Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

BSU Sudah Tersalurkan 90 Persen

BATUAN: Reza Hafiz, staf khusus Kementerian Ketenagakerjaan dalam dialog sudah sampai mana implementasi BSU tahap 2, di Jakarta.( Foto: KPCPEN)

Jakarta – Hingga awal Desember 2020, pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dengan anggaran yang dikelola Kementerian Ketenagakerjaan, kembali menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU). Bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi para pekerja. Sekaligus membantu menggerakkan roda perekonomian nasional, lewat menjaga daya beli masyarakat, yang terdampak pandemi Covid-19.

‘’BSU ini merupakan upaya pemerintah, untuk menjaga daya beli dan konsumsi para pekerja atau buruh yang terdampak Covid-19. Pekerja yang menerima upah dan sudah didaftarkan oleh perusahaannya, merupakan para pekerja yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan,’’ terang Reza Hafiz, Staf Khusus Kementerian KetenagakerjaandalamDialog Produktif, yang diselenggarakan KPCPEN, Kamis kemarin.

Baca Juga ----------------------------

Kementerian Ketenagakerjaan, telah mamvalidasi kriteria penerima manfaat BSU ini secara teliti dan sahih. Basis datanya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Kriteria penerima manfaat BSU ini adalah WNI, pekerja anggota aktif jaminan sosial, yang dibuktikan dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, sampai bulan Juni 2020.

Kemudian memiliki upah/gaji di bawah Rp 5 juta. ‘’Selain itu, kita menjaga agar prosesnya langsung diterima penerima manfaat. Oleh karena itulah BSU ini kita transfer langsung ke rekening yang bersangkutan,’’ terang Reza Hafiz.

Penerima manfaat BSU ini, mencapai 12,4 juta jiwa dengan total anggaran yang direalisasikan Rp 29,7 triliun. Termin pertama pada periode September-Oktober 2020, telah terealisasi 98,8 persen.

‘’Artinya sudah 12,2 juta orang, yang bantuannya sudah terealisasikan. Sedangkan kini BSU telah mencapai tahap lima, termin kedua, pada periode November-Desember 2020. Sudah terealisasi ke 11 juta penerima manfaat atau 90 persen,’’ ujar Reza Hafiz.

Demi menjaga transparansi, Kementerian Ketenagakerjaan telah menyampaikan pembaruan data penerima tiap minggunnya, Basis datanya, berdasarkan laporan bank.

‘’Semisal Bank Mandiri sebagai bank penyalur, dalam satu minggu menyalurkan 1 juta data penerima manfaat. Kita dapat datanya setelah selesai penyalurannya. Tapi bukan hanya bank Mandiri. Ada empat bank Himbara lainnya,’’ tutur Reza Hafiz.

Upaya transparansi juga dilakukan melalui proses pengawasan. Realisasi BSU ini, telah diawasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karenanya, data penerima manfaat BSU tidak diubah. Seperti yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan.

Reza Hafiz menambahkan, jika penerima bantuan telah meninggal dunia, BSU tetap dapat diterima oleh ahli waris sah. Selama rekeningnya masih aktif. Tinggal dilakukan pemindahbukuan ke ahli waris. 

Kementerian Ketenagakerjaan mengharapkan, BSU terus berlanjut hingga tahun depan. Mengingat manfaatnya sangat besar dalam menjaga stabilitas perekonomian. (rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...

Pendidikan

Malang Post — Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memperpanjang waktu penerimaan mahasiswa baru hingga 30 September 2021 mendatang. Kabar perpanjangan waktu penerimaan mahasiswa baru ITN Malang...

Pendidikan

Malang Post — Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan kebijakan di sektor pertanian harus memiliki sudut pandang agribisnis policy. Dinilai sangat penting, utamanya...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mendukung Pemerintah memutus mata rantai penuebaran Covid 19, Kodim 0833/Kota Malang menggelar serbuan Vaksinasi Dosis 2, bertempat di gedung...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, terus menggeber kerjasama di berbagai bidang. Kali ini UIN Malang melebarkan sayapnya melalui...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang terus berupaya agar produk lokal go Internasional. Hal ini dilakukan untuk menggenjot penjualan produk lokal. Bupati Malang Drs HM...

Kriminal

Malang Post – Pelaku curanmor terus beraksi mencari sasaran di Kota Malang. Kali ini Jumat  (17/9/2021)  pelaku beraksi di depan warung Soto Cak Son Jl ...

headline

Malang Post – Satuan Reskrim Polresta Malang Kota, Senin (20/9/2021) siang, merilis hasil penyelidikan persoalan fetis mukena yang sempat viral beberapa saat lalu.  Didatangkan...