Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Hanya Sepekan di Zona Kuning

drg Kartika Trisulandari, Kepala Dinas Kesehatan. (Ananto Wibowo/DI’s Way Malang Post)

Batu – Baru sepekan bertengger di zona kuning persebaran Covid-19, Kota Batu sudah harus kembali turun zona. Menjadi zona oranye persebaran Covid-19. Alias wilayah tingkat risiko sedang. Turunnya zona itu setidaknya dipengaruhi oleh empat indikator. 

Kepala Dinas Kesehatan, drg Kartika Trisulandari menjelaskan, empat indikator itu terdiri dari laju inside kasus, positif rate, penambahan jumlah spisemen dan tingginya tingkat kematian. 

Baca Juga ----------------------------

‘’Berdasarkan evaluasi melalui sistem bersama lawan Covid-19 (BLC) mingguan, yang dilakukan setiap hari Senin. Poin kita turun. Dari yang mulanya 2,44 menjadi 2,34. Karena penentuan zona persebaran Covid-19 itu, ditentukan dari sektor BLC,’’ ujar Kartika kepada Di’s Way Malang Post, Rabu (27/1).  

Meski begitu, saat ini poin Kota Batu masih menjadi yang terbaik di Jawa Timur. Sementara itu, untuk menekan laju persebaran Covid-19 di Kota Batu. Serta untuk mengembalikan Kota Batu kembali ke zona kuning atau bahkan zona hijau persebaran Covid-19, pihaknya akan semakin memasifkan beberapa hal.

‘’Menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Serta memasifkan 3T (tracing, testing, dan treatment) dan vaksinasi,’’ bebernya. 

Salah satu indikator yang mempengaruhi menurunnya zona persebaran Covid-19 di Kota Batu ini, adalah tingginya tingkat kematian. Yang jelas, menurunnya zona ini dipengaruhi skor BLC menjadi 2,34 dan empat indikator lainnya.

Sementara itu terpisah, untuk meyakinkan masyarakat terkait keamanan vaksin Covid-19, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra menegaskan, anggota Kodim 0818 siap divaksin.

Dari total sekitar 1.000 personel, ada 800 personel siap divaksin. Sementara, 200 sisanya adalah anggota yang sudah pernah terjangkit Covid-19 dan telah sembuh. Sehingga bukan prioritas vaksinasi.

‘’Kita ada sekitar kurang lebih seribu orang yang akan divaksin. Yang sudah terkonfirmasi positif dan sembuh ada sekitar 200 orang. Jadi sekitar 800 orang yang siap divaksin,’’ jelasnya.

Namun kapan jadwal vaksinasi untuk anggota Kodim 0818, Yusub belum mau mengungkapkan kepada publik. ‘’Kalau vaksinasi untuk anggota TNI, nanti sesuai jadwal. Yang jelas kita sudah melakukan pendataan,’’ katanya.

Ia menegaskan, pihaknya tidak akan melanggar ketetapan dari pemerintah pusat terkait jadwal vaksinasi untuk anggotanya. ‘’Kita tidak boleh melanggar jadwal yang sudah ditentukan oleh pemerintah,’’ sambungnya.

Saat ini dirinya akan fokus pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Malang pada 30 Januari 2021 dan 01 Februari 2021.

Lebih lanjut, Yusub menuturkan agar masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian vaksin. Karena pemerintah pusat sudah membuat jadwal vaksinasi kepada masyarakat secara bertahap.

‘’Sudah disiapkan oleh pemerintah, vaksin untuk kita semua secara terjadwal. Itu rencananya satu juta (vaksinasi) per hari,’’ tandasnya.

Untuk Kota Batu sendiri, pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan mulai hari ini. Pelaksana vaksinasi ini, dari Puskesmas Batu dibantu tenaga spesialis penyakit dalam dan emergency dari RSU Karsa Husada Kota Batu.

Vaksinasi akan dilakukan di sembilan faskes yang ditunjuk sebagai pelaksana vaksinasi Covid-19. Dengan sasaran nakes prioritas, seperti petugas ICU, petugas ruang isolasi, petugas ruang pinere, petugas IGD, petugas shelter, dan petugas tracing. (ano/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...