Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Informasi Vaksin Harus Faktual

AKBP Hendri Umar, Kapolres Malang. (DI’s Way Malang Post)

Malang – Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar memberikan saran, Pemerintah Kabupaten Malang untuk memberikan sosialisasi terkait vaksin Covid-19. Terutama sekali menyampaikan informasi menyeluruh, terkait spesifikasi dan efektivitas vaksin untuk menangkan coronavirus disease.

Hal itu harus dilakukan, karena banyak opini beredar di masyarakat. Menyangkut tingkat efektivitas penggunaan vaksin. Pun terkait persepsi menyoal keberadaan vaksin itu sendiri.

Baca Juga ----------------------------

‘’Agar tidak terjadi multitafsir terkait efektifitas vaksin Covid-19 di masyarakat, sebaiknya Pemkab Malang menyampaikan secara menyeluruh, tentang spesifikasi hingga efektifitas vaksin. Ini penting. Vaksin harus ada sosialisasi dan penyampaian yang benar dari dinas terkait, tentang vaksin yang akan beredar di masyarakat tersebut,’’ kata AKBP Hendri Umar.

Sejauh ini, Hendri telah banyak mendengar berbagai opini yang mencuat, terkait tingkat efektifitas vaksin. Juga banyaknya persepsi di masyarakat.

‘’Ada vaksin dari Arab Saudi yang katanya bagus. Lalu dari Cina juga katanya lebih bagus. Kan kita tidak tahu. Harus ada pernyataan sikap yang tegas. Segala informasi tentang vaksin, tidak boleh ditutupi dan disampaikan secara faktual. Untuk mencegah timbulnya disinformasi di masyarakat,’’ katanya lagi.

Sementara itu menyinggung terkait rencana kedatangan vaksin Covid-19, untuk wilayah Kabupaten Malang, AKBP Hendri mengaku pihaknya siap memberikan pengamanan distribusi vaksin Covid-19 tersebut.

‘’Kami sifatnya hanya mengamankan saja, jika ada permasalahan-permasalahan yang timbul,’’ katanya.

Sedangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang sendiri, telah menyiapkan 52 fasilitas kesehatan, untuk dijadikan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19. Diantaranya dilakukan di 39 Puskesmas, satu klinik dan 12 rumah sakit.

‘’Sampai saat ini, ada 52 fasilitas kesehatan yang sudah siap (melakukan vaksinasi). Kami memilihnya berdasarkan planning dan survei tempat, pada bulan Desember kemarin,’’ ujar drg Arbani Mukti Wibowo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Untuk prioritas pemberian vaksin itu sendiri, kata Arbani, tetap mengutamakan tenaga kesehatan. Di Kabupaten Malang sendiri, terdapat 5.278 tenaga kesehatan, yang berhak mendapat prioritas.

‘’Pemberian vaksinnya nanti dua kali, selama 14 hari. Setelah tenaga kesehatan, giliran anggota TNI-Polri dan petugas pelayan publik dan masyarakat,’’ katanya.

Pada sisi persiapan, komponen seperti cool storage, menurut Arbani, juga telah disiapkan. Dia juga mengatakan bahwa setiap fasilitas kesehatan, menyediakan ruangan khusus untuk vaksinasi.

Tenaga pemberi vaksin nantinya, berjumlan dua sampai lima vaksinator pada setiap fasilitas kesehatan.

‘’ Puskesmas ada satu sampai dua orang vaksinator. Lalu untuk rumah sakit nanti ada dua sampai lima vaksinator,’’ ujar Arbani.

Seluruh vaksinator tersebut, imbuh dia, sudah diberikan pelatihan secara khusus, oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. ‘’Dan mereka semua sudah siap untuk melakukan vaksinasi,’’ tandas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia sudah menerima 3 juta vaksin Covid-19 produksi Sinovac dari China. Datang dalam dua tahap. Terakhir diterima pada 31 Desember 2020 lalu, sejumlah 1,8 juta vaksin

Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari PT Biofarma, Bambang Herianto mengatakan, mulai Minggu (3/1), akan dilakukan pendistribusian vaksin Covid-19 ke 34 provinsi. Soal persiapan terutama rantai dingin, dipastikan sudah dipersiapkan dengan baik oleh Biofarma.

‘’Semua rantai dingin di 2 derajat celcius sampai 8 derajat celcius, Insyaallah kita sudah siap. Vaksin nanti yang akan digunakan di masyarakat, benar-benar terjamin mutu dan kualitasnya dapat dijaga. Rantai dingin pendistribusiannya sampai dengan di Puskesmas atau bila perlu nanti di posyandu,’’ ujar Bambang dalam konferensi pers virtual Kementerian Kesehatan, Minggu (3/1). (riz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus berlanjut. Kali ini lokasi vaksinasi bertempat di Yayasan Sekolah Al Irsyad Jalan Arif Margono...

Malang Raya

Malang Post – Pada hari Sabtu tanggal 25 September 2021 pukul 08.00 wib bertempat di Klinik Shita Farma jln Joyo agung no 3 RT...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang kembali menggalakkan operasi yustisi. Sabtu, 25 September 2021, hari ini, tim gabungan...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

headline

Malang Post —  Polres Malang tingkatkan keimanan dan ketaqwaan para anggotanya. Melalui Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh personel dan Aparatur Sipil Negara...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...