Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

BPUM Ikut Bantu Pengusaha Kecil

PERAN IBU: Suwanti dan Iis Suminar, dipandu Mochamad Achir, saat menjadi pembicara dalam dialog produktif bertema Pejuang ekonomi garis depan wirausahawan usaha mikro di Jakarta.

Jakarta – Hari ibu yang diperingati pada 22 Desember tahun ini, sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hari ibu tahun ini, diwarnai dengan suasana dan tantangan karena pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Kondisi berat dan berbeda ini, sekaligus memperlihatkan dan membuktikan, ibu tidak saja menjadi penjaga dan pengelola kehidupan keluarga. Tapi juga berperan besar untuk menjaga kesehatan maupun ekonomi keluarganya.

Baca Juga ----------------------------

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), menampilkan beberapa sosok ibu yang tangguh. Pertama adalah Narsih, Penjual Jamu Keliling. Sosok ibu ini terus berjuang, di tengah himpitan pandemi Covid-19. Tetap berjuang sendiri setelah suaminya meninggal.

‘’Saya sudah 25 tahun menjalankan usaha jamu keliling,’’ ujarnya.

Narsih juga menjadi salah satu, dari 12 juta penerima manfaat, yang mendapatkan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM).

‘’Kemarin saya dapat Bantuan Produktif Rp 2,4 juta itu. Alhamdulillah, memang setiap kesulitan akan ada jalan keluarnya,’’ ujar Narsih.

Baca Juga ----------------------------

Tidak hanya Narsih, sosok ibu lain yang berjuang di masa pandemi adalah, Suwanti.Pengusaha kerajinan tangan,yang harus membuat terobosan agar usaha dan kesejahteraan para pengerajinnya, bisa kembali maju seperti sebelum pandemi.

‘’Kreasi ini identik dengan pesta. Berkaitan dengan pandemi, pesta jadi tidak ada. Akhirnya usaha kami mati total,’’ papar Suwanti.

Tidak berhenti karena keadaan, Suwanti pun membuat makanan ungkep, dari daging burung puyuh. Untuk menyiasati produksi kerajinan tangan yang terhenti karena pandemi. Beruntungnya, Suwanti mendapatkan BPUM.

‘’Mendapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta itu, bagi saya khususnya, seperti mendapat air minum di tengah padang pasir, senang sekali,’’ ujar Suwanti.

Baca Juga ----------------------------

Tidak berbeda jauh dengan Narsih dan Suwanti, Iis Suminar, pengusaha gado-gadoini, juga merupakan sosok ibu yang tidak menyerah pada keadaan. Sebagai salah satu penerima manfaat BPUM, Iis juga memanfaatkannya untuk meningkatkan usahanya demi menjaga ketahanan ekonomi keluarganya.

‘’Mendapat bantuan Rp 2,4 juta tersebut, saya akhirnya bisa memperlebar tempat atau meja usaha. Sekaligus di situ saya tambahkan usaha menjual gorengan,’’ terang Iis.

Narsih, Suwanti dan Iis, merupakan sedikit dari kisah ibu-ibu yang tetap berjuang. Berbakti bagi keluarganya. Guna membantu mempertahankan perekonomian keluarga di masa pandemi. (* rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang sosialisasi soal jalur pendaftaran calon bintara AD lintas agama di sejumlah pondok pesantren. Hal ini karena TNI AD...

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...

Wisata

Malang Post –  Unit bisnis penginapan yang dimiliki sepenuhnya oleh CapitaLand Investment Limited, The Ascott Limited (Ascott) dengan bangga mengumumkan pembukaan properti terbarunya. Shanaya...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya dalam melaksanakan magang Merdeka Belajar menggandeng praktisi hukum asal Malang, Dr. Yayan Riyanto, SH M.Hum....

Malang Raya

Malang Post – Masyarakat pengendara bermotor roda dua musti waspadai kondisi jalan raya karena kadang berlubang akibat musim penghujan.  Gara-gara jalan berlubang, pengendara sepeda...

News

Malang Post –  Sebuah truk fuso berwana biru-hitam yang melaju dari arah Kediri menuju Kota Batu, terperosok ke dalam jurang sedalam 30 meter di...

Malang Raya

Malangpost – Selasa (18/1), vaksinasi anak sukses digelar di SD Taman Harapan, Jalan Majapahit Dalam, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen Kota Malang.Babinsa Kidul Dalem,...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833/Kota Malang gencar melaksanakan sosialisasi rekrutmen penerimaan prajurit TNI AD di beberapa MA yang ada di Kota Malang. Pelaksanaan sosialisasi rekrutmen...