Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Tim LaDub Kaji Lima Dugaan Pelanggaran

Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad. (Foto: GIMAN/HARIAN DI’S WAY MALANG POST )

Malang – Tim Pemenangan paslon Bupati dan Wakil Bupati Malang nomor urut dua, Lathifah Shohib-Didik  Budi Muljono, bergerak cepat. Segera melakukan kajian terhadap beberapa dugaan pelanggaran Pilkada Kabupaten Malang 2020. 

Tim LaDub memiliki waktu tiga hari untuk menyampaikan permohonan sengketa ke Mahkamah Konstitusi terhadap hasil pleno KPU Kabupaten Malang. 

Baca Juga ----------------------------

“Tim saat ini sedang melakukan kajian mendalam. Terhadap beberapa indikasi dan temuan yang menandakan ada pelanggaran hukum selama proses pilkada,” ujar Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad. 

Pihaknya mencatat. Secara garis besar ada lima dugaan pelanggaran. Pertama, adanya dugaan penggunaan APBD Pemkab Malang untuk kepentingan petahana. 

“Sejauh kita tahu, paslon SanDi adalah petahana. Setelah kami telaah, APBD ada kenaikan anggaran sebesar 191 persen tahun ini. Termasuk dugaan instruksi kepada seluruh kepala desa. Untuk membuat surat pengajuan sepeda motor,” imbuh pria yang akrab disapa Gus Ali ini. 

Unsur kedua adalah mobilisasi Aparatur Sipil Negara Pemkab Malang. Agar memenangkan paslon SanDi. Sudah ditemukan banyak indikasi dan buktinya. Salah satunya, keterlibatan ASN dan Kepala Desa mengkoordinir pemberangkatan ziarah wali limo. Ujungnya dukungan untuk paslon SanDi. 

“Indikasi ketiga, penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan paslon Sandi. Ini sangat jelas terjadi. Kami punya banyak bukti,” imbuhnya. Indikasi keempat, dugaan operasi politik uang. Dilakukan terstruktur, sistematis dan masif. Hampir merata di seluruh Kabupaten Malang. 

“Indikasi terakhir, yang kami temukan adalah mempengaruhi netralitas penyelenggara Pilkada. Baik KPU dan Bawaslu,” ucap Gus Ali. 

Indikasi kelima ini, terjadi saat rekap hasil pemungutan suara. Pihaknya merasa dirugikan, karena hasil penghitungan tidak sesuai form C1. Itu terjadi di banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

“Semua unsur itu, akan kami pelajari serius dengan tim. Kami punya waktu 3 hari untuk melakukan gugatan PHPU. Nanti akan kami putuskan. Apakah berlanjut ke MK atau tidak,” tandasnya. 

Gus Ali juga berterima kasih kepada seluruh pihak, yang telah berjuang bersama. “Ucapan terimakasih pada seluruh tim pemenangan, DPC PKB dan Hanura, KH Marzuki Mustamar, Pak Sujud Pribadi, para tokoh, ibu-ibu muslimat, mbak-mbak Fatayat, para Kyai pengasuh pesantren dan santri, relawan, warga NU. Seluruh masyarakat yang telah menaruh harapan besar dan memilih Paslon Ladub,” terangnya.

Pihaknya tetap menghormati hasil pleno KPU Kabupaten Malang. Sebab, hal itu merupakan bagian dari demokrasi. 

“Intinya kami menghormati hasil pleno KPU Kabupaten Malang. Kami juga mengucapkan terima kasih. Karena Pilkada Malang selama ini berjalan lancar dan damai,” pungkasnya. (riz-jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

News

Malang Post — Bau busuk menyengat terjepit bebatuan karang pantai Jonggring Saloka, masuk Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Selasa (28/9/2021) pagi, warga pencari rumput...

Pendidikan

Malang Post – Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih Juara II Kompetisi Debat Hukum Online Nasional Dies Natalis 26th of Sharia Economic...

Pendidikan

Malang Post – MTsN 6 Malang bekerjasama dengan Kodim 0818 Malang-Batu, menggelar vaksinasi gratis. Sinergi bersama tenaga medis RS Mitra Delima dan PPNI (Persatuan...

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus  menarget segala lini.Kali ini Selasa, 28 September 2021, sejumlah kawasan menjalankan vaksinasi. Antara lain,...

Malang Raya

Malang Post – Sebagai upaya mendukung program percepatan vaksin yang dicanangkan pemerintah, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) hari ini menggelar vaksinasi massal. Sebanyak 2.500 dosis...

Pendidikan

Malang Post — Tidak hanya pembukaannya saja yang meriah, penutupan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga dipenuhi penampilan yang atraktif. Mulai...

Pendidikan

Malang Post — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, menyabet penghargaan Bupati Malang. Kategori Lembaga Pendidikan Integratif dengan Posyandu dan Keluarga...

News

Malang Post – Polresta Malang Kota, Senin (27/9/2021) siang, membeberkan minuman keras jenis arak Bali. Ini  hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021 dan Operasi Patuh Semeru....