ada pemberian fee untuk Bupati Malang saat itu, Rendra Kresna?,” tanya Eva. “Saya tidak tahu,” kata Sudarso.

“Benar tidak tahu? Mungkin dari cerita Ali Murtopo (terpidana kasus fee proyek APBD Kab Malang TA 2011 dan 2013)?,” tanya Jaksa Eva. Sudarso terdiam lama. Jaksa Eva pun membacakan BAP Sudarso.

“Ini saya bacakan BAP saudara. Saya pernah diceritakan oleh Ali Murtopo dalam pembicaraan santai, bahwa memang ada fee untuk Bupati Malang Rendra Kresna alias Kanjeng yang semuanya dikendalikan oleh Eryk Armando Talla. Penyerahan dilakukan melalui ajudan bupati,” kata Eva membacakan BAP saksi Sudarso.

“Ya, benar. Saya cuma mendengar cerita itu dari Ali Murtopo,” kata Sudarso. “Itu saudara tahu. Berapa jumlah fee itu?,” kejar Eva.

“Soal besaran fee itu saya tidak tahu. Saya hanya mendengar cerita dari Ali Murtopo bahwa memang ada fee untuk Bupati Malang,” katanya.

Sudarso menuturkan, awalnya ia mengenalkan Adek Dwi Putranto dengan Ali Murtopo. Ia juga mengaku tahu ada penandatangaan kontrak proyek senilai Rp 12 miliar.

“Saat itu di Hotel Cakra. Ada Ali Murtopo, Eryk Armando Talla, Adek Dwi Putranto. Nilai proyeknya Rp 12 miliar. Pemenangnya Adi Kersa,” katanya.

Saksi Sudarso memberikan keterangan tersebut dalam sidang kasus gratifikasi Dinas Pendidikan (Dindik) Kab Malang, Selasa (2/2) pekan lalu. Di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Surabaya, Jl Raya Juanda, Sidoarjo. Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Dr Johanis Hehamony SH MH.

Keterangan Sudarso itu, sama dengan saksi Suwandi (Kepala Dindik Kab Malang 2007-2012) yang memberikan keterangan dalam persidangan Selasa (26/01) dua pekan lalu. Saat itu Suwandi menceritakan kejadian di akhir tahun 2011.

“Saat itu saya diajak ke rumah Bupati Rendra Kresna oleh Eryk Armando Talla dan Ali Murtopo. Kami diterima di teras dan Eryk menyerahkan tas berisi uang yang diterima oleh ajudan bupati, Budiono. Saya tahu isinya uang setelah diberitahu Eryk. Isinya sekitar Rp 750 juta,” kata Suwandi.

Saksi Budiono, ajudan Rendra Kresna saat menjadi Bupati Malang bahkan mengaku tiga kali dititipi tas berisi uang oleh Eryk Armando Talla dan Ali Murtopo. Budiono memberikan keterangan dalam sidang Selasa (2/2) lalu.  

“Kejadian pertama di rumah pribadi Pak Rendra Kresna. Kejadian kedua di ruang kerja bupati dan yang ketiga saya dititipi Ali Murtopo yang mendatangi ruang kerja saya. Tas berisi uang itu untuk Pak Bupati Rendra Kresna,” kata Budiono saat itu. (azt/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post– Jabatan dan nama Kasat Pol PP Kota Batu, M Nur Adhim, dimanfaatkan untuk meminta dana ke pengembang di Kota Batu. Kasus ini...

Malang Raya

Malang Pos – Menyambut HUT ke 75 Bhayangkara  pada 1 Juli mendatang, Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkoppol) bersama Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polda...

News

Malang Post – Satgas Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan bersama sejumlah relawan mendirikan dapur umum. Untuk memenuhi kebutuhan makan warga Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo selama...

Malang Raya

Malang Post – Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dinyatakan zona merah Covid-19. Pasalnya, 5 warganya, teridentifikasi positif Covid-19 pada Sabtu...

News

Malang Post – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan benar-benar membatasi akses keluar masuk Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo, sejak Minggu (20/6/2021). Langkah ini...

Malang Raya

Malang-Post – Pemerintah terus kebut vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).  Kali ini warga RW 03 Kelurahan Sumbersari menjalani vaksinasi Covid-19 pada...

Pendidikan

Malang-Post – Selain pendidikan, pengajaran dan penelitian, pengabdian pada masyarakat juga bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi. Itu juga dilaksanakan  tim dosen Universitas Muhammadiyah...

Malang Raya

Malang-Post – Empat bakal calon Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu harus bersaing keras memperebutkan posisi puncak. Sebelum melakukan uji kompetensi...