Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Vaksin Datang, 3M Tetap Jalan

BERDAMPINGAN: Dr. Ede Surya Darmawan menjadi pembicara bersama Abi Satria, penyintas Covid-19 dalam acara dialog produktif bertema Vaksin Datang, Tetap Disiplin 3M. (ist)

Malang – Kedatangan vaksin Covid-19, menjadi kabar baik bagi upaya pencegahan pandemi coronavirus disease. Meski pemerintah masih menunggu hasil evaluasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM). Untuk melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat.

Namun setelah nantinya pelaksanaan vaksinasi berjalan, masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta hindari kerumunan. Dengan cara itulah, Indonesia bisa cepat keluar dari pandemi Covid-19.

Baca Juga ----------------------------

‘’Benar. Vaksin itu upaya protektif terhadap penyakit spesifik. Beberapa virus dan bakteri di Indonesia, sudah lama kita lawan dengan imunisasi. Di Indonesia kita mengenal program imunisasi. Beberapa penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi bisa tereleminasi. Vaksin Covid-19 ini, diharapkan memiliki peran seperti itu nantinya,’’ ujar Dr. Ede Surya Darmawan SKM., MDM, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, dalam Dialog Produktif bertema: ‘Vaksin Datang, Tetap Disiplin 3M’. Diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), akhir pekan ini.

Vaksin itu, kata Dr. Ede, untungnya lebih banyak, daripada ketika harus sakit. Bukan hanya menelan biaya rata-rata Rp 184 juta per orang. Juga akan rugi karena tidak bisa produktif bekerja. Sejauh ini vaksin sebagai intervensi kesehatan masyarakat, dalam pencegahan penyakit menular, sudah terbukti efektif sejak lama.

‘’Sakitnya hanya karena ditusuk jarum suntik. Kemudian ada bengkak dan badan panas. Tapi itu tidak akan berlangsung lama. Kalau vaksinnya efektif, akan segera terbentuk antibodi. Kita akan kebal terhadap suatu penyakit yang spesifik,’’ ungkapnya.

Betapapun terpapar COVID-19 menjadi kerugian secara fisik dan mental seperti diceritakan

Sementara Abi Satria, Penyintas Covid-19 menuturkan, di hari ke enam dirawat di Wisma Atlet, tubuhnya menggigil karena demam. Meski AC sudah dimatikan.

‘’Pasca sembuh dari Covid-19, fisik sebenarnya sudah mulai membaik. Tapi secara mental masih kurang stabil. Aku masih takut keluar dan muncul di depan publik. Setelah aku konsultasikan, ternyata memang itu adalah dampak psikologis. Jadi bukan hanya terdampak pada fisik tapi juga mentalnya,’’ ujarnya.

Dia juga menyebut, penularan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Bisa jadi tertular dari benda-benda di sekitar kita. Masyarakat yang menganggap Covid-19 hanya konspirasi, kata dia, harus percaya kalau Covid-19 ini nyata. Yang selama ini belum percaya, mungkin karena belum pernah ada orang terdekatnya yang tertular Covid-19.

‘’Untuk semua masyarakat, yang masih abai dengan 3M, tolong jangan egois. Kita tidak pernah tahu, kapan bertemu dengan orang yang imunitasnya sedang rentan. Kita tidak pernah sadar, kita membawa virus kepada yang lebih tua atau muda. Jadi jangan egois dan patuhi protokol 3M,’’ pesannya.

Sedangkan untuk vaksin Covid-19, Dr Ede menambahkan, masyarakat sebaiknya menyambut vaksinasi, sebagai salah satu bentuk proteksi spesifik. Agar tidak tertular Covid-19.

‘’Tapi proses mendapatkan vaksin, masih membutuhkan waktu. Karena itu menjaga 3M itu bukan lagi pilihan. Tapi keharusan di situasi pandemi seperti ini. Bahkan khususnya untuk cuci tangan tidak boleh lepas. Tidak ada Covid-19 pun, kita harus terus cuci tangan,’’ tutup Dr. Ede. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Dahlan Iskan

Sudah 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja....

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Malang terus menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terdampak PPKM Level 4. Sabtu (24/7/2021), bansos disalurkan pada warga dua...

Dahlan Iskan

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 71 tahun (lahir 30 Desember 1949 di Palu)....

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...