Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Saksi Sebut Rendra Kumpulkan Fee untuk Bayar Utang Pilkada

UNGKAP: Sidang kasus gratifikasi di Dindik Kab Malang di Pengadilan Tipikor Surabaya, ungkap keterangan Suwandi (Kepala Dindik Kab Malang 2007-2012).( Foto: Aziz Tri P/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Malang – Dipilihnya pengerjaan proyek DAK (Dana Alokasi Khusus) Dinas Pendidikan (Dindik) Kab Malang 2010. Melalui lelang, daripada swakelola.

Ini dibeberkan saksi Suwandi (Kepala Dindik Kab Malang 2007-2012). Saat memberikan keterangan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (19/1).

Baca Juga ----------------------------

Semula Suwandi menjelaskan. Saat awal Rendra Kresna menjabat Bupati Malang pada 2010. Ada rapat di ruang kerja bupati.

Sekitar November 2010. Membahas DAK 2010 yang dikerjakan tahun 2011. Ini karena perubahan kebijakan dari pusat.

“Pak Bupati Rendra Kresna kemudian mengenalkan Eryk Armando Talla dan Ali Murtopo. Kata beliau, dua orang ini yang pengalaman di bidang DAK. Maka di Dinas Pendidikan nanti, yang mengatur Eryk sama Ali Murtopo. Saya kemudian baru tahu, kalau keduanya ini orang dekatnya bupati,” kata Suwandi.

Keterangan Suwandi tersebut, langsung disambung pertanyaan dari JPU (Jaksa Penuntut Umum) KPK, Eva Yustisiana.

“Dalam pertemuan tersebut, ada nggak bupati menanyakan. Ini lebih enaknya dikerjakan secara lelang atau swakelola?,” tanya Eva yang kemudian diiyakan oleh Suwandi.

“Eryk yang menjawab pertanyaan tersebut. Kata Eryk, sebaiknya dengan kondisi yang ada sekarang ini, maka dengan lelang bukan swakelola. Alasannya, dengan lelang bisa mngumpulkan fee. Sehingga bisa menyelesaikan tanggungan. Saya tidak tahu tanggungan Eryk atau tanggungan bupati,” lanjut Suwandi.

Jaksa Eva pun membacakan BAP Suwandi.

“Dalam BAP saudara menyatakan. Atas pertanyaan bupati, Eryk Armando Talla mengatakan bahwa pelaksanaa dengan lelang lebih enak. Karena mudah dikondisikan. Sehingga fee yang dikumpulkan untuk penyelesaian utang Pilkada Bupati Malang Rendra Kresna lebih mudah diselesaikan,” kata Eva mengutip BAP saksi Suwandi.

Jadi, lanjut Eva, mekanisme lelang dipilih dalam rangka pengumpulan fee untuk menyelesaikan utang Pilkada Bupati Rendra Kresna.

“Betul begitu saudara saksi,” tanya Eva yang diiyakan oleh saksi Suwandi.

Selanjutnya ia menjelaskan soal  koordinasi yang dilakukan Eryk dengan panitia lelang. Termasuk membentuk tim IT dan hacker untuk pengkondisian pemenang lelang.

“Apakah saudara tahu ada penyerahan uang untuk bupati?,” tanya Jaksa Eva. Terdiam sebentar, saksi Suwandi menjawab, “Ya, ada. Saya tahu ada penyerahan uang untuk Bupati Rendra Kresna. Jumlah persisnya saya tidak tahu,” katanya.

Suwandi pun melanjutkan keterangannya. Kejadiannya akhir 2011. Saat itu ia diajak ke rumah dinas Bupati oleh Eryk  Armando Talla dan Ali Murtopo.

Saat itu di rumah Bupati Rendra Kresna, sedang ada acara dan banyak tamu. “Kami diterima di teras. Dan, Eryk menyerahkan tas yang kemudian diterima ajudan beliau, Budiono,” kata Suwandi.

“Saudara kok  tahu tas itu isinya uang?,” kejar Jaksa Eva.

“Saat itu saya tidak tahu. Setelah sekitar satu bulan kemudian, saya diberitahu Pak Eryk. Tas itu berisi uang untuk Bupati. Jumlahnya sekitar Rp 750 juta. Sekitar itu,” kata saksi Suwandi. (azt/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...

Pendidikan

Malang Post — Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjadi tuan rumah pertemuan forum Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) se Indonesia. Sekaligus...

Malang Raya

Malang Post – Masih maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran khusunya kota Malang, memantik Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai...

News

Malang Post —  Musibah menimpa karyawan Koperasi Simpan Pinjam Delta Surya Purnama cabang Purwosari Pasuruan. Rabu (15/9/2021) siang di Jl Raya Songsong Ardimulyo Singosari...

Malang Raya

Malangpost – Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko memantau langsung vaksinasi untuk warga Kelurahan Gading Kasri dan pedagang Pulosari. Sofyan Edi hadir...

Teknologi

Malangpost – Dewasa ini, makin banyak pelaku bisnis yang berlomba membuat usaha mereka makin dikenal khalayak ramai dengan cara memanfaatkan beragam media digital yang...