Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Akhir Tahun Waspada Varian AY 4.2, dr Tirta: Perkuat Sarana Faskes

Malang Post —  Penanganan kasus Covid-19 di Indonesia membuahkan hasil bagus. Pandemi corona semakin terkendali dan penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia tengah melandai. Meski demikian, varian baru Covid-19 AY 4.2 juga tengah menghantui libur akhir tahun 2021 di Indonesia.

Pemerintah Indonesia pun melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir varian baru yang bisa memunculkan gelombang 3 serangan covid tersebut.

Baca Juga ----------------------------

Masdalina Pane, Epidemolog menegaskan dalam Dialog Jumat: Tahan Diri Libur Akhir Tahun oleh KPC-PEN. Dikatakannya, bahwa satgas perlu menjaga layer kedua jaring pengamanan dari sebaran virus. 

“Kami belum melihat ada indikasi gelombang ketiga. Tetapi, karena ada covid varian AY 4.2 yang semakin mendekat, kita coba jaga layer kedua. Kalau layer pertama, pintu masuk (Indonesia) agak sedikit longgar,” kata Masdalina, Jumat (12/11/2021).

Dengan kata lain, perlu ada pembatasan mobilitas di dalam negeri, sembari mengetatkan keluar masuk manusia dari luar ke dalam negeri. Intensitas pembatasan mobilitas sebagai protokol kesehatan di akhir tahun, perlu meningkat.

Selain itu, target vaksinasi dosis lengkap saat ini masih 39 persen. Sementara, target nasional adalah 70 persen sebelum akhir tahun. Sehingga, perlu ada percepatan dan kerja keras untuk mencapai target tersebut.

Pihaknya juga menyebut peran penting tim 3T, yaitu tracing, testing dan treatment nakes-Babinsa-Bhabinkamtibmas. Dengan mendeteksi secara dini, pemerintah bisa melakukan penanganan lebih cepat.

Sementara itu, dr Tirta Mandira Hudhi, influencer kesehatan, menyatakan berdasarkan pengalaman Juli 2021, saat varian delta menyerang, perlu ada antisipasi fasilitas kesehatan. 

“Tahun ini sebaiknya perkuat (sarana.red) faskes. Kita nyaris hancur di Juli karena kehabisan oksigen dan konsentrator. Sudah beruntung bisa selamat,” kata dr Tirta.

Karena itu, pihaknya mengharap masyarakat tidak panik. Tapi tetap waspada dengan prokes. Kemudian, pada akhir tahun, pasti akan ada sale atau diskon besar-besaran.

Dia mengharap pengusaha juga berani menegur pengunjungnya yang tidak patuh protokol kesehatan. 

“Pelaku perdagangan dan usaha sadar akan ada sale akhir tahun, banyak banget. Otomatis banyak antrian. Tahan diri, edukasi dan ingatkan, jangan mau cuan aja tapi gak mengingatkan (prokes),” tuturnya.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi menyampaikan kiat pemerintah mencegah gelombang 3 akibat covid varian AY 4.2. Yaitu, meningkatkan kesadaran protokol kesehatan, di semua daerah di Indonesia. 

“Sekarang ini skor kepatuhan memakai masker sudah 8. Dari skala 1-10. Tetapi, masih ada 11 persen daerah di Indonesia yang skor kepatuhan maskernya kurang dari 6,” katanya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...