Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Dibalik Manisnya Buah Nangka

Ilustrasi Buah Nangka. (ist)

Malang – Masyarakat Indonesia tentunya sudah akrab dengan buah nangka. Pasalnya buah bernama latin Artocarpus heterophyllus ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Di Malang misalnya, di kawasan Jalan Jakarta, Kawasan Sulfat hingga Blimbing, anda bisa menemukan pedagang yang menjajakan buah berwana kuning segar ini.   

Selain bisa langsung dikonsumsi, nangka juga bisa diolah menjadi kerupuk, hingga sajian pendamping nasi. Hal in karena kandungan nutrisi dalam nangka cukup banyak. Serat dalam nangka bisa mencapai 3 gr dalam 100 gram nangka.  Kandungan lain seperti  kalori mencapai 95 kalori,2 gram protein, dan 0,6 gram lemak, seperti dikutip dari Kompas.

Baca Juga ----------------------------


Nagka juga kaya akan vitamin, mineral, dan fitokimia, seperti berikut: vitamin C pyridoxine (vitamin B6) niacin (vitamin B3) riboflavin (vitamin B2) asam folat (vitamin B9) kalsium magnesium Kkalium fosfor.

Kandungan yang cukup banyak dan beragam ini membuat buah nangka memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi buah nangka dikutip dari berbagai sumber.

Meningkatkan imunitas dan membantu melawan kanker

Antioksidan dan zat fitonutrien yang terkandung dalam nangka dapat  melawan kanker, termasuk lignan, isoflavon, dan saponin. Antioksidan inilah yang kemudian bisa menetralkan radikal bebas, yang membantu melawan beberapa bentuk kanker.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskuler menyebabkan 17,6 juta kematian setiap tahunnya, berdasarkan data WHO. Ternyata buah nangka juga bisa mengatasi masalah ini. Nangka  mengandung kalium, yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 dosis sehat di dalam buah nangka akan membantu Anda mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Tak hanya itu, kandungan resveratrol pada nangka dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti iskemia, hipertensi dan aterosklerosis.

Memperbaiki sistem pencernaan

Bagi anda yang memiliki masalah sembelit, anda patut mempertimbangkan mengonsumsi buah nangka. Nangka mengandung banyak serat yang sangat diperlukan untuk memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, 90 persen buah ini adalah karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi pelaku diet, karena akan membuat perut kenyang lebih lama.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Kalsium inilah yang bisa didapat dengan mengonsumsi buah nangka. Degan pegitu, penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis bisa dicegah. Selain itu, Kandungan potasium dalam buah nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Bermanfaat untuk  penglihatan

Buah nangka mengandung banyak nutrisi yang mendukung kesehatan mata termasuk beta karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin. Beta karoten disintesis oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan mata, mendukung fungsi normal kornea, dan membran konjungtiva.

Membantu mengontrol kadar gula

Biji nangka biasanya juga diolah dengan cara direbus. Ternyata biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan. Biji nangka merupakan sumber pati serat makanan yang baik. Biji nangka yang direbus atau dikukus dan ditambahkan beberapa bumbu sederhana, menjadikan salah satu makan yang mengandung kadar glikemik yang rendah. Glikemik yang rendah tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

Membantu mengontrol diabetes

Buah nangka mengandung beberapa vitamin dan mineral yang akan membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes Anda. Ilmuwan yang mempelajari hubungan antara nangka dan diabetes menemukan bahwa pasien diabetes yang diberi ekstrak nangka telah memperbaiki toleransi glukosa dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ekstrak.

Secara umum memang nangka memiliki banyak khasiat. Namun pada kondisi tertentu, nangka juga memiliki efek samping. Bagi orang yang alergi lateks atau serbuk sari, sebaiknya hindari mengonsumsi nangka. Nangka juga berbahaya bagi penderita penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal akut, karena kandungan potasium yang tinggi. Orang dengan kondisi ini dapat mengalami hiperkalemia jika mengonsumsi banyak kalium. Hiperkalemia adalah penumpukan kalium dalam darah yang dapat menyebabkan kelemahan, kelumpuhan, dan serangan jantung.

Apabila anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya anda berkonsultasi dengan ahlinya, agar manfaat nangka benar benar bekerja di tubuh anda. (ald/kps/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pernah menjanjikan akan memberikan dana ekstra kepada 378 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang sebanyak...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Pendidikan

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar training of trainer (TOT) bagi guru PAUD.  Temanya:...

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

Pendidikan

Malang Post — Pengabdian kepada masyarakat, bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan seluruh dosen di Indonesia. Termasuk dosen Universitas Negeri Malang melalui Lembaga...