Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

PLTMH Sumber Jeruk Segera Terwujud

BAHAS MANFAAT: Bupati Malang Sanusi dan Rektor UMM Dr Fauzan M.Pd saat audiensi realisasi pembangunan PLTMH. (Foto: Istimewa)

Malang – Pemanfaatan air sebagai pembangkit listrik mikro memiliki potensi besar di Kab Malang. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggagas ini.

Demi memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kali ini UMM bekerjasama dengan Pemkab Malang. Untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dalam waktu dekat.

Baca Juga ----------------------------

Agenda awal dilakukan audiensi dengan pejabat terkait, kemarin. Berlangsung di Pendopo Kabupaten Malang. Dihadiri Bupati Malang Drs HM Sanusi, Rektor UMM Dr Fauzan M.Pd, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta beberapa petinggi daerah lainnya.

Ketua Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM, Prof Dr Yus Mochamad Cholily M.Si menjelaskan. Rencananya akan dibangun di beberapa wilayah Kab Malang. Pemilihan lokasi tidak secara acak. Namun mempertimbangkan ada tidaknya debit air yang cukup untuk membuat mikro hidro.

Sebelumnya, pihaknya sudah membangun di beberapa tempat. Seperti di Sumber Maron dan Boon Pring. Sudah lama dibangun. Keduanya merupakan langkah awal cita-cita UMM membangun 1000 PLTMH di seluruh Indonesia.

Pada proyek selanjutnya, UMM telah menentukan beberapa titik wilayah di Kabupaten Malang. “Wilayah pertama yang akan dibangun PLTMH adalah di daerah Sumber Jeruk,” tutur dosen UMM tersebut.

Lebih lanjut, Yus berkata, PLTMH ini bisa dimanfaatkan untuk memompa air minum ke seluruh wilayah di Malang Selatan. Listrik yang dihasilkan, akan dimafaatkan untuk mengurangi konsumsi listrik di berbagai fasilitas umum.

“Satu PLTMH juga dapat menghasilkan seratus liter air per detik. Tentu hal ini akan sangat membantu dalam distribusi air minum di wilayah Malang Selatan,” lanjutnya.

Ia menandaskan pembangunan ini merupakan bentuk pengabdian universitas terhadap masyarakat khusus di bidang energi terbarukan. Harapannya, masyarakat dapat teredukasi dan mampu memanfaatkan sumber energi baru ini dengan sebaik-baiknya.

“UMM memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. Saya berharap proyek energi terbarukan ini, tidak hanya berhenti pada PLTMH. Tapi pada energi terbarukan lainnya seperti solar cell,” pungkas Yus. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang-Post – Edukasi pra nikah penting dilakukan. Mengingat pernikahan bukan sekedar menyatukan dua individu yang berbeda. Tapi menyatukan dua keluarga besar yang penuh dinamika...

Malang Raya

Malang-Post – Seorang warga Kelurahan Songgokerto bernama Nanang ditemukan tewas saat mencari rumput di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Diketahui, Nanang sering mencari rumput di...

Malang Raya

Malang-Post – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, aparat gabungan menggencarkan operasi yustisi penegakan disiplin prokes. Digelar dalam rangka PPKM Mikro di wilayah...

Malang Raya

Malang-Post – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus dilakukan. Selasa (15/6/2021) pagi, giliran warga RW 11 Kelurahan Cemorokandang yang divaksin.  Vaksinasi diikuti 150...

Opini

Indonesia adalah negara yang kaya. Kaya sumber daya alam dan kaya akan budaya. Membahas tentang kebudayaan Indonesia tentu bukan lah sutau hal yang asing...

Dahlan Iskan

Ini taruhan baru: apakah RUU Pajak akan ditarik oleh pemerintah atau diminta terus dibahas di DPR. Tokoh DPR dari Golkar jelas minta agar RUU...

Arema

Malang Post – Manajemen tim Arema FC, mendadak merilis dua unggahan pada akun resmi instagram mereka @aremafcofficial. Bergambarkan Diego Michiels dan bertuliskan; Welcome to Arema FC dan Selamat...