Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Banjir Gresik Prioritas Penanganan

PRIORITAS: Wagub Jatim Emil Dardak meninjau beberapa titik lokasi yang akan dijadikan prioritas penanganan banjir di Kabupaten Gresik.(Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya – Pemprov Jatim terus berupaya menangani dampak banjir luapan Kali Lamong di Gresik. Wakil Gubernur (wagub) Jatim, Emil Elestianto Dardak, bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Agus Rudyanto, didampingi Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Gresik, Gunawan Setijadi, meninjau beberapa titik lokasi yang akan dijadikan prioritas penanganan banjir itu.

Ada tiga titik potensi yang menjadi prioritas penanganan. Yakni di Waduk Bunder, Tambak Beras Cerme, dan Bendungan Karet di Kedanyang, Kebomas.

Baca Juga ----------------------------

Wagub Emil Elestianto Dardak mengatakan, sidak yang dilakukan bersama BBWS dan Pemkab Gresik itu untuk mengetahui secara detail lokasi mana yang perlu ditangani sebagai skala prioritas.

“Kita harus pastikan titik-titik mana yang akan ditangani. Sebenarnya, pemkab sudah menganggarkan dan sudah melakukan studi penyiapan pengadaan lahan. Kemungkinan butuh sedikit waktu untuk memproses. Ini yang kita cocokkan sampai menentukan titik-titik prioritasnya,” kata Wagub Emil usai melakukan peninjauan di Bendungan Karet Kebomas, Gresik, Rabu (20/1) sore.

Wagub Jatim yang akrab disapa Emil ini pun menjelaskan, setelah melihat titik mana yang akan dikerjakan, langkah selanjutnya akan dimasukkan sebagai studi untuk bisa dilihat apakah kemudian akan direvitalisasi.

“Tetapi yang paling penting juga menjadi calon lokasi untuk melakukan penanganan. Sekali lagi akan dilihat skala-skala urgensinya, terutama pemukiman yang terdampak,” jelasnya.

Lebih lanjut Wagub Emil menjelaskan, setiap daerah memiliki skala urgensi masing-masing dan berpotensi menjadi prioritas penanganan banjir. Utamanya di Gresik.

“Seperti daerah Tambak Beras, Kecamatan Cerme, yang apabila banjir bisa sampai 17 hari lamanya,” terangnya.

Kemudian Bendungan Karet di Kedanyang, Kecamatan Kebomas, yang telah dibangun sejak 1993, sudah tidak berfungsi karena karetnya jebol dan belum ada penanganan. Selain itu, Wagub Emil dan Kepala BBWS Bengawan Solo juga meninjau Waduk Bunder.

“Tadi kita juga melihat Waduk Bunder yang sudah di studi di tahun 2020 oleh tim dari BBWS, dan potensi signifikan untuk kemudian memberikan suplai air untuk irigasi maupun menampung di kala banjir,” imbuhnya.

Wagub Jatim yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini menerangkan, penanganan banjir luapan Kali Lamong di Gresik merupakan salah satu prioritas Pemprov Jatim. Karena itu, langkah progresif terus dilakukan Pemprov Jatim bersama pihak terkait seperti BBWS Bengawan Solo dan Pemkab Gresik.

“Banjir di Kali Lamong dan di Bengawan Solo hilir menjadi prioritas Pemprov Jatim. Karena masyarakat sudah bertahun-tahun terdampak, dan ini akhirnya menjadi sebuah komitmen yang kami masukkan dalam Perpres No 80 Tahun 2019,” terangnya.

Ia berharap, akan ada progres yang tampak dan terus berkembang untuk penanganan banjir di Kali Lamong. Karena menurutnya, butuh waktu dari setiap tahapan yang dilakukan untuk upaya penanganan banjir. (azt/ekn)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post – Pelaku pembacokan di Bandungrejo Bantur, akhirnya diringkus Reskrim Polsek Bantur bersama Buser Polres Malang. Masih didalami apa sebab ia tega menganiaya sang...

News

Malang Pos– Komunitas pers Jatim berduka. Kehilangan salah satu jurnalis terbaik. Taufik Hidayat Bondet Hardjito, panggilan akrabnya Cak Bondet. Meninggal di RS Al Irsyad Selasa (22/6/2021)...

Malang Raya

Malang Post– Jabatan dan nama Kasat Pol PP Kota Batu, M Nur Adhim, dimanfaatkan untuk meminta dana ke pengembang di Kota Batu. Kasus ini...

Malang Raya

Malang Pos – Menyambut HUT ke 75 Bhayangkara  pada 1 Juli mendatang, Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkoppol) bersama Kapusdokkes Polri dan Karumkit Polda...

News

Malang Post – Satgas Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan bersama sejumlah relawan mendirikan dapur umum. Untuk memenuhi kebutuhan makan warga Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo selama...

Malang Raya

Malang Post – Dusun Rowoterate, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang dinyatakan zona merah Covid-19. Pasalnya, 5 warganya, teridentifikasi positif Covid-19 pada Sabtu...

News

Malang Post – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan benar-benar membatasi akses keluar masuk Dusun Rowoterate Desa Sitiarjo, sejak Minggu (20/6/2021). Langkah ini...

Malang Raya

Malang-Post – Pemerintah terus kebut vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).  Kali ini warga RW 03 Kelurahan Sumbersari menjalani vaksinasi Covid-19 pada...