Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

MTQ Kapolda Cup Se-Jatim Digelar Virtual

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Al-Quran (MTQ) XIV Pengurus Wilayah Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz NU Jawa Timur (PW JQHNU Jatim) . Meski digelar secara virtual , pelaksanaan MTQ yang memperebutkan trofi Kapolda Jatim ini tetap berlangsung khidmat.

BANGKALAN – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Al-Quran (MTQ) XIV Pengurus Wilayah Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz NU Jawa Timur (PW JQHNU Jatim) digelar secara virtual. Meski demikian, pelaksanaan MTQ yang memperebutkan trofi Kapolda Jatim ini berlangsung khidmat.

Kegiatan yang diikuti perwakilan qori-qoriah dan huffadz di masing-masing PC JQHNU di Jatim ini, tetap bisa melantunkan ayat-ayat Suci Al-Quran dengan lancar, melalui program zoom yang difasilitasi pihak kepolisian di masing-masing Polres di Jatim. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Baca Juga ----------------------------

“Tahun ini kita gelar secara virual, karena bersamaan dengan pandemi Covid-19 apalagi saat ini pemerintah telah menerapkan PPKM Jawa-Bali. Jadi kita kerjasama dengan polres-polres untuk memfasilitasi peserta melalui virtual sehingga pelaksanaan MTQ ini tetap bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata H Musyafak, Ketua Pelaksana MTQ XIV PW JQHNU Jatim Kapolda Cup, di sela-sela pembukan MTQ di Pondok Pesantren Al Hamidiyah Sen-asen Konang, Bangkalan, Senin (11/1) sore.

Sementara dari pantauan di lokasi acara, panitia bersama pihak Ponpes Al Hamidiyah terlihat cukup ketat memberlakukan Prokes. Bahkan panggung yang sedianya akan dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta hanya terlihat belasan kursi yang disediakan panitia, tentunya dengan penerapan jaga jarak. Tidak hanya itu, para juri yang hadir di lokasi juga tetap menerapkan Prokes ketat.

Meski demikian, pelaksanaan tetap dilaksanakan secara virtual. “Kita menghormati dan mentaati aturan dari pemerintah. Demi menjaga kesehatan bersama, maka semua pelaksanaan digelar secara virtual. Termasuk pembukaan yang sedianya dihadiri Kapolda Jatim, dan pejabat Forkompinda Jatim akhirnya kita batalkan dan dilaksanakan melalui program zoom,” kata Musyafak.

Keputusan panitia MTQ XIV Kapolda Cup disambut baik Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. Dalam sambutan pembukaan acara, Nico berharap pelaksanaan MTQ yang digelar virtual tidak mengurangi makna dan kekhidmatan untuk menjalin silaturrahim.

“Saya memiliki harapan MTQ Kapolda Cup ini dapat membudaya di tengah masyarakat. Selain untuk syiar, kegiatan ini juga dapat mewarnai wajah umat di Indonesia khususnya di Jawa Timur,” harap Nico.

Dengan demikian, kata Nico, kandungan ayat suci Al-Quran dapat lebih dipahami masyarakat. “Tujuan dari kegiatan ini sebagai syiar dan dakwah tentang bagaimana kita membumikan kitab suci sebagai nafas kita, dan pegangan kita yang hakiki, serta sebagai kepribadian kita,” tutur Nico.

Pasalnya, menurut Nico, saat ini banyak orang yang mudah mencela, mengumpat, mudah merendahkan orang lain, dan mudah mengejek orang lain, serta menjelek-jelekan orang, sehingga mengesampingkan kaidah sopan santun. “Pada masa ini ujaran kebencian bertebaran luar biasa, khususnya di ranah media sosial. Umpatan-umpatan semakin menghebat. Apalagi ketika ada kontestasi politik yang kerap membuat sifat saling menghormati seakan luntur,” kata Nico.

Untuk itu, Nico berharap, MTQ Kapolda Cup bersama JQHNU Jatim ini menjadi role model bentuk kerjasama institusi kepolisian dengan ormas, salah satunya JQH NU di Indonesia. Mulai dari tingkat Polsek, Polres hingga tingkat Mabes Polri. “Jika hal ini terlaksana hati kita bisa hidup berbangsa dan bernegara dengan sejuk,” ujarnya.

Apalagi, saat ini tantangan zaman di era global sangatlah kompleks. “Jadikan MTQ Kapolda Cup ini sebagai stimulant untuk meningkatkan penghayatan, kecintaan, dan pengamalan dalam ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari,” terang Nico.

PROKES: Dewan juri sedang menilai para peserta yang tampil secara virtual. Tampak ruang dewan juri MTQ yang disetting sesuai Prokes ketat.

Sebelum mengakhiri sambutan sekaligus membuka pelaksanaan MTQ, Nico sempat menyampaikan sebuah pantun. “Kalau Anda pergi ke sawah mohon mampir ke lading saya. Kalau ada ucapan yang salah mohon kiranya maafkan saya. Para kafilah wajahnya bersih, cukup sekian terima kasih,” kata Nico langsung disambut tepuk tangan dari para peserta yang tersebar secara virtual di berbagai Polres di Jatim.

“Selamat berlomba kepada seluruh peserta MTQ Kapolda Cup se-Jawa Timur, mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” tutup Kapolda Jatim. (Azt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...