Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Senyum Manis Tempat Wisata

Harian DI’s Way Malang Post

Batu – Para pelaku usaha pariwisata di Kota Batu bisa tersenyum manis. Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19, long weekend kemarin benar-benar menjadi berkah bagi mereka. Betapa tidak, Kota Wisata Batu (KWB) diserbu puluhan ribu pengunjung. Destinas-destinasi wisata pun panen pengunjung.

Para pengunjung datang dari berbagai daerah di Jatim dan luar Jatim. Mereka tetap mentaati protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 seperti yang telah diwajibkan masing-masing tempat wisata. Bermasker, selalu cuci tangan, jaga jarak, dilakukan para pengunjung.

Bahkan, petugas keamanan yang selalu keliling di lapangan mengingatkan jika ada pengunjung yang menurunkan masker di bawah hidung. Mereka yang tidak pakai masker dilarang masuk. “Kami ikuti aturan dari petugas tempat wisata. Tujuannya baik, agar para pengunjung aman. Tidak sampai tertular Covid-19 begitu usai dari tempat wisata,” ujar Cahyono, seorang pengunjung. 

Terkait jumlah kunjungan, asa Jatim Park (JTP) Grup untuk pecahkan rekor kunjungan akhirnya terlampaui dengan mulus. Manager Marketing JTP Group, Titik S Ariyanto, mengungkapkan bahwa pengunjung long weekend pada minggu lalu mengalami kenaikan dibanding long weekend pada bulan Agustus lalu. 

Jika di bulan Agustus lalu pengunjungnya hanya berkisar di angka 3.000 wisatawan, di long weekend minggu lalu angka itu terlampaui sangat jauh. “Untuk long weekend kemarin, all JTP group mampu memperoleh kunjungan lebih dari 10 ribu wisatawan,” ungkap Titik. 

Meski ada lonjakan pengunjung serta terdapat pembatasan kapasitas sebanyak 50 persen karena pandemi, lanjut Titik, tak sampai ada penumpukan pengunjung. “Semuanya berjalan lancar,” jelasnya. 

Diungkapkan Titik, mengenai puncak pengunjung yang datang di wahana milik JTP Group, tertinggi pada hari Kamis (29/10) dan Sabtu (31/10). Tak lupa ia juga menyampaikan harapan terbaiknya untuk kelangsungan industri pariwisata. “Semoga ke depannya industri pariwisata bisa segera pulih lagi seperti saat sebelum ada pandemi Covid-19. Agar roda ekonomi bisa berputar sempurna lagi,” ujar Titik. 

Suasana serupa terjadi di Taman Rekreasi Selecta Kota Batu. Libur panjang kemarin benar-benar membuat destinasi wisata ini panen wisatawan. Meski semuanya harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) pandemi Covid-19.  “Ada peningkatan pengunjung. Peningkatannya hampir sama pada long weekend sebelumnya. Kurang lebih wisatawan yang berkunjung pada long weekend minggu lalu lebih dari 1.000 wisatawan setiap harinya,” ujar Sujud Hariadi. 

Dikatakan Sujud puncak kunjungan terjadi pada hari Sabtu (31/10). Namun sehari sebelumnya yakni pada Jumat (30/10), pengunjung tak begitu padat. “Untuk pengunjung yang masuk ke Selecta, rata-rata mereka hanya berjalan-jalan sembari menikmati makanan saja,” jelasnya. 

Menurutnya, saat ini omsetnya memang masih belum stabil. Namun, pada intinya hal itu sudah mampu menggerakkan roda bisnis. “Yang terpenting dan paling utama adalah para karyawan ada penghasilan terlebih dahulu,” pungkas Sujud.(ant/ekn) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

headline

Akhirnya terjawab. Kondisi Sutiaji, Walikota Malang yang beberapa hari tak hadir dalam beberapa giat. Padahal Pak Aji, selalu hadir di tengah masyarakat. Ia selalu...

headline

Balai Kota Malang mulai Senin (30/11) juga diberlakukan kebijakan pembatasan sosial. Bentuknya berupa work from home (WFH) bagi para ASN. Terutama yang reaktif dan komorbid....

headline

Aktifitas Gunung Semeru, Selasa (1/12/2020) dilaporkan sedikit mereda. Meskipun begitu, dua titik pengungsian yang sudah dibangun, diupayakan untuk tetap beroperasi. Saat ini ada dua...

Di's way

Malang  – Melihat dan melahirkan senyuman bahagia. Itulah sisi kecil yang diupayakan komunitas motor tua ini. Mayoritas anggotanya adalah pengusaha konter Kota Malang yang tidak...