Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Jalin Komunikasi yang Baik Dengan Anak, Ini Tipsnya…

Ilustrasi Keluarga Bahagia. (Foto : Pixabay)

Malang – Dalam keluarga, pola komunikasi yang baik dengan anak merupakan hal yang sangat penting, sehingga hubungan anak dan orang tua bisa terjalin dengan baik. Namun komunikasi dengan anak bukan perkara mudah. Terlalu keras ataupun terlalu lembut akan punya konsekuensi bagi hubungan anak dan orang tua.

Berkomunikasi dengan anggota keluarga terlebih pada anak haruslah dengan cara yang tepat. Cara berkomunikasi yang tepat akan mengeratkan hubungan, dan menghilangkan sekat antara anak dan orang tua. Jadi anda tidak khawatir dibohongi.

Baca Juga ----------------------------

Berikut adalah beberapa tips komunikasi yang baik dengan anak dalam kehidupan sehari-hari, dikutip dari berbagai sumber.

Bertanyalah dengan cara yang bersahabat

Berkomunikasi dengan anak sebaiknya dilakukan dengan cara yang bersahabat. Dengan ini, anak cenderung akan  lebih jujur dan terbuka saat berkomunikasi dengan anda. Cara berkomunikasi yang bersahabat seperti dengan menggunakan nada suara yang lembut dan ceria. Jangan biasakan berteriak pada anak, karena hal ini bisa  menimbulkan trauma pada anak, membuatnya menjauh, dan bahkan membenci anda sebagai orang tuanya karena perlakuan tersebut.

Berbicara sambil  melakukan kegiatan bersama

Saat berkomunikasi dengan anak, anda harus benar-benar bisa memilih dan memanfaatkan timing yang pas. Sebagai contoh, anda bisa bicara sambil melakukan kegiatan bersama. Dengan begitu anak tidak akan  merasa tegang dan canggung saat anda menanyakan sesuatu, apalagi hal-hal yang sensitif.

Bersikap santai dan tidak menyudutkan

Agar anak mau jujur dan terbuka, anda tidak boleh  tegang dan terlalu kaku saat berkomunikasi dengan anak. Hal ini akan membuat anak anda terintimidasi dan sulit mengungkapkan hal yang sesungguhnya.

Selain itu, anda jangan pernah menyudutkan anak. Jadilah  orang dewasa yang berpikiran terbuka. Memang butuh kesabaran dan pengendalian diri yang baik. Namun dalam jangka panjang cara ini akan membuat hubungan anda dengan anak semakin akrab.

Hindari Pertanyaan Beruntun

Ketika anak sedang membicarakan masalahnya dengan kita, jangan menyela terlalu sering, apalagi memberikan pertanyaan yang beruntun kepada anak. Jangan membombardir anak dengan aneka pertanyaan yang membuat anak merasa tersudut.

Meski hal yang disampaikan anak mengecewakan, sebaiknya sebagai orang tua  mendengan dan mencari solusi agar anak anda eluar dari satu masalah.

Bertanya secara tersirat

Tips ini bisa dilakukan agar pertanyaan tidak terlalu frontal dan menimbulkan rasa takut bagi anak. Orang tua harus bisa mencari kata-kata yang baik untuk menanyakan sesuatu kepada anaknya, terutama hal-hal  yang sensitif.

Lebih banyak mendengarkan

Ketika anak ingin berbicara dengan anda, sebaiknya  berhenti sebentar dari kegiatan yang sedang dilakukan. Anda harus fokus mendengarkan curhatan sang bua hati. Hal ini penting agar anda bisa mencari solusi bagi mereka. Selain itu anak juga akan merasa nyaman karena mendapat perhatian dari orang tua.

Itulah beberapa tips dalam berkomunikasi dengan anak, agar hubungan menjadi lebih baik. Tentunya anda punya cara tersendiri dalam mendidik anak, termasuk dalam berkomunikasi. Ada yang santai, adapula yang tegas. Namun yang terpenting adalah anda harus mengenal karakter anak, sehingga bisa memilih pola komunikasi yang tepat. Jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan anak, agar anda tau apa yang ia mau.

Jika mengalami hambatan serius, sebaiknya menghubungi ahlinya, agar masalah anda dalam berkomunikasi dan menjalin keterbukaan dengan anak bisa terselesaikan dengan baik. (hlb/idn/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Malang mengajak masyarakat agar kembali ke koperasi dan menjauhi pinjaman online, karena membahayakan, Sedangkan koperasi adalah soko...

Pendidikan

Malang Post — Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memberikan Pelatihan HACCP untuk Ahli Gizi Rumah Sakit dan Katering....

Malang Raya

Malang Post –  Efek Bocil (Bocah Cilik). Kata itu sangat tepat menggambarkan situasi pariwisata di Kota Batu saat ini. Pasalnya setelah turun level Pemberlakuan Pembatasan...

Malang Raya

Malang Post — Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) merupakan bentuk kampanye nasional dalam mendorong pelaku UMKM untuk go digital. Meningkatkan kehadiran produk-produk lokal yang...

Malang Raya

Malang Post – Koramil Sukun turut mengikuti karya bakti warga Jalan Kemantren 1 gang Imam Bonjol, RT 08 RW 03, Kelurahan Bandungrejosari Sukun, Minggu...

Malang Raya

Malang Post – Masjid Khoirul Huda dengan kawalan Babinsa-Bhabinkamtibmas Sukun, menghelat sunatan gratis. Panitia sunatan gratis memusatkan acara di Jalan Simpang Sukun, RW 04...

Malang Raya

Malang Post  – Pendampingan dan pelatihan keuangan bagi pelaku UMKM sangat penting. Demi kemajuan usahanya, agar tetap stabil dan produktif. Karena itulah, PT Permodalan...

headline

Malang Post – Terbukti sudah, jika pinjol (pinjaman online) apalagi ilegal, bisa bikin stres hingga nekat bunuh diri. Ini akibat tak kuat dikejar-kejar debkolektor...