Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Jaksa Sahabat Guru, Dampingi Pengelolaan BOS

KOLABORASI: Dinas Pendidikan Kota Batu dan Kejari sinergi dalam pengelolaan BOS. (DMP)

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu benar-benar ingin sentuh seluruh lapisan masyarakat Kota Batu. Sejak kepemimpinan baru yakni, Kajari Supriyanto. Kejari Batu telah melaunching berbagai program. Mulai dari Jaksa Jaga Desa, Jaksa Sahabat Media, Jaksa Sahabat Petani, kini giliran Jaksa Sahabat Guru. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Enny Rachyuningsih sangat mengapresiasi dengan adanya program itu. Hal itu dikarenakan, selama ini para tenaga pendidik selalu dibayang-bayangi kekhawatiran. Terutama dalam melakukan pengelolaan dana pendidikan. 

“Ini disebabkan karena terdapat keterbatasan pemahaman. Oleh para tenaga pendidik dalam mengelola anggaran. Karena sebenarnya tugas para guru adalah mendidik. Bukan melakukan pengelolaan keuangan,” ungkap Eny. 

Para guru yang berkutat di bidang pendidikan. Harus mendapat tugas administrasi mengelola anggaran. Di sisi lain mereka juga dituntut menjalankan tugas fungsionalnya. Sehingga konsentrasi mereka menjadi terbagi.

“Apalagi saat ini aturan dari pusat sangat dinamis. Sehingga dengan adanya aturan yang berubah-ubah ini membuat pihaknya khawatir. Apalagi saat ini penerimaannya langsung ditransfer ke rekening masing-masing sekolah,” jelasnya. 

Dijelaskan dia, anggaran yang diberikan beragam pada setiap jenjangnya, untuk BOSDA tingkat SD sebesar Rp 25 ribu per murid dan SMP sebesar Rp 35 ribu per murid. Selanjutnya, untuk BOS di tingkat SD sebesar Rp 900 ribu per murid dalam setahun. Sedangkan untuk murid SMP sebesar Rp 1,2 juta per murid dalam setahun.

“Selain itu setiap sekolah akan menerima akumulasi anggaran yang berbeda-beda. Ini karena disesuaikan dengan banyaknya murid penerima program tersebut,” katanya. 

“Terdapat beberapa alasan Korps Adhyaksa hadir di bidang pendidikan. Karena pemerintah telah memberikan perhatian besar terhadap bidang pendidikan. Salah satu perhatian itu tampak dari besarnya anggaran yang digelontorkan pemerintah dalam bidang pendidikan,” kata Kajari Supriyanto, kepada DI’s Way Malang Post, Jumat (11/12/2020). 

Selain itu, dalam bidang pendidikan juga merupakan salah satu basis fundamental. Dalam upaya  mencetak generasi bangsa yang berintegritas. Karena nilai yang terinternalisasi ini sangat dibutuhkan ketika kelak menjadi seorang pemimpin bangsa. 

“Dalam dunia pendidikan sangat berperan penting. Tak hanya mencerdaskan saja, namun juga mencetak peserta didik yang berintegritas,” ujar Supriyanto. 

Jaksa Sahabat Guru merupakan salah satu kolaborasi. Antara Dinas Pendidikan Kota Batu dan Kejari Batu. Dilaunchingnya program ini merupakan salah satu wujud Kejari Batu. Untuk berikan pendampingan kepada guru. Dalam hal pengelolaan keuangan. Pada tingkat satuan pendidikan. 

Itu dikarenakan pemerintah telah mengucurkan berbagai program bantuan dalam sektor pendidikan. Mulai dari bantuan operasional sekolah (BOS), bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA) maupun DAK fisik. Nilai bantuan yang dikucurkan juga bernilai sangat besar.

“Oleh sebab itu sangat diperlukan pendampingan serta pembinaan. Kepada pengelola keuangan di tingkat satuan pendidikan. Maka dari itu Kejari Kota Batu turut hadir. Berkontribusi dalam wilayah ini,” ungkapnya. 

Ini bertujuan, lanjut Supiyanto, agar on the track dan  tak menyimpang dari aturan yang ada. Pihaknya membuka diri serta menerima konsultasi agar tidak ada problematika hukum nantinya. 

Menurutnya, paradigma penegakan hukum tak hanya melulu pada aspek penindakan. Namun, asal muasal terjadinya potensi penyimpangan perlu diurai. Salah satunya melaui upaya pencegahan yang merupakan bagian dari penegakan hukum bersifat solutif. (ant/yan)

Click to comment

Leave a Reply

You May Also Like

headline

AMEG – Pelarangan mudik lebaran tahun 2021, mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021, berdampak besar pada sektor ekonomi pariwisata […]

Dahlan Iskan

AMEG – CHIN CHIN benar-benar wanita move on. Persis seperti judul tulisan saya. Yang sebanyak 50 seri itu. Yang dimuat […]

Pendidikan

AMEG – Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Aliansi Mahasiswa Brawijaya (Amarah) menyampaikan pernyataan sikap, mengkritisi sejumlah permasalahan di kampusnya. Sekitar […]

Malang Raya

AMEG – Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang  Dr Henry Praherdhiono berpesan. Saat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di […]

News

AMEG – “Pak di desa saya sampai bikin tenda sendiri. Swadaya. Banyak Pak di sini, ada anak-anak dan lansia. Di […]

News

AMEG – Tahap penerimaan berkas pendaftaran lelang jabatan terhadap 14 posisi kepala  perangkat daerah (PD) di Bondowoso telah berakhir. Berdasarkan […]

News

AMEG – Gugatan Citizen Law Suite (CLS) oleh warga Situbondo, Narwiyoto, atas keterlambatan pengesahan APBD 2021 dengan tergugat Pemkab, masih […]

headline

AMEG – Penasihat hukum terdakwa Rendra Kresna (Nomor Perkara 84/Pid.Sus-TPK/2020/PN Sby), Haris Fajar Kustaryo SH menegaskan, replik atau jawaban JPU […]

Malang Raya

AMEG – Sebanyak 182 santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor dan Universitas Darussalam Gontor, pulang ke Malang. Rombongan tiba di Terminal […]

Arema

AMEG – Tiga pertandingan terakhir, turnamen pramusim Piala Menpora 2021 Grup A, di Stadion Manahan, Solo, Arema tak hanya menghadapi […]

%d bloggers like this: