Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Tekan Covid-19, Optimalkan Kampung Tangguh Semeru

DI KAMPUNG TANGGUH: Kapolres Malang, saat berada di KTS Kuwolu. Kampung ini akan menjadi wakil KTS di ajang lomba kampung tangguh tingkat Polda Jatim. (Rizky Wijaya/DI’s Way Malang Post)

Malang – Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, akan mengoptimalkan peran Kampung Tangguh Semeru (KTS). Guna menekan penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut disampaikan, saat melakukan sosialiasi peran KTS di Desa Kuwolu Kecamatan Bululawang, Senin (11/1).

Terlebih saat masa PPKM ini, peran KTS dalam menekan penyebaran Covid-19, diharapkan bisa tetap konsisten. Tentunya dengan tetap menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan. 

Baca Juga ----------------------------

‘’Saya apresiasi atas masih berlanjutnya KTS Kuwolu. Dengan sangat konsisten menjaga Desa Kuwolu tetap sehat dan nyaman. Serta warga patuh protokol kesehatan,’’ ujar AKBP Hendri Umar. 

Menurutnya, diterapkannya PPKM pada 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang, adalah karena penyebaran Covid-19, yang masih terus meningkat. Bahkan dia menyebut, di skala Provinsi Jawa Timur, peningkatan jumlah kasus Covid-19 mencapai 500 per harinya. 

‘’PPKM ini terjadi karena adanya kejadian pada melonjaknya kasus positif Covid-19. Di Provinsi Jatim, kelonjakan pada angka 500 setiap harinya,’’ imbuh AKBP Hendri Umar. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, meskipun sudah beredar kabar, vaksin Covid-19 hampir bisa digunakan, dia tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Terutama agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal itu juga mengingat bahwa Covid-19 bisa menyerang siapa saja. 

‘’Pemberian vaksin, tidak serta merta langsung bisa diberikan. Harus selektif melihat dulu kondisi tubuh kita. Sambil menunggu vaksin, kita wajib tingkatkan protokol kesehatan dengan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan. Serta mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.’’

‘’Pelaksanaan PPKM tidak seketat PSBB. Dan anggota Polres Malang, juga ada yang jadi korban Covid-19. Ini nyata. Untuk itu jangan meremehkan Covid-19,’’ katanya.

Sementara itu, terkait KTS Kuwolu sendiri, Kapolres kembali menegaskan, akan mengirimkan KTS Kuwolu, untuk tampil pada Lomba Kampung Tangguh tingkat Polda Jatim.

AKBP Hendri Umar menyebut, ada beberapa faktor dipilihnya KTS Kuwolu. Salah satunya, konsistensi membantu masyarakat untuk menghadapi pandemi virus Covid-19.

‘’Sudah lima kali saya ke (KTS) Kuwolu ini. Berbagai inovasi dari Kampung Tangguh ini dalam menghadapi Pandemi yang belum berakhir,’’ katanya.

Salah satu inovasi yang diingat Kapolres, adalah memanfaatkan lahan irigasi untuk dikembangkan menjadi budidaya lele. Lainnya adalah melaunching seribu gentong sebagai media cuci tangan di masing-masing rumah warga.

Tidak hanya itu, dia menyebutkan, penerapan protokol kesehatan dan sosialisasi 3M selalu dilaksanakan oleh Kampung Tangguh Desa Kuwolu.

‘’Tentunya kami harapkan Kampung Tangguh Desa Kuwolu ini, dapat sebagai percontohan agar diterapkan di wilayah lainnya,’’ tandasnya.  (riz/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...

headline

Malang Post – Anggota Komisi I DPR RI dapil Malang Raya, Kresna Dewanata Phrosakh menanggapi persoalan tersebut. Menurutnya,Jika dinilai dari sisi historis Kabupaten Malang...

headline

Malang Post — Tersangka pembunuh Ratna Darumi (56) warga Jl Emprit Mas, RT 04/RW 10, Kelurahan/Kecamatan  Sukun, Kota Malang telah ditetapkan Polresta Malang Kota. Pelaku...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19kegiatan vaksinasi terus gencar dilaksanakan di wilayah Kota Malang. Terkait upaya tersebut Pemerintah Daerah melaksanakan Vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan  Edy  Jarwoko, memberi apresiasi pada FKUB Kota Malang yang menggelar dialog umat beragama di Hotel Tugu...

Malang Raya

Malang Post – Guna kelancaran kegiatan Vaksinasi di wilayah Kota Makang, TNI/POLRI dan Tim Satgas Covid-19 Kota Malang melaksanakan pengamanan dan pemantauan jalannya vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Dialog kerukunan diselenggarakan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Malang di Hotel Tugu Kota Malang, Sabtu (25/9/2021). KH Taufik Kusuma, Ketua...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) meraih penghargaan Kategori Tourism & Creative Campaign Award 2021 dalam acara...