Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Kota Batu Siapkan Vaksinator.

Kartika Trisulandari, Kadinkes Kota Batu.(Dok ameg.tv)

Batu – Pemerintah pusat belum memberikan kepastian tanggal, terkait vaksinasi pada tahun 2021 mendatang. Tapi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim, terkait tahapan yang harus dilakukan, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Untuk kesuksesan dan kelancaran vaksinasi itu, Dinkes telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk vaksinasi. Persiapan itu berupa pelatihan. Seperti cara menyuntikan vaksin, serta hal-hal lain yang juga berkaitan dengan vaksinasi. 

Baca Juga ----------------------------

Yang membuat lega, jumlah vaksinator di Kota Batu, dinilai cukup untuk melaksanakan vaksinasi. Ini karena, perawat dan bidan bisa melakukan vaksinasi. Serta masyarakat juga tak dipungut biaya, saat melakukan vaksinasi. Pernyataan itu, diucapkan langsung Kadinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari. 

Meski sudah ada kabar akan dilakukan vaksinasi, Kartika mengimbau, masyarakat tetap disiplin dalam menjaga protokol kesehatan. Menurutnya, Covid-19 adalah virus yang mutasinya unik. Berdasarkan data Covid-19 di Kota Batu, menunjukan angka kematian cukup tinggi. Sedangkan angka penambahan cukup stabil.

‘’Vaksinasi tak ditunda. Hanya saja harus lebih mematangkan langkah selanjutnya. Setelah pendataan penerima vaksin Covid-19 di Kota Batu,’’ ujarnya. 

Lanjut dia, tak ada penundaan jadwal vaksinasi. Namun masih menunggu tahap selanjutnya dari pusat, setelah proses pendataan penerima vaksin. Pada proses pendataan ini, Dinkes Kota Batu bekerjasama dengan Dispendukcapil Kota Batu. 

Dinkes Kota Batu menargetkan 80 persen penduduk berusia 18-59 tahun, menerima vaksin Covid-19. Dinkes Kota Batu menyusun prioritas kelompok penerima vaksin. Terdiri dari TNI/POLRI, tokoh masyarakat, tenaga pendidik, masyarakat umum dan ASN. Kelompok itu  diklaim sebagai kelompok beresiko. 

‘’Dalam RAPBD 2021, kami telah mengajukan angaran Rp 2,9 miliar. Anggaran itu akan kami alokasikan untuk pengadaan jarum suntik, APD, serta berbagai macam perlengkapan penunjang lainnya,’’ kata Kartika. 

Meski telah melakukan pendataan, Dinkes Kota Batu belum mengetahui jatah yang di dapat Kota Batu dari Pemerintah Pusat. Selain itu, pihaknya juga belum bisa memastikan vaksinasi dilakukan pada bulan Maret 2021.

‘’Hal ini dikarenakan, masih menunggu review uji coba vaksin Covid-19 tahap ke tiga. Hasil dari uji coba itu diperkirakan akan keluar pada bulan Januari 2021 mendatang,’’ beber Kartika. 

Berdasarkan dari hasil review tersebut, bisa diketahui apa perlu penyempurnaan melalui uji coba ulang, atau sudah dinyatakan aman dan mutu terjamin. Sehingga bisa didistribusikan ke daerah-daerah.

‘’Jika dinyatakan aman, bisa dilakukan pabrikasi oleh Biofarma kemudian didistribusikan. Pakai vaksin Sinovac,’’ pungkasnya. (ant/rdt)

>>>>Simak Video HKN Kota Batu Ke 56

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Malang terus menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terdampak PPKM Level 4. Sabtu (24/7/2021), bansos disalurkan pada warga dua...

Malang Raya

Malang Post – Tren kasus Covid klaster keluarga di Kota Malang, masih menunjukkan kenaikan setiap harinya. Bahkan hingga meninggal dunia, saat dijemput ambulans menuju ke rumah...

headline

Malang Post – Kasus kematian terpapar covid-19 di Kota Malang mengalami penurunan. Sementara warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) naik. Diharapkan melapor ke puskesmas demi...

Malang Raya

Malang Post – Kematian akibat Covid belakangan ini meningkat. Ternyata, tidak hanya meninggalkan cerita pilu. Bisa dilihat dari tingginya angka kematian berbanding lurus dengan pesanan...

Malang Raya

Malang Post – Pemandangan berbeda nampak di kawasan Alun-alun Kota Batu. Selama PPKM Darurat, hingga kini menjadi Level 4. Kawasan tersebut dilakukan sterilisasi. Sehingga sepi...

News

Malang Post – Musibah menimpa seorang pemotor lansia. Setelah menyalip, ia serempetan. Rabu (22/7/2021) pagi di Jl Raya Damean, Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari. Sopir truk...

headline

Malang Post – Walikota Malang didaulat Gubernur Jawa Timur. Memaparkan progres pelaksanaan penanganan covid-19 di masa PPKM Darurat yang berganti menjadi PPKM level IV. ...

headline

Malang Post– Tiga warga di Kota Batu menerima ancaman pembunuhan. Ketiganya resmi melapor ke kepolisian Polres Batu, Rabu (21/7/2021).  Ketiganya selama ini berprofesi sebagai...