Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Sidang Virtual Patuhi Protokol Kesehatan

TIPIRING: Sidang yang dilakukan virtual oleh Satpol PP Kota Batu di ruang Command Center Balai Kota Among Tani. (Foto: Istimewa)

Batu – Mundur sekitar dua pekan. Rencana awal, tanggal 14 Desember 2020. Kemarin, Selasa (29/12) Satpol PP Kota Batu, baru bisa melaksanakan sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

Mundurnya jadwal sidang ini, disebabkan Pengadilan Negeri (PN) Malang, sempat lockdown. Lantaran harus disterilkan, akibat beberapa pegawainya terindikasi suspek covid-19. 

Baca Juga ----------------------------

Buntutnya, sidang kali ini pun mempertimbangkan faktor tersebut. Karena situasi kurang memungkinkan dilakukan secara langsung. Maka, Satpol PP Kota Batu, memfasilitasi sidang virtual dengan hakim PN Malang. Tujuannya, mengedepankan penerapan protokol kesehatan. 

Kepala Satpol PP Kota Batu, M Nur Adhim membenarkan. Pelaksanaan sidang virtual itu di Ruang Command Center, Balai Kota Among Tani. Diikuti oleh 17 pengusaha yang tak kantongi IMB. 

“Ada 17 pengusaha yang menjalani sidang. Denda pelanggar yang terkumpul sebesar Rp 38,8 juta. Setiap pelanggar membayar denda kisaran Rp 1,5 juta hingga yang tertinggi Rp 5 juta,” beber Adhim, Rabu (30/12). 

Denda yang terkumpul itu, sudah termasuk biaya sidang. Sebesar Rp 32 ribu setiap pelanggar. Selanjutnya, hakim yang memutuskan besaran denda kepada terdakwa. 

Setelah terkumpul, disetorkan ke Kas Negara. Para pelanggar ini, menyalahi Peraturan Daerah (Perda) Kota Batu No 4 Tahun 2011 Tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

Mekanismenya, terlebih dulu, para pelanggar mendapat panggilan dari penyidik Satpol PP. Lalu, dilakukan klarifikasi.

Hasil penyidikan memastikan apakah benar tidak miliki IMB. Jika benar, para pengusaha itu  diwajibkan mengisi keterangan akan segera mengurusnya.

“Sebelumnya, dilakukan pemanggilan. Untuk dilakukan penyidikan. Para pengusaha itu sudah terlebih dahulu diberikan peringatan,” terang dia. 

Teknis sidang virtual ini, dijelaskan Adhim. Hakim yang bertugas memimpin jalannya sidang, berada di Kantor PN Kota Malang.

Para terdakwa cukup hadir di Balai Kota Among Tani. Dari 17 pelanggar, terdiri dari delapan perumahan, enam villa/guest house, dua toko dan satu lainnya.

Pihaknya mengatakan, sebenarnya tahun 2020 ini, terdapat 50 pengusaha yang melanggar IMB. Sedangkan untuk sisanya, 33 pelanggar belum melaksanakan persidangan. Akan disidangkan bulan Januari 2021 mendatang. 

“Untuk pelanggar, kami kategorikan menjadi dua. Pertama adalah bangunan lama yang sudah berizin, namun melakukan penambahan pembangunan. Seharusnya harus memperbarui IMB lebih dulu. Kedua, bangunan baru yang tak mengurus IMB,” tutupnya. (ant/jan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...