Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Bangun Entrepreneur Milenial Lewat Pembelajaran Business Model Canvas Dimasa Pandemi

Foto : Joffa / ameg.id

Malang – Dikala pandemi Covid-19, MTsN 6 Malang terus melahirkan berbagai inovasi dalam kegiatan pembelajaranya. Kali ini pembelajaran dilakukan dengan pendekatan tematik melalui Business Model Canvas, untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur pada siswa di era milenial (18/11).

Para siswa nampak begitu antusias mengikuti pembelajaran tematik yang dipandu langsung oleh  guru mereka melalui aplikasi zoom.

“Pembelajaran ini sangat menyenangkan karena kami belajar menjadi entrepreneur milenial terutama dimasa pandemi. Jadi bisa untuk menambah uang jajan selama pembelajaran daring” ungkap Dini, siswa 9F,  Rabu (18/11).

Dalam pembelajaran kali ini,  siswa melakukan diskusi secara daring untuk menemukan ide dan membuat rancangan Business Model Canvas. Rancangan tersebut ditulis pada tabel Business Model Canvas yang memuat key partners, activities, value proposition, customer relationship, hingga cost structure. Setelah menuangkan ide di canvas, siswa melakukan proses produksi makanan ringan berbahan dasar kearifan lokal yaitu pisang,  hingga melakukan pemasaran produk lewat media sosial dan mengantar produk tersebut ke konsumen.

Kepala MTsN 6 Malang,  Sutirjo, berharap model pembelajaran yang diterapkan, dapat memberikan pengalaman belajar kewirausahaan secara langsung bagi siswanya, untuk menyiapkan generasi wirausaha yang mandiri .

“Penggunaan Bisnis model canvas ini ditujukan untuk mempermudah siswa merencanakan sebuah usaha yang cocok dikembangkan sebagai salah satu upaya meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga di masa pandemi. Selain sebagai sumber belajar siswa dan produksi, sekaligus memberikan pengalaman belajar kewirausahaan secara nyata. Diharapkan melalui kegiatan bisnis model canvas ini dapat mempersiapkan wirausahawan yang mandiri dimasa depan” ungkap Sutirjo. 

Lebih lanjut,  kegiatan tematik ini dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga melalui UMKM yang dimulai dari skala kecil terlebih dahulu, yaitu mulai dari kalangan siswa. (jof/anw)

>>>>>> Selengkapnya di YouTube ameg.tv : ( Rabu/ 15.00)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Advertorial

*Dr Ir Bambang Sugiyono Agus Purwono MSc, Politeknik Negeri Malang Ruang terbuka hijau/RTH (Green Open Space/GOS) merupakan area yang terdiri dari tanaman rumput-rumputan, tanaman...

Di's way

Analis kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengapresiasi KPK atas penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Menurut Turubus, penangkapan tersebut mengindikasikan KPK masih...

Di's way

Malang – Jika Goran Gancev, pemain asal Northern Macedonia, merupakan bek tengah asing terbaik Arema sepanjang perhelatan Liga Indonesia 2008-2020, maka Hamka Hamzah lah...

Di's way

Malang – Majelis Ulama Indonesia menyesalkan terjadinya kerumunan massa, yang memperbesar risiko penularan Covid-19 dan menyerukan kasus serupa tidak terulang. Wasekjen MUI, Nadjamuddin Ramly...