Oleh : Akhmad Muwafik Saleh
Malang-Post – Mungkinkah ada perdamaian di Timur Tengah dan mungkinkah pula Israel dapat berdamai dengan Palestina?. Jika pertanyaan ini dijawab dengan sebuah pendekatan idealis kemanusiaan, maka jawabannya adalah “mungkin”.
Kita semua tentu berharap. Ada perdamaian di bumi Palestina serta sebuah harapan zionist Israel bersedia bersadar diri. Merubah perilaku politiknya untuk turut membangan perdamaian atas dasar nilai kemanusiaan.
Sekalipun dalam fakta sejarah bumi Palestina pernah mengalami kedamaian, antara Islam, Yahudi dan Kristen. Pada masa itu, bisa hidup dalam suasana damai saat masih berada di bawah kekuasaan kekhilafahan Islam. Sejak kunci kota itu, diberikan kepada khalifah Umar bin Khattab hingga dibawah kekhilafahan Turki Usmani di bawah kepemimpinan Sultan Abdul Hamid II.
Apabila kita membuka lembaran sejarah dan fakta di lapangan pasca keruntuhan kekhilafahan Turki Usmani. Sebenarnya upaya perdamaian ataupun negosiasi jalan damai di Palestina hanya sebuah ilusi belaka. Khususnya semenjak dijajah zionis Yahudi Israel yang amat kejam. Tanpa perikemanusiaan serta selama mereka juga tidak merubah perilaku dirinya dalam memandang tanah Palestina, Yerussalem ataupun Al Quds. Di sinilah sumber masalah utamanya.
Dalam nubuwat kenabian, sebenarnya terdapat sebuah pesan implisit. Konflik Palestina-Israel tidak akan pernah selesai selamanya. Jalan damai tidak akan pernah ada. Artinya, konflik di bumi Syam Palestina dengan zionis Yahudi Israel ini, adalah konflik abadi. Mari kita perhatikan hadist nabi berikut:
لاَ تَزَالُ طَاِئفَةٌ مِنْ أُمَّتِيْ عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِيْنَ لِعَدُوِّهِمْ قَاهِرِيْنَ.لاَيَضُرُّهُمْ مَنْ خَالَفَهُمْ إِلاَّ مَا أَصَابَهُمْ مِنَ اْلأَوَاءِ حَتَّى يَأْتِيَهُمْ أَمْرُ اللهِ وَهُمْ كَذَالِكَ.قَالُوْا : ياَ رَسُوْلَ اللهِ وَأَيْنَ هُمْ؟ قَالَ: بَيْتُ الْمُقَدَّسِ وَأَكْنَافِ بَيْتِ الْمُقَدَّسِ
“Akan senantiasa (selamanya) ada sekelompok dari umatku kelompok yang selalu menolong kebenaran atas musuh mereka, orang-orang yang yang menyelisihi mereka tidak akan membuat mereka goyah kecuali orang yang tertimpa cobaan, sampai datang kepada mereka janji Alloh SWT. Mereka bertanya, “Wahai Rasululloh di manakah mereka?” Beliau menjawab, “Baitul Maqdis dan sekitar Baitul Maqdis.” (HR. Imam Ahmad).
Hadits ini memberikan gambaran bahwa konflik di Palestina bersifat abadi. Sebagai sebuah ujian bagi kaum mukminin. Siapa saja yang mendukung perjuangan ini, dalam apapun bentuknya (fisik, donasi dan sebagainya) maka mereka adalah bagian dari kelompok yang disebutkan oleh Nabi Saw.
Solusi atas konflik ini pun juga telah disebutkan dalam hadits Nabi. Yaitu, teruslah berjuang untuk Palestina. Hingga datangnya kekhilafahan yang akan dipimpin Imam Mahdi. Karena tempat tersebut, sebagai ujian keimanan bagi kaum muslimin. Perhatikan hadist nabi berikut:
عن مجاهد عن ابن عباس قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أول هذا الأمر نبوة ورحمة ثم يكون خلافة ورحمة ثم يكون ملكاً ورحمة ثم يكون إمارة ورحمة ثم يتكادمون عليه تكادم الحمر فعليكم بالجهاد وإن أفضل جهادكم الرباط وإن أفضل رباطكم عسقلان
“Permulaan dari perkara Islam ini, adalah kenabian dan rahmat. Kemudian tegaknya khilafah dan rahmat. Kemudian berdiri kerajaan dan rahmat. Kemudian berlaku pemerintahan (kerajaan kcil-kecil) dan rahmat. Kemudian orang-orang memperebutkan kekuasaan seperti kuda-kuda yang berebut makanan. Maka (pada saat seperti itu), hendaklah kalian berjihad. Sesungguhnya jihad yang paling utama adalah ribath dan sebaik-baik ribath kalian, adalah di Asqalan.” (HR. Thabrani)
Asqalan/Asqolan/Askelon (wilayah Palestina yang kini dalam cengkeraman penjajah Zionis Israel) akan menjadi salah satu tempat terbaik untuk ribath. Yang dimaksud ribath dalam hadits ini adalah, sikap siap siaga dari pasukan tentara Islam dengan senjata lengkap yang berjaga di wilayah perbatasan atau daerah yang rawan dimasuki musuh yang ingin menyerang umat Islam.
Hadits ini diawali kata لا تزال . Artinya “selamanya, senantiasa, terus menerus”. Dan menggunakan fiil mudhari’ pula (kata yang sedang dan terus berlangsung) dengan menggunakan wazan فاعل pula. Wazan فاعل berarti للمشاركة بين الاثنين (interaksi antar kedua belah pihak) artinya kedua belah pihak secara terus menerus berperang (tidak ada damai) hingga batas waktu yang Allah tentukan.
Berbagai upaya telah dilakukan banyak pihak. Untuk menghentikan konflik dan menuju meja perundingan damai. Namun semua itu selalu berakhir dengan pengkhianatan yang dilakukan oleh pihak Israel. Serta hilangnya wilayah Palestina. Sehingga menjadi wajar hilangnya kepercayaan atas upaya damai tersebut. Sehingga masyarakat Palestina lebih memilih jalan perang. Karena bagi mereka, zionis Israel lebih mengenal jalan ini dalam penyelesaian masalah. Sekaligus hal ini membenarkan atas sabda Nabi Saw tersebut.
Jalan kekerasan melalui perang, tentu bukanlah pilihan terbaik untuk menyelesaikan konflik. Karena membuka ruang jatuhnya korban di kedua belah pihak. Khususnya warga sipil Palestina. Namun terkadang memang cara Allah itu unik. Sekaligus indah sekalipun manusia mungkin tidak menginginkannya.
كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلۡقِتَالُ وَهُوَ كُرۡهٞ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكۡرَهُواْ شَيۡـٔٗا وَهُوَ خَيۡرٞ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّواْ شَيۡـٔٗا وَهُوَ شَرّٞ لَّكُمۡۚ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ وَأَنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ
Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS Al-Baqarah, Ayat 216)
Sebagaimana tidak semua orang suka atas kemiskinan dan sebagaimana pula tidak semua orang suka sakit. Namun dibalik kemiskinan itu adalah cara Allah menjadikan sebagai jalan bagi muslim lainnya untuk membantu orang lain. Dan dibalik sakit adalah cara Allah menguji kesabaran.
Artinya bisa jadi konflik ini dalam pendekatan transendental adalah sebagai ujian keimanan bagi kaum muslimin untuk terus berjuang memerdekakan Baitul Maqdis serta bumi palestina dari cengkeraman zionis Israel dan sekaligus untuk menguji posisi keberpihakan.
Namun bukan berarti bahwa konflik ini tidak akan pernah berakhir dan tidak akan tercipta perdamaian. Semua itu akan berakhir disaat telah tercipta kepemimpinan yang ideal di tengah-tengah umat Islam dunia sebagaimana yang di nubuwatkan oleh Nabi saw.
سيكون من بعدي خلفاء ومن بعد الخلفاء أمراء ومن بعد الأمراء ملوك ومن بعد الملوك جبابرة، ثم يخرج رجل من أهل بيتي يملأ الأرض عدلا كما ملئت جورا، ثم يأمر بعده القحطاني، فوالذي بعثني بالحق ما هو دونه
“Akan ada setelah masaku para khalifah, setelahnya adalah para amir, dan setelahnya adalah para raja, dan setelahnya adalah (para penguasa) yang diktator. Kemudian akan muncul seorang lelaki dari keluargaku, yang memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenangan. Kemudian memerintah setelahnya adalah al-Qahthany. Demi Zat yang mengutusku dengan membawa kebenaran, tiadalah al-Qahthany itu di bawah lelaki itu (al-Mahdi).”
Dalam banyak hadits digambarkan bahwa masa sebelum al-Mahdi itu adalah masa yang penuh kezaliman, kesewenangan, dan perebutan kekuasaan. Sementara pada masa kepemimpinan Al Mahdi di bumi akan dipenuhi dengan kebaikan, keadilan dan ketentraman.
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أُبَشِّرُكُمْ بِالْمَهْدِيِّ يُبْعَثُ فِي أُمَّتِي عَلَى اخْتِلَافٍ مِنَ النَّاسِ وَزَلَازِلَ ، فَيَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلًا ، كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا ، يَرْضَى عَنْهُ سَاكِنُ السَّمَاءِ وَسَاكِنُ الْأَرْض…
Artinya: “Aku berikan kabar gembira kepada kalian dengan datangnya al-Mahdi, yang dimunculkan kepada umatku ketika terjadi perselisihan dan kegoncangan di antara manusia, lalu bumi akan dipenuhi dengan keseimbangan dan keadilan sebagaimana ia telah dipenuhi oleh kejahatan dan kezhaliman. Penduduk langit dan bumi ridha dengannya…” (Musnad Ahmad bin Hanbal, 11332).
Hal ini memberikan isyarat bahwa suatu saat berbagai konflik di muka bumi (termasuk di bumi Palestina) akan berakhir dan tergantikan dengan kedamaian dan keadilan dalam naungan bendera kepemimpinan Islam. Kapankah itu, suatu saat nanti. Wallahu a’lam. (yan)
*Penulis adalah Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Tanwir al Afkar Tlogomas Malang; Dosen FISIP UB, Sekretaris KDK MUI Provinsi Jawa Timur, Motivator Nasional Bidang Komunikasi Pelayanan Publik, Penulis 16 Buku Best Seller.