Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Wisatawan Wajib Rapid Test Antigen

CEGAH: Walikota Batu, Dewanti Rumpoko menegaskan jika wisatawan masuk Kota Batu wajib rapid test antigen non reaktif. (Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Pemkot Batu tetap komit menanggulangi maraknya penyebaran covid-19. Apalagi Kota Batu merupakan kota wisata yang menjadi jujugan wisatawan.

Ditambah lagi menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Sudah pasti tingkat kunjungan wisatawan akan meningkat. 

Baca Juga ----------------------------

Oleh sebab itu, Pemkot Batu mengambil kebijakan. Bagi seluruh wisatawan. Jika berlibur ke Kota Batu, harus menyertakan hasil rapid test antigen, yang non reaktif atau negatif. 

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko membenarkan. Bahwa peraturan ini, juga berlaku untuk wilayah Malang Raya. Pihaknya telah melakukan koordinasi mengenai hal itu dengan pemda samping. 

“Apabila saat dilakukan rapid tes diketahui hasilnya reaktif ataupun positif covid-19. Maka, akan langsung kami suruh pulang. Serta harus dipastikan orang tersebut benar-benar pulang ke daerah asalnya,” ujar Dewanti. 

Aturan setiap wisatawan yang masuk ke Kota Batu harus menyertakan hasil rapid test ini, berlaku mulai 24 Desember 2020 hingga tahun depan.

Baca Juga ----------------------------

Dewanti menyatakan, ada tiga hal yang akan diterapkan pada libur panjang Nataru ini. 

“Pertama, pada malam tahun baru. Alun-alun Kota Batu akan kami tutup. Kedua, hotel tak diperkenankan menggelar acara dengan mengundang artis. Karena bisa menimbulkan kerumunan massa,” jelasnya. 

Boleh melakukan acara makan malam. Tapi hanya diperuntukan bagi tamu-tamu hotel saja. Selanjutnya, kuota hotel dan tempat wisata hanya 50 persen dari kuota maksimal. 

Mengenai PKL di kawasan Alun-alun Kota Batu, harus libur lebih dulu. Hanya semalam. Bertepatan dengan malam tahun baru. Ini dikarenakan alun-alun tutup pada saat perayaan tahun baru. 

Baca Juga ----------------------------

“Untuk pemindahan PKL, jika mereka semua mau pindah silahkan. Dengan catatan, menggunakan fasilitas sendiri. Namun kami juga akan menyiapkan fasilitas berupa tenda,” jelasnya. 

Namun ketika mereka merasa repot. Karena hanya pindah satu malam saja. Dan harus pindah lagi ke tempat semula keesokan harinya. Apalagi tak sesuai dengan keuntungan. Maka mau tidak mau, mereka harus libur satu hari di malam tahun baru. 

Sementara itu, Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo menjelaskan, penerapan akan dilakukan secara gabungan. Bersama dengan pihak-pihak instansi lain. 

“Untuk pemeriksaan, kami akan menggunakan cara selektif prioritas. Karena mobil motor juga ada platnya,” katanya. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833 Kota Malang sosialisasi soal jalur pendaftaran calon bintara AD lintas agama di sejumlah pondok pesantren. Hal ini karena TNI AD...

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...

Wisata

Malang Post –  Unit bisnis penginapan yang dimiliki sepenuhnya oleh CapitaLand Investment Limited, The Ascott Limited (Ascott) dengan bangga mengumumkan pembukaan properti terbarunya. Shanaya...

Pendidikan

Malang Post – Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya dalam melaksanakan magang Merdeka Belajar menggandeng praktisi hukum asal Malang, Dr. Yayan Riyanto, SH M.Hum....

Malang Raya

Malang Post – Masyarakat pengendara bermotor roda dua musti waspadai kondisi jalan raya karena kadang berlubang akibat musim penghujan.  Gara-gara jalan berlubang, pengendara sepeda...

News

Malang Post –  Sebuah truk fuso berwana biru-hitam yang melaju dari arah Kediri menuju Kota Batu, terperosok ke dalam jurang sedalam 30 meter di...

Malang Raya

Malangpost – Selasa (18/1), vaksinasi anak sukses digelar di SD Taman Harapan, Jalan Majapahit Dalam, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen Kota Malang.Babinsa Kidul Dalem,...

Malang Raya

Malangpost – Kodim 0833/Kota Malang gencar melaksanakan sosialisasi rekrutmen penerimaan prajurit TNI AD di beberapa MA yang ada di Kota Malang. Pelaksanaan sosialisasi rekrutmen...