Connect with us

Hi, what are you looking for?

Di's way

Musim Hujan, Begini Cara Merawat Jas Hujan Agar Awet

Aktris Nagita Slavina mengenakan jas hujan. (Foto : Instagram)

Malang – Saat  musim hujan seperti saat ini, jas hujan merupakan perlengkapan wajib bagi pengendara sepeda motor. Penggunaan  Jas hujan tentunya akan memastikan perjalanan anda tidak terganggu, ketika hujan turun.

Namun terkadang, Setelah memakai jas hujan banyak penguna yang membiarkanya begitu saja. Tak sedikit pula yang langsung menyimpan jas hujanya di bawah jok, padahal jas hujan belum sepenuhnya kering. Hal tersebut tentunya akan membuat jas hujan anda cepat rusak.

Tentunya  merawat jas hujan sangat perlu dilakukan agar  lebih tahan lama, selalu siap saat ingin dipakai, dan nyaman digunakan. Nah, bagaimana caranya merawat jas hujan yang baik? Berikut, beberapa tips yang dilansir dari berbagai sumber .

Bersihkan Jas Hujan Setelah Dipakai

Setelah menggunakan jas hujan, anda sebaiknya membersihkannya terlebih dahulu. Air yang masih menempel bisa membuat jas hujan terlihat kotor dan kusam. Bisa saja percikan air kotor yang menggenang di jalanan menempel di jas hujan yang digunakan. Membersihkan jas hujan berbahan karet cukup dengan dilap menggunakan kanebo yang sudah dibasahi air bersih, karena pori-pori karet sangat kecil sehingga tidak mudah menyerap air. Untuk jas hujan plastik, bilas terlebih dahulu dengan air bersih sebelum dilap.

Keringkan dengan Cara Diangin-angin

Jangan sekali-kali menjemur jas hujan yang basah di bawah terik sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat merusak  merusak bahan jas hujan. Jadi mengeringkan jas hujan cukup dengan  diangin-anginkan di teras rumah atau tempat lain yang tidak terpapar matahari langsung.

Lipat Jas Hujan Mengikuti Lipatan Pabrik

Setelah jas hujan kering, sebaiknya dilipat mengikuti lekuk lipatan bawaan pabrik. Jangan melipatnya terlalu kecil karena bisa merusak ritsleting dan juga karet pelindung jahitan.

Jangan Simpan di Bawah Jok Motor

Menyimpan jas hujan di bawah jok sangat sering dilakukan, karena dinilai lebih praktis. Namun, ternyata. bagasi motor yang panas bisa merusak bahan jas hujan. Sebaiknya simpanlah  jas hujan di tas yang anda gunakan untuk beraktivitas. Apabila menyimpan di bawah jok menjadi satu-satunya pilihan, sebaiknya menyertakan tas jas hujanyang didapat  saat anda membelinya. Pastikan pula jok dalam kondisi bersih.

Membersihkan Jas Hujan Yang Berjamur

Kondisi jas hujan yang langsung disimpan dalam keadaan basah tentunya bisa menyebabkan jas hujan ditumbuhi jamur. Nah, apabila jas hujan Anda kotor karena jamur, anda bisa membersihkanya dengan  rendaman air hangat yang sudah diberi perasan jeruk lemon. Sifat asam jeruk bisa merontokkan jamur dan aman untuk bahan plastik maupun karet. Anda juga bisa membeli ekstrak jeruk lemon di toko bahan makanan. Di toko bahan makanan, ekstrak ini biasa disebut dengan sitrun, atau nama ilmiahnya citric acid.(viv/dtk/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Ameg

Malang – Berkendara di musim hujan tentunya membutuhkan kehati-hatian ekstra. Khususnya bagi pengendara roda dua (R2) atau sepeda motor. Kondisi kendaraan yang tidak prima,...