Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Gelar Ke -7 Hamilton Setelah Menang Formula 1 2020.

Lewis Hamilton Juara Dunia Formula 1 2020 (Foto : Formula 1)

Malang – Lewis Hamilton keluar sebagai juara dunia Formula 1 2020 usai menang Grand Prix Turki 2020 di Sirkuit Intercity, Minggu (15/11). Gelar juara dunia tahun ini, sekaligus menjadi gelar ketujuh sepanjang kariernya.

Dalam balapan yang berlangsung di Istanbul Park Circuit, Lance Stroll yang meraih pole position tetap di urutan pertama usai start. Max Verstappen mengalami start yang lambat dan harus kehilangan posisi kedua. Sergio Perez yang sebelumnya di posisi kedua menggeser Verstappen yang turun ke tempat kelima. Sementara itu, Pembalap Mercedes Lewis Hamilton yang start dari posisi keenam langsung melesat ke posisi ketiga.

Balapan yang berlangsung dalam trek basah, membuat para driver kesulitan. Baru saja memulai balapan, rekan setim Hamilton Valtteri Bottas mengalami insiden dengan dua pembalap Renalut di tikungan pertama. Peristiwa itu membuat Bottas melanjutkan balapan dari posisi ke-18 dan bisa menutup peluangnya juara di musim ini.

Hamilton melebar di tikungan 10 dan masuk ke run-off. Sebastian Vetter dan Verstappen memanfaatkan kondisi itu untuk memperbaiki posisi. Lance Stroll masih kukuh di posisi terdepan, diikuti Sergio Perez, Max Verstappen, Sebastian Vettel, dan Hamilton di posisi lima besar.

Posisi pun berubah. Di lap ke-11, Verstappen berada di urutan terdepan. Albon, Stroll, Perez, Vettel, dan Hamilton menyusul setelahnya.Verstappen akhirnya masuk ke pit di lap ke-12. Albonpun  mengisi posisi terdepan.  Sedangkan di lap ke-13, Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) harus berhenti karena masalah teknis. Sebelum balapan, mobilnya diketahui sempat mengalami crash saat bergerak ke grid. Tak hanya itu, Albon juga ikut masuk ke-pit. Stroll meengambil urutan terdepan, diikuti Perez, Verstappen, dan Vettel. Albon kembali ke trek dengan berada di urutan kelima.

Di lap 16. Hamilton terkendala masalah rem saat mencoba melewati Vettel. Alexander Albon pun memanfaatkan momen itu untuk  menyalip.

Nasib buruk dialami Verstappen yang kehilangan posisi ketiga usai keluar jalur saat ingin melewati Perez. Albon kembali memperbaiki posisinya ke peringkat ketiga. Posisi tiga besar saat ini diisi Stroll, Perez, dan Albon.

Verstappen mengalami spin di lap ke-18. mobilnya justru berputar saat Ia ingin menyalip Perez. Posisinya terus anjlok, hingga di  lap ke-20 ia berada di urutan delapan.

Hal menarik terjadi di lap 37, saat Hamilton mengudeta posisi terdepan dalam balapan setelah Stroll mengalami masalah mesin dan melewati Perez . Stroll lalu mencoba melewati Vettel di beberapa lap berikutnya, akan tetapi gagal dan melebar. Charles Leclerc yang melihat peluang tersebut langsung menyalip dan berada di posisi ketiga.

Vettel menyalip Leclerc di lap 51. Perubahan terjadi di posisi tiga besar: Hamilton, Perez, dan Vettel. Hingga lap ke-58 yang menjadi putaran pamungkas, Hamilton tak mampu dibendung. Ia finis terdepan, diikuti oleh Perez. Vettel berhasil menyalip Leclerc di lap terakhir dan finis di posisi ketiga.

Tidak ada perubahan lagi di posisi tiga besar pada sisa balapan. Hamilton jadi pemenang di F1 GP Turki diikuti Sergio Perez, dan Sebastian Vettel.(cnn/anw)

Berikut adalah hasil F1 GP Turki 2020 :

1. Lewis Hamilton 1 jam 42 menit 19,313 detik


2. Sergio Perez +31,633


3. Sebastian Vettel +31,960


4. Charles Leclerc +33,858


5. Carlos Sainz +34,363


6. Max Verstappen +44,873


7. Alexander Albon +46,484


8. Lando Norris +61,259


9. Lance Stroll +72,353


10. Daniel Ricciardo +95,460

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Advertorial

*Dr Ir Bambang Sugiyono Agus Purwono MSc, Politeknik Negeri Malang Ruang terbuka hijau/RTH (Green Open Space/GOS) merupakan area yang terdiri dari tanaman rumput-rumputan, tanaman...

Di's way

Analis kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengapresiasi KPK atas penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Menurut Turubus, penangkapan tersebut mengindikasikan KPK masih...

Di's way

Malang – Jika Goran Gancev, pemain asal Northern Macedonia, merupakan bek tengah asing terbaik Arema sepanjang perhelatan Liga Indonesia 2008-2020, maka Hamka Hamzah lah...

Di's way

Malang – Majelis Ulama Indonesia menyesalkan terjadinya kerumunan massa, yang memperbesar risiko penularan Covid-19 dan menyerukan kasus serupa tidak terulang. Wasekjen MUI, Nadjamuddin Ramly...