Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

BSU Sudah Tersalurkan 90 Persen

BATUAN: Reza Hafiz, staf khusus Kementerian Ketenagakerjaan dalam dialog sudah sampai mana implementasi BSU tahap 2, di Jakarta.( Foto: KPCPEN)

Jakarta – Hingga awal Desember 2020, pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dengan anggaran yang dikelola Kementerian Ketenagakerjaan, kembali menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU). Bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi para pekerja. Sekaligus membantu menggerakkan roda perekonomian nasional, lewat menjaga daya beli masyarakat, yang terdampak pandemi Covid-19.

‘’BSU ini merupakan upaya pemerintah, untuk menjaga daya beli dan konsumsi para pekerja atau buruh yang terdampak Covid-19. Pekerja yang menerima upah dan sudah didaftarkan oleh perusahaannya, merupakan para pekerja yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan,’’ terang Reza Hafiz, Staf Khusus Kementerian KetenagakerjaandalamDialog Produktif, yang diselenggarakan KPCPEN, Kamis kemarin.

Baca Juga ----------------------------

Kementerian Ketenagakerjaan, telah mamvalidasi kriteria penerima manfaat BSU ini secara teliti dan sahih. Basis datanya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Kriteria penerima manfaat BSU ini adalah WNI, pekerja anggota aktif jaminan sosial, yang dibuktikan dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, sampai bulan Juni 2020.

Kemudian memiliki upah/gaji di bawah Rp 5 juta. ‘’Selain itu, kita menjaga agar prosesnya langsung diterima penerima manfaat. Oleh karena itulah BSU ini kita transfer langsung ke rekening yang bersangkutan,’’ terang Reza Hafiz.

Penerima manfaat BSU ini, mencapai 12,4 juta jiwa dengan total anggaran yang direalisasikan Rp 29,7 triliun. Termin pertama pada periode September-Oktober 2020, telah terealisasi 98,8 persen.

‘’Artinya sudah 12,2 juta orang, yang bantuannya sudah terealisasikan. Sedangkan kini BSU telah mencapai tahap lima, termin kedua, pada periode November-Desember 2020. Sudah terealisasi ke 11 juta penerima manfaat atau 90 persen,’’ ujar Reza Hafiz.

Baca Juga ----------------------------

Demi menjaga transparansi, Kementerian Ketenagakerjaan telah menyampaikan pembaruan data penerima tiap minggunnya, Basis datanya, berdasarkan laporan bank.

‘’Semisal Bank Mandiri sebagai bank penyalur, dalam satu minggu menyalurkan 1 juta data penerima manfaat. Kita dapat datanya setelah selesai penyalurannya. Tapi bukan hanya bank Mandiri. Ada empat bank Himbara lainnya,’’ tutur Reza Hafiz.

Upaya transparansi juga dilakukan melalui proses pengawasan. Realisasi BSU ini, telah diawasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karenanya, data penerima manfaat BSU tidak diubah. Seperti yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan.

Reza Hafiz menambahkan, jika penerima bantuan telah meninggal dunia, BSU tetap dapat diterima oleh ahli waris sah. Selama rekeningnya masih aktif. Tinggal dilakukan pemindahbukuan ke ahli waris. 

Baca Juga ----------------------------

Kementerian Ketenagakerjaan mengharapkan, BSU terus berlanjut hingga tahun depan. Mengingat manfaatnya sangat besar dalam menjaga stabilitas perekonomian. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post – Februari adalah bulan yang sangat dinanti, karena terdapat momen spesial yang tepat untuk berkumpul bersama orang terkasih atau kerabat dekat. Disambut...

Kriminal

Malang Post —  Pasca membekuk tersangka curanmor, kini Resmob Polresta Malang mengeler mereka. Tujuannya untuk melacak komplotan lainnya. Proses penangkapannya, mendadak menyebabkan arus lalu...

Malang Raya

Malangpsot – Setelah melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat Kota Malang beberapa waktu lalu, kini Kodim 0833/Kota Malang menggelar vaksinasi kepada anggota dan ibu-ibu Persit Kartika...

headline

Malangpost – Senin pagi (24/1), Forkopimda Kota Malang meluncurkan Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan (Pamor Keris) di depan halaman Balaikota Malang. Ratusan personel bergabung...

headline

Malangpost – Bau tak sedap merebak lagi dari Pengadilan Negeri Surabaya. Belum kering borok yang dibongkar KPK atas tangkap tangan hakim Itong dan Panitera...

Dahlan Iskan

NAMA Melia kembali menghiasi langit ilmu pengetahuan Indonesia: dia berhasil membuat bensin dari kelapa sawit. Anda sudah tahu nama bensin baru itu: bensa –bensin...

headline

Malang Post —  Kecelakaan di Simpang Bengawan Solo Jl Panglima Sudirman Kota Malang kembali terjadi. Kali ini sebuah truk Mitsubishi Colt bernopol N 9065...

Wisata

Malang Post – Operator internasional terbesar diindonesia untuk Serviced Residence dan Hotel, The Ascott limited (Ascott) Jumat (21/1/2022) mengumumkan pembukaan properti terbarunya Shanaya Resort....