Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Hanya Sepekan di Zona Kuning

drg Kartika Trisulandari, Kepala Dinas Kesehatan. (Ananto Wibowo/DI’s Way Malang Post)

Batu – Baru sepekan bertengger di zona kuning persebaran Covid-19, Kota Batu sudah harus kembali turun zona. Menjadi zona oranye persebaran Covid-19. Alias wilayah tingkat risiko sedang. Turunnya zona itu setidaknya dipengaruhi oleh empat indikator. 

Kepala Dinas Kesehatan, drg Kartika Trisulandari menjelaskan, empat indikator itu terdiri dari laju inside kasus, positif rate, penambahan jumlah spisemen dan tingginya tingkat kematian. 

Baca Juga ----------------------------

‘’Berdasarkan evaluasi melalui sistem bersama lawan Covid-19 (BLC) mingguan, yang dilakukan setiap hari Senin. Poin kita turun. Dari yang mulanya 2,44 menjadi 2,34. Karena penentuan zona persebaran Covid-19 itu, ditentukan dari sektor BLC,’’ ujar Kartika kepada Di’s Way Malang Post, Rabu (27/1).  

Meski begitu, saat ini poin Kota Batu masih menjadi yang terbaik di Jawa Timur. Sementara itu, untuk menekan laju persebaran Covid-19 di Kota Batu. Serta untuk mengembalikan Kota Batu kembali ke zona kuning atau bahkan zona hijau persebaran Covid-19, pihaknya akan semakin memasifkan beberapa hal.

‘’Menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Serta memasifkan 3T (tracing, testing, dan treatment) dan vaksinasi,’’ bebernya. 

Salah satu indikator yang mempengaruhi menurunnya zona persebaran Covid-19 di Kota Batu ini, adalah tingginya tingkat kematian. Yang jelas, menurunnya zona ini dipengaruhi skor BLC menjadi 2,34 dan empat indikator lainnya.

Sementara itu terpisah, untuk meyakinkan masyarakat terkait keamanan vaksin Covid-19, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra menegaskan, anggota Kodim 0818 siap divaksin.

Dari total sekitar 1.000 personel, ada 800 personel siap divaksin. Sementara, 200 sisanya adalah anggota yang sudah pernah terjangkit Covid-19 dan telah sembuh. Sehingga bukan prioritas vaksinasi.

‘’Kita ada sekitar kurang lebih seribu orang yang akan divaksin. Yang sudah terkonfirmasi positif dan sembuh ada sekitar 200 orang. Jadi sekitar 800 orang yang siap divaksin,’’ jelasnya.

Namun kapan jadwal vaksinasi untuk anggota Kodim 0818, Yusub belum mau mengungkapkan kepada publik. ‘’Kalau vaksinasi untuk anggota TNI, nanti sesuai jadwal. Yang jelas kita sudah melakukan pendataan,’’ katanya.

Ia menegaskan, pihaknya tidak akan melanggar ketetapan dari pemerintah pusat terkait jadwal vaksinasi untuk anggotanya. ‘’Kita tidak boleh melanggar jadwal yang sudah ditentukan oleh pemerintah,’’ sambungnya.

Saat ini dirinya akan fokus pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Malang pada 30 Januari 2021 dan 01 Februari 2021.

Lebih lanjut, Yusub menuturkan agar masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian vaksin. Karena pemerintah pusat sudah membuat jadwal vaksinasi kepada masyarakat secara bertahap.

‘’Sudah disiapkan oleh pemerintah, vaksin untuk kita semua secara terjadwal. Itu rencananya satu juta (vaksinasi) per hari,’’ tandasnya.

Untuk Kota Batu sendiri, pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan mulai hari ini. Pelaksana vaksinasi ini, dari Puskesmas Batu dibantu tenaga spesialis penyakit dalam dan emergency dari RSU Karsa Husada Kota Batu.

Vaksinasi akan dilakukan di sembilan faskes yang ditunjuk sebagai pelaksana vaksinasi Covid-19. Dengan sasaran nakes prioritas, seperti petugas ICU, petugas ruang isolasi, petugas ruang pinere, petugas IGD, petugas shelter, dan petugas tracing. (ano/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Ekobis

Malang-post.com – Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah ya, tetapi hanya dari lembaga keuangan yang terdaftar dan terakreditasi. Hasil resminya adalah di Malaysia Anda...

Dahlan Iskan

Saya tidak bisa lagi merahasiakan ini: siapa Si Cantik Disway itu. Yang jadi sumber utama serial tulisan saya soal sumbangan keluarga Akidi Tio Rp...

headline

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang tunjuk Malang Town Square (Matos)  sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk masyarakat umum. Kegiatan...

Nasional

Malang Post – Sejak pandemi berlangsung tahun 2020 , berbagai program dilakukan PT Federal International Finance (FIF Group). Khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat. Seperti pemberian...

Pendidikan

Malang Post – Mewujudkan pelajar yang sehat dan produktif. SMAN 2 Kota Malang menggelar vaksinasi Covid-19. Sasarannya para murid. Dilaksanakan di Jl Laksamana Laut RE...

Pendidikan

Malang Post – Bisnis dan teknologi digital tak dapat dipisahkan. Ini dipahami Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Mengusung semangat berkontribusi pemikiran dan knowledge...

Pendidikan

Malang Post – Pandemi Covid-19 belum tuntas. Akibatnya membatasi sejumlah kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan di kampus. Termasuk Jurusan Perbankan Syariah (PBS) Universitas Islam Negeri Maulana...

headline

Malang Post – Dua wartawan Arema Media Grup (Ameg). Eka Nurcahyo, dari Harian DI’s Way Malang Post dan Jofa Safik Bijaya, dari Arema TV. Meraih...