Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Tangkap Menteri, Jangan ‘Masuk Angin’

Trubus Rahadiansyah, Analis Kebijakan Publik Universitas Trisakti (ist)

Analis kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengapresiasi KPK atas penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Menurut Turubus, penangkapan tersebut mengindikasikan KPK masih memenuhi harapan publik terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia. 

———————————————————–

Baca Juga ----------------------------

”KPK mulai menunjukkan taringnya kembali. Karena selama ini, sejak keluarnya revisi UU KPK baru yang banyak digugat masyarakat, ada kesan melemahkan KPK,” ungkap Trubus, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, sejumlah pihak sempat meragukan KPK. Tidak dapat bekerja dengan optimal atas revisi UU KPK tersebut.

Namun dengan kasus penangkapan menteri kelautan dan perikanan ini, KPK membuktikan.  Bahwa kinerjanya tidak dapat dilemahkan. Seperti yang diragukan oleh banyak kalangan.

”Kita mengapresiasi kinerja Pak Firly (Ketua KPK Komjen Firli Bahuri.red) dan kawan-kawan. Masih memiliki semangat juang tinggi untuk memberantas korupsi. Karena memang di Indonesia ini, dari hari ke hari korupsi makin merajalela,” paparnya.

Ia mengapresiasi KPK yang berani menangkap tersangka korupsi sekelas menteri. Sebab sebelumnya, KPK hanya banyak menangkap koruptor pada level kepala daearah.

”Ini sebuah rekor atau prestasi. Sejak revisi UU KPK di bawah kepemimpinan Pak Firly,” ujarnya.

Penangkapan ini, mengindikasikan masih tingginya dugaan korupsi di lingkaran kabinet Presiden Jokowi jilid II. Ini juga diungkap Trubus.

”Ini ‘kan fenomena gunung es. Kemungkinan banyak menteri-menteri  (pejabat negara.red) yang ’asyik’ selama pandemi covid-19. Melakukan korupsi. Hhampir tidak terendus oleh publik (aparat). Karena publik (aparat) selama ini lebih memikirkan terdampak covid,” ungkapnya.

Kondisi pandemi ini, merupakan kesempatan bagi oknum pejabat negara untuk korupsi. Karena dianggap lepas dari pengawasan.

”Tapi di sini, KPK mengambil peran yang cukup bagus. Karena berani menangkap OTT (Menteri Edhy Prabowo),” ujarnya.

Namun, ia berharap bahwa kasus korupsi kali ini harus dituntaskan. Jangan sampai kasusnya tidak berlanjut atau putus di tengah jalan.

”Jangan sampai ’masuk angin’-lah. Apalagi yang ditangkap ini ‘kan orang partai politik. Sangat kuat lah posisinya di pemerintahan,” tegasnya.

Hormati Proses Hukum

“Kita menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK. Saya percaya KPK bekerja transparan, terbuka dan profesional,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Rabu (25/11/2020).

Jokowi yakin, KPK bekerja secara profesional dan transparan. Dia juga menegaskan dukungan pemerintah terhadap upaya pemberantasan korupsi.

“Pemerintah konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi,” ujar Jokowi.

Edhy Prabowo bersama sejumlah orang lainnya ditangkap KPK pada dini hari tadi. Salah satu yang ikut ditangkap yaitu istri Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi yang merupakan anggota Komisi V DPR.

Sejumlah orang yang ditangkap kemudian dibawa ke gedung KPK dini hari tadi. KPK mempunyai waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status Edhy Prabowo dkk. Saat ini mereka yang ditangkap masih berstatus terperiksa. (idp/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...

headline

Malang Post – Anggota Komisi I DPR RI dapil Malang Raya, Kresna Dewanata Phrosakh menanggapi persoalan tersebut. Menurutnya,Jika dinilai dari sisi historis Kabupaten Malang...

headline

Malang Post — Tersangka pembunuh Ratna Darumi (56) warga Jl Emprit Mas, RT 04/RW 10, Kelurahan/Kecamatan  Sukun, Kota Malang telah ditetapkan Polresta Malang Kota. Pelaku...

Malang Raya

Malang Post – Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan  Edy  Jarwoko, memberi apresiasi pada FKUB Kota Malang yang menggelar dialog umat beragama di Hotel Tugu...

Malang Raya

Malang Post – Guna kelancaran kegiatan Vaksinasi di wilayah Kota Makang, TNI/POLRI dan Tim Satgas Covid-19 Kota Malang melaksanakan pengamanan dan pemantauan jalannya vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Upaya untuk  menanggulangi dan menekan  penyebaran Virus Corona (Covid-19)  di wilayah Kecamatan Sukun terus dilaksanakan. Kali ini Forkopimcam Sukun mengadakan Rakor...

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus berlanjut. Kali ini lokasi vaksinasi bertempat di Yayasan Sekolah Al Irsyad Jalan Arif Margono...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...