Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Ada 14 ASN Positif Corona

Wahyu Hidayat, Sekda Kabupaten Malang. (Rizky Wijaya/DI’s Way Malang Post)

Malang – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, mendatangkan mobil laboratorium PCR, sudah terealisasi. Bahkan sudah digunakan. Hasilnya juga sudah diketahui.

Ada 14 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Malang, terkonfirmasi positif Covid-19. Itu setelah dilakukan swab test massal. Menggunakan mobil laboratorium PCR tersebut.

Baca Juga ----------------------------

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menyebutkan, diketahuinya angka terkonfirmasi positif tersebut, setelah dilakukan swab, yang menjadi salah satu fasilitas mobil Lab PCR.

‘’Sejumlah ASN yang terpapar coronavirus disease itu, berasal dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tapi didominasi SKPD yang menjalankan pelayanan publik,’’ jelasnya.

Setelah positif terpapar, jelas Wahyu, mereka langsung menjalani isolasi mandiri. Di rumah masing-masing, selama dua pekan kedepan.

‘’Yang melakukan isolasi mandiri, ada dari Cipta Karya (DPKPCK), BKAD, BKPSDM, Puskesmas dan SKPD yang lain. Mayoritas dari pelayanan publik,’’ jelasnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo menyebutkan, hari ini vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) tahap pertama, ditargetkan selesai. Hanya saja, masih ada sejumlah nakes yang belum masuk dalam daftar penerima vaksin.

Ketidakmerataan data penerima vaksin tersebut, kata dia, akibat beberapa nakes belum mengetahui dirinya menjadi sasaran vaksin. Namun jumlah pastinya, masih dalam proses perhitungan.

‘‘Tapi memang yang belum paham itu nakesnya sendiri. Terutama yang praktik mandiri. Padahal mereka juga sasaran kami. Kemudian nakes di klinik swasta, juga sasaran kami,’’ katanya.

Dari hasil evaluasi, lanjut dia, banyak nakes yang belum paham prosedur pendataan vaksinasi. Pihaknya merasa perlu melakukan sosialisasi kembali. Agar para nakes bisa datang ke faskes vaksinator. Yakni di puskesmas atau rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh Dinkes.

‘’Ada juga kendala lainnya. Data yang kami usulkan ke pusat, by name by address-nya masih belum lengkap. Tapi jumlahnya sudah ada,’’ imbuhnya.

Guna mengantisipasi hal itu, Pemkab Malang melalui Dinkes, telah berkoordinasi dengan pihak puskesmas, agar gencar melakukan sosialisasi. Termasuk informasi terkait vaksinasi, bisa menyeluruh. Karena semua nakes, harus menerima vaksin sesuai dengan instruksi pusat.

Di Kabupaten Malang sendiri, untuk jumlah penerima vaksinasi pada perioritas pertama dalam tahap pertama ini, sejumlah 7.762 nakes.

Sementara dari hasil evaluasi hingga Selasa (2/2) lalu, masih 2.900 nakes yang telah divaksin. Sedangkan 60-an nakes dinyatakan gagal. Karena memiliki komorbid. Sekitar 150 orang nakes lainnya, ditunda menerima vaksin Covid-19. Penyebabnya, memiliki tensi tinggi saat menjalani screening test. (kik/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu menjadi desa kedua yang dinobatkan sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) oleh Polres Batu. Sebelumnya di...

Malang Raya

Malang Post – Kuota penerimaan calon aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bertambah. Hal ini setidaknya menjadi sedikit angin segar...

Malang Raya

Malang Post – Mencegah penyakit atau gangguan kesehatan akibat lingkungan kontinyu dilakukan Dinkes Kota Malang. Melalui upaya preventif, promotif dan kuratif. Agar penyakit akibat...

Kriminal

Malang Post – Polsek Turen meringkus dua pelaku diduga terlibat kasus penipuan dan penadah barang kejahatan. Satu tersangka, seorang wanita dan pernah berstatus guru honorer. ...

headline

Malang Post – Sengketa tanah Pemkot Malang melawan warga kawasan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang terus bergulir. Saat ini, telah masuk tahap Pemeriksaan Setempat (PS)...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang diminta oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo agar meningkatkan kewaspadaan. Terhadap kemungkinan meningkatnya penyebaran kasus covid-19.  Menyusul kabar varian...

Malang Raya

Malang Post – Dinkes Kabupaten Malang melakukan beberapa evaluasi pada pelaksanaan vaksinasi massal yang dimulai Rabu (9/6/2021). Itu ditegaskan Kepala Dinkes Kabupaten Malang, Arbani Mukti...

headline

Malang-Post – Edukasi pra nikah penting dilakukan. Mengingat pernikahan bukan sekedar menyatukan dua individu yang berbeda. Tapi menyatukan dua keluarga besar yang penuh dinamika...