Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Kejar Target Zona Kuning

OPTIMIS: Walikota Batu, Dewanti Rumpoko optimis kondisi akan menjadi lebih baik. (Foto: Dokumen)

Batu – Hingga dua minggu ke depan, sejak Senin kemarin. Kota Batu bersama beberapa kota di Jawa Timur memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Walikota Batu, Dewanti Rumpoko pun menargetkan naik zona. 

Dari awalnya zona oranye, menjadi zona kuning. Bahkan, jika  bisa mencapai zona hijau penyebaran covid-19. “Tapi yang jelas targetnya semua bisa sehat. Ditandai tak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19,” ujar Bu De.

Baca Juga ----------------------------

Maka dirinya akan melakukan sejumlah penekanan. Salah satunya adalah soal kerumunan massa yang tak boleh ada sama sekali.  Wisatawan yang akan datang ke Kota Batu harus menyertakan surat keterangan rapid test.

Namun dirinya mengimbau para wisatawan yang akan datang ke Kota Batu, agar ditunda lebih dulu. 

“Dua minggu ini, lebih baik kita di rumah saja. Karena yang terpenting, semuanya harus sehat lebih dulu. Maka dari itu, mari beraktivitas dari rumah saja,” katanya. 

Dia melihat situasi dan kondisi di lapangan saat ini. Bahwa tempat-tempat wisata sangat sepi pengunjung. Karena tren saat ini, wisatawan hanya jalan-jalan lalu makan.

Setelah itu, mereka kembali ke rumah masing-masing. Jadi mereka tidak ke lokasi wisata. 

Bu De menekankan. Bagi tempat usaha yang melanggar protokol kesehatan. Ataupun ketentuan yang sudah ditetapkan. Misalnya pembatasan jam malam. Pihaknya akan menerapkan sanksi secara tegas. 

“Bagi tempat-tempat usaha yang melanggar, akan ditutup sementara. Selama satu minggu. Selain itu, tempat wisata juga akan menjadi target utama dalam penertiban prokes,” ujarnya. 

Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Walikota Batu No. 440/48/422.031/2021 tentang penerapan PPKM di Kota Batu. Kepala Satpol PP Kota Batu, M Nur Adhim mengatakan. Jika pihaknya akan melaksanakan tugasnya sesuai SE Walikota.

“Seperti PSBB kemarin, kami akan patroli sebagai upaya penjagaan fasilitas umum. Patroli itu berlangsung dari pukul 09.00 hingga 23.00. Ada dua pergantian shift selama patroli itu,” jelasnya.

Kebijakan dituangkan dalam SE itu. Alun-alun Kota Batu beserta tempat usaha lain. Akan ditutup pada pukul 19.00. Kebijakan ini juga menyeret PKL Kawasan Alun-Alun untuk tutup pada jam tersebut.

Ia menekankan bahwa pelaku wisata, pelaku usaha PKL, Restoran, Cafe hingga hotel mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan SE ini. Termasuk pembatasan okupansi maksimal 50 % dan jam malam maksimal pada pukul 19.00.

“Bagi yang melanggar, akan kami beri peringatan tertulis. Jika tetap melanggar, akan kami tutup paksa selama dua minggu,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberlakukan denda bagi perorangan yang melanggar. Maksimal sebesar Rp 100.000. Ini dilakukan agar masyarakat tetap waspada terhadap virus covid. (ano/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...