Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Banjir Gresik Prioritas Penanganan

PRIORITAS: Wagub Jatim Emil Dardak meninjau beberapa titik lokasi yang akan dijadikan prioritas penanganan banjir di Kabupaten Gresik.(Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya – Pemprov Jatim terus berupaya menangani dampak banjir luapan Kali Lamong di Gresik. Wakil Gubernur (wagub) Jatim, Emil Elestianto Dardak, bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Agus Rudyanto, didampingi Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Gresik, Gunawan Setijadi, meninjau beberapa titik lokasi yang akan dijadikan prioritas penanganan banjir itu.

Ada tiga titik potensi yang menjadi prioritas penanganan. Yakni di Waduk Bunder, Tambak Beras Cerme, dan Bendungan Karet di Kedanyang, Kebomas.

Baca Juga ----------------------------

Wagub Emil Elestianto Dardak mengatakan, sidak yang dilakukan bersama BBWS dan Pemkab Gresik itu untuk mengetahui secara detail lokasi mana yang perlu ditangani sebagai skala prioritas.

“Kita harus pastikan titik-titik mana yang akan ditangani. Sebenarnya, pemkab sudah menganggarkan dan sudah melakukan studi penyiapan pengadaan lahan. Kemungkinan butuh sedikit waktu untuk memproses. Ini yang kita cocokkan sampai menentukan titik-titik prioritasnya,” kata Wagub Emil usai melakukan peninjauan di Bendungan Karet Kebomas, Gresik, Rabu (20/1) sore.

Wagub Jatim yang akrab disapa Emil ini pun menjelaskan, setelah melihat titik mana yang akan dikerjakan, langkah selanjutnya akan dimasukkan sebagai studi untuk bisa dilihat apakah kemudian akan direvitalisasi.

“Tetapi yang paling penting juga menjadi calon lokasi untuk melakukan penanganan. Sekali lagi akan dilihat skala-skala urgensinya, terutama pemukiman yang terdampak,” jelasnya.

Lebih lanjut Wagub Emil menjelaskan, setiap daerah memiliki skala urgensi masing-masing dan berpotensi menjadi prioritas penanganan banjir. Utamanya di Gresik.

“Seperti daerah Tambak Beras, Kecamatan Cerme, yang apabila banjir bisa sampai 17 hari lamanya,” terangnya.

Kemudian Bendungan Karet di Kedanyang, Kecamatan Kebomas, yang telah dibangun sejak 1993, sudah tidak berfungsi karena karetnya jebol dan belum ada penanganan. Selain itu, Wagub Emil dan Kepala BBWS Bengawan Solo juga meninjau Waduk Bunder.

“Tadi kita juga melihat Waduk Bunder yang sudah di studi di tahun 2020 oleh tim dari BBWS, dan potensi signifikan untuk kemudian memberikan suplai air untuk irigasi maupun menampung di kala banjir,” imbuhnya.

Wagub Jatim yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini menerangkan, penanganan banjir luapan Kali Lamong di Gresik merupakan salah satu prioritas Pemprov Jatim. Karena itu, langkah progresif terus dilakukan Pemprov Jatim bersama pihak terkait seperti BBWS Bengawan Solo dan Pemkab Gresik.

“Banjir di Kali Lamong dan di Bengawan Solo hilir menjadi prioritas Pemprov Jatim. Karena masyarakat sudah bertahun-tahun terdampak, dan ini akhirnya menjadi sebuah komitmen yang kami masukkan dalam Perpres No 80 Tahun 2019,” terangnya.

Ia berharap, akan ada progres yang tampak dan terus berkembang untuk penanganan banjir di Kali Lamong. Karena menurutnya, butuh waktu dari setiap tahapan yang dilakukan untuk upaya penanganan banjir. (azt/ekn)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...