Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Kejar Target Zona Kuning

OPTIMIS: Walikota Batu, Dewanti Rumpoko optimis kondisi akan menjadi lebih baik. (Foto: Dokumen)

Batu – Hingga dua minggu ke depan, sejak Senin kemarin. Kota Batu bersama beberapa kota di Jawa Timur memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Walikota Batu, Dewanti Rumpoko pun menargetkan naik zona. 

Dari awalnya zona oranye, menjadi zona kuning. Bahkan, jika  bisa mencapai zona hijau penyebaran covid-19. “Tapi yang jelas targetnya semua bisa sehat. Ditandai tak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19,” ujar Bu De.

Baca Juga ----------------------------

Maka dirinya akan melakukan sejumlah penekanan. Salah satunya adalah soal kerumunan massa yang tak boleh ada sama sekali.  Wisatawan yang akan datang ke Kota Batu harus menyertakan surat keterangan rapid test.

Namun dirinya mengimbau para wisatawan yang akan datang ke Kota Batu, agar ditunda lebih dulu. 

“Dua minggu ini, lebih baik kita di rumah saja. Karena yang terpenting, semuanya harus sehat lebih dulu. Maka dari itu, mari beraktivitas dari rumah saja,” katanya. 

Dia melihat situasi dan kondisi di lapangan saat ini. Bahwa tempat-tempat wisata sangat sepi pengunjung. Karena tren saat ini, wisatawan hanya jalan-jalan lalu makan.

Setelah itu, mereka kembali ke rumah masing-masing. Jadi mereka tidak ke lokasi wisata. 

Bu De menekankan. Bagi tempat usaha yang melanggar protokol kesehatan. Ataupun ketentuan yang sudah ditetapkan. Misalnya pembatasan jam malam. Pihaknya akan menerapkan sanksi secara tegas. 

“Bagi tempat-tempat usaha yang melanggar, akan ditutup sementara. Selama satu minggu. Selain itu, tempat wisata juga akan menjadi target utama dalam penertiban prokes,” ujarnya. 

Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Walikota Batu No. 440/48/422.031/2021 tentang penerapan PPKM di Kota Batu. Kepala Satpol PP Kota Batu, M Nur Adhim mengatakan. Jika pihaknya akan melaksanakan tugasnya sesuai SE Walikota.

“Seperti PSBB kemarin, kami akan patroli sebagai upaya penjagaan fasilitas umum. Patroli itu berlangsung dari pukul 09.00 hingga 23.00. Ada dua pergantian shift selama patroli itu,” jelasnya.

Kebijakan dituangkan dalam SE itu. Alun-alun Kota Batu beserta tempat usaha lain. Akan ditutup pada pukul 19.00. Kebijakan ini juga menyeret PKL Kawasan Alun-Alun untuk tutup pada jam tersebut.

Ia menekankan bahwa pelaku wisata, pelaku usaha PKL, Restoran, Cafe hingga hotel mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan SE ini. Termasuk pembatasan okupansi maksimal 50 % dan jam malam maksimal pada pukul 19.00.

“Bagi yang melanggar, akan kami beri peringatan tertulis. Jika tetap melanggar, akan kami tutup paksa selama dua minggu,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberlakukan denda bagi perorangan yang melanggar. Maksimal sebesar Rp 100.000. Ini dilakukan agar masyarakat tetap waspada terhadap virus covid. (ano/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post –  Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, melakukan pembenahan dinding penahan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung....

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang kembali menghelat vaksinasi covid-19 khusus lansia, Kamis (21/10) hari ini.Sasaran vaksinasi lansia kali ini adalah warga...

Kuliner

Malang Post —  Pasar Numplek masuk Atria Hotel Malang. Masyarakat bisa melihat dan mendapatkan mulai Oktober hingga November 2021. Beragam makanan dan jajanan pasar...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Sutiaji meminta guru ASN meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, secara lebih rinci.    “Saat ini ASN menerapkan merit...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya Ny Tari Ferdian Primadhona memantau vaksinasi untuk pelajar SMP. Tari,...

Pendidikan

Malang Post – Bupati Malang HM Sanusi berjanji akan menaikan insentif  bagi guru Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) menjadi dua juta rupiah. Direalisasikan tahun...

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...