Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Wisatawan Wajib Rapid Test Antigen

CEGAH: Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menegaskan jika wisatawan masuk Kota Batu wajib rapid test antigen non reaktif. (Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Pemkot Batu tetap komit menanggulangi maraknya penyebaran covid-19. Apalagi Kota Batu merupakan kota wisata yang menjadi jujugan wisatawan.

Ditambah lagi menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Sudah pasti tingkat kunjungan wisatawan akan meningkat. 

Baca Juga ----------------------------

Oleh sebab itu, Pemkot Batu mengambil kebijakan. Bagi seluruh wisatawan. Jika berlibur ke Kota Batu, harus menyertakan hasil rapid test antigen, yang non reaktif atau negatif. 

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko membenarkan. Bahwa peraturan ini, juga berlaku untuk wilayah Malang Raya. Pihaknya telah melakukan koordinasi mengenai hal itu dengan pemda samping. 

“Apabila saat dilakukan rapid tes diketahui hasilnya reaktif ataupun positif covid-19. Maka, akan langsung kami suruh pulang. Serta harus dipastikan orang tersebut benar-benar pulang ke daerah asalnya,” ujar Dewanti. 

Aturan setiap wisatawan yang masuk ke Kota Batu harus menyertakan hasil rapid test ini, berlaku mulai 24 Desember 2020 hingga tahun depan.

Dewanti menyatakan, ada tiga hal yang akan diterapkan pada libur panjang Nataru ini. 

“Pertama, pada malam tahun baru. Alun-alun Kota Batu akan kami tutup. Kedua, hotel tak diperkenankan menggelar acara dengan mengundang artis. Karena bisa menimbulkan kerumunan massa,” jelasnya. 

Boleh melakukan acara makan malam. Tapi hanya diperuntukan bagi tamu-tamu hotel saja. Selanjutnya, kuota hotel dan tempat wisata hanya 50 persen dari kuota maksimal. 

Mengenai PKL di kawasan Alun-alun Kota Batu, harus libur lebih dulu. Hanya semalam. Bertepatan dengan malam tahun baru. Ini dikarenakan alun-alun tutup pada saat perayaan tahun baru. 

“Untuk pemindahan PKL, jika mereka semua mau pindah silahkan. Dengan catatan, menggunakan fasilitas sendiri. Namun kami juga akan menyiapkan fasilitas berupa tenda,” jelasnya. 

Namun ketika mereka merasa repot. Karena hanya pindah satu malam saja. Dan harus pindah lagi ke tempat semula keesokan harinya. Apalagi tak sesuai dengan keuntungan. Maka mau tidak mau, mereka harus libur satu hari di malam tahun baru. 

Sementara itu, Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo menjelaskan, penerapan akan dilakukan secara gabungan. Bersama dengan pihak-pihak instansi lain. 

“Untuk pemeriksaan, kami akan menggunakan cara selektif prioritas. Karena mobil motor juga ada platnya,” katanya. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...