Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Vaksinasi Sentuh 64 Persen Nakes

Malang – Hingga Jumat (5/2) ini, sudah 8.150 tenaga kesehatan di wilayah Kota Malang, mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Sri Winarni mengatakan, membenarkan jumlah nakes yang sudah divaksinasi. Angkanya 64,60 persen, dari total penerima prioritas vaksin Covid-19 tersebut.

Baca Juga ----------------------------

‘’Untuk pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang, total tenaga kesehatan yang sudah divaksin sebanyak 8.150 orang atau 64,60 persen,’’ kata Sri Winarni.

Total tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin Sinovac tersebut, ada 12.520 orang. Dengan jumlah tenaga kesehatan sebanyak itu, dibutuhkan 25.040 vial vaksin. Untuk dua kali penyuntikan.

Dijelaskan, saat ini Kota Malang telah menerima 24.320 vaksin Sinovac, dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pengiriman vaksin tersebut dilakukan bertahap. Pada tahap pertama dikirimkan 10.240 vial vaksin. Tahap kedua ditambah 14.080 vial vaksin.

‘’Vaksin untuk Kota Malang yang didapat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, totalnya 24.320 vial. Tahap pertama dikirim pada 25 Januari dan tahap kedua 29 Januari 2021,’’ katanya.

Dia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang untuk tenaga kesehatan tersebut, ditargetkan rampung pada 21 Februari 2021. Ketika itu, diharapkan para tenaga kesehatan, telah mendapatkan dua kali suntikan vaksin Sinovac.

‘’Sampai dengan penyuntikan dosis kedua, ditargetkan rampung 21 Februari 2021,’’ ujar Sri Winarni.

Sementara itu Dirut Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, dr. Kohar Hari Santoso mengatakan, vaksinasi khusus untuk nakes RSSA, sudah dilakukan sejak, Jumat, (29/1) untuk 674 orang, Sabtu, (30/1) untuk 1.121 orang dan Minggu, (31/1) sebanyak 389 orang. Total, 2.184 nakes rumah sakit milik Pemprov Jatim ini, telah menjalani divaksinasi.

‘’Sudah kami lakukan vaksinasi pada nakes mulai Jumat lalu kemudian Sabtu dan Minggu lalu. Kami akan lakukan semua (vaksinasi untuk nakes). Tahap pertama termin satu sudah selesai,’’ ujar Kohar.

Ditambahkan, usai vaksinasi termin satu di tahap awal. Mereka akan melakukan vaksinasi termin dua tahap pertama, dua pekan kemudian. Nakes yang telah disuntik vaksin Sinovac seluruhnya masuk kategori penerima vaksin.

‘’Ada yang tidak boleh, ada yang penyintas, tensinya naik, semacam itu kita sisip. Itu yang berhasil lolos screening jumlahnya segitu (2.184 nakes, Red.). Vaksinasi termin dua nanti dua Minggu lagi,’’ tandas Kohar.

Kota Malang sendiri memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara serentak, pada 28 Januari 2021. Pada pelaksanaan perdana, ada 11 tokoh yang mendapatkan vaksin Sinovac. Tokoh-tokoh tersebut diantaranya berasal dari pemuka agama, tenaga kesehatan, dan pengusaha muda.

Terdapat 84 Fasyankes (Fasilitas Layanan Kesehatan) di Kota Malang, yang akan menyelenggarakan vaksinasi. Diantaranya 16 puskesmas, 25 rumah sakit  dan 43 klinik.

Sementara itu hingga Jumat (5/2) kemarin, ada 5.680 kasus konfirmasi positif. Dari total tersebut, 4.817 orang dilaporkan telah sembuh. 496 orang dinyatakan meninggal dunia dan sisanya berada dalam perawatan. (jof/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Kemenangan besar diraih tim Arema FC Women. Tak tanggung-tanggung 26-0, pada laga pembuka  turnamen Women Open Sriwijaya FC Championship 2021, Minggu (13/6/2021). Bahkan...

Arema

Malang Post – Jelang 25 hari kick off kompetisi Liga 1-2021/2022, kubu Arema FC justru harus kehilangan satu dari tiga asisten pelatihnya, pekan depan. Padahal head coach anyar tim...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana telah mengklaim. Segera mendaratkan satu pemain bertahan. Dengan label tim nasional. Bahkan Crazy Rich dari Malang...

News

Malang Post – Tabrakan Minggu (13/6/2021) pukul 08.00 di Jl Ki Ageng Gribig depan toko Kue Lumpur Bakar Kota Malang, menggegerkan warga sekitar. Pikap yang...

Pendidikan

Malang Post – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah meluncurkan Program Kampus Merdeka untuk perguruan tinggi. Mendukung kebijakan tersebut, Universitas Negeri Malang (UM)...

News

Malang Post –  Usai antar istri berangkat kerja, seorang Ketua RT tertabrak KA Matarmaja di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, Jl  Zaenal Zakse...

News

Malang Post –  Usai tangani orang tertabrak kereta api, Kapolsek Kedungkandang, Kompol Yusuf, Minggu (13/6/2021) siang, baru saja masuk halaman Polsek, langsung berlari ke...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang yakin proyek pembangunan tol Malang-Kepanjen dimulai 2022. Apalagi, saat ini, proyek tersebut masih akan dibahas persiapan pembebasan lahannya oleh...