Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Sinovac 1,2 Juta Dosis Sudah Tiba

Presiden RI, Joko Widodo (Dok. Sekretariat Presiden)

Jakarta – Pemerintah telah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac, yang diuji secara klinis di Kota Bandung sejak Agustus lalu. Jumlah tersebut akan terus meningkat, seiring dengan kebutuhan penanganan pandemi di Indonesia.

‘’Hari ini (Minggu, Red.) pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin pencegah Covid-19. Vaksin ini buatan Sinovac, yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus lalu,’’ ujar Presiden Joko Widodo, sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga ----------------------------

Pemerintah juga tengah mengupayakan agar pada awal Januari 2021 mendatang, sebanyak 1,8 juta dosis vaksin lainnya bisa didatangkan. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah kabar gembira bagi masyarakat.

Selain vaksin dalam bentuk jadi, pada Desember ini juga, pemerintah akan mendatangkan 15 juta dosis vaksin, dalam bentuk bahan baku. Sementara Januari 2021 mendatang, sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku, yang nantinya akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin.

‘’Kita amat bersyukur alhamdulillah vaksin sudah tersedia. Artinya, kita bisa mencegah meluasnya wabah Covid-19. Tapi, untuk memulai vaksinasi, masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),’’ kata Presiden.

Kepala Negara menegaskan, seluruh prosedur ilmiah dalam rangka persiapan vaksinasi, harus dilalui dengan baik. Untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat, serta meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 tersebut. Nantinya, pertimbangan ilmiah serta hasil akhir uji klinis lah, yang akan menentukan kapan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan.

Selain itu, Presiden mengingatkan jajaran terkait, mengenai persiapan distribusi vaksin-vaksin tersebut ke daerah. Hal-hal pendukung seperti peralatan, sumber daya manusia, hingga tata kelola vaksinasi sangat penting untuk segera disiapkan.

‘’Kita tahu telah disiapkan sejak beberapa bulan lalu, lewat simulasi-simulasi di beberapa provinsi. Saya yakin, setelah diputuskan vaksinasi dimulai, semua sudah dalam keadaan siap,’’ tuturnya.

Namun, kondisi geografis Indonesia yang begitu besar dan terbentang luas, tak memungkinkan bagi pemerintah untuk melakukan vaksinasi secara serempak. Untuk itu, Presiden mengajak seluruh pihak, untuk tetap memantau dan mengikuti petunjuk serta informasi yang akan diberikan pemerintah.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengatakan, kedatangan vaksin Covid-19, merupakan momentum awal dari langkah nyata pemerintah, dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia.  ‘’Sekaligus menerjemahkan pernyataan Bapak Presiden, dimana keselamatan rakyat merupakan prioritas utama dalam penanganan Covid-19,’’ ujarnya.

Menurut Airlangga, melalui upaya testing, tracing dan treatment, serta memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, pelaksanaan vaksinasi merupakan upaya yang sangat penting dalam mengakhiri pandemi.

‘’Ketiga hal tersebut, 3T dan 3 M dan vaksinasi harus selalu berjalan bersamaan sampai kita semua di Indonesia, di seluruh dunia benar-benar lepas dari pandemi Covid-19,’’ tambah Airlangga.

Pengadaan vaksin ini sesuai dengan aturan presiden No.99 tahun 2020 dan diatur lebih lanjut dengan peraturan Menteri kesehatan No.98 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan dilengkapi dengan Keputusan Menteri Kesehatan no. 6587 Tahun 2020 Tentang Penugasan PT. Bio farma dalam Pengadaan Vaksin Covid-19 serta Keputusan Menteri Kesehatan No.9860 Tentang Penetapan Jenis Vaksin Covid-19. (* rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Tren kasus Covid klaster keluarga di Kota Malang, masih menunjukkan kenaikan setiap harinya. Bahkan hingga meninggal dunia, saat dijemput ambulans menuju ke rumah...

headline

Malang Post – Kasus kematian terpapar covid-19 di Kota Malang mengalami penurunan. Sementara warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) naik. Diharapkan melapor ke puskesmas demi...

News

Malang Post – Musibah menimpa seorang pemotor lansia. Setelah menyalip, ia serempetan. Rabu (22/7/2021) pagi di Jl Raya Damean, Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari. Sopir truk...

headline

Malang Post – Walikota Malang didaulat Gubernur Jawa Timur. Memaparkan progres pelaksanaan penanganan covid-19 di masa PPKM Darurat yang berganti menjadi PPKM level IV. ...

headline

Malang Post– Tiga warga di Kota Batu menerima ancaman pembunuhan. Ketiganya resmi melapor ke kepolisian Polres Batu, Rabu (21/7/2021).  Ketiganya selama ini berprofesi sebagai...

News

Malang Post – Tepat peringatan hari raya Idul Adha 1442, Selasa (20/7/2021) sejak pagi hingga siang. Terjadi kebakaran beruntun di empat titik sekaligus di Kabupaten...

Malang Raya

Malang Post – Peringati Idul Adha. Polres Malang, Selasa (20/7/2021) pagi, sembelih hewan kurban. Kali ini, prosesi pemberian tanpa antrian penerima. Disalurkan melalui perwakilan...

Malang Raya

Malang Post – Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menyalurkan puluhan ekor kambing kurban ke sejumlah...