Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Keren! Anggrek Terbuang Bisa Jadi Suvenir

Walikota Batu Dewanti pun terkesan dengan suvenir dari limbah anggrek. (istimewa)

Malang Post – Bunga anggrek, adalah bunga dengan penggemarnya yang stabil. Tidak seperti jenis bunga lain. Sekejap booming hingga harganya puluhan juta, lalu jatuh menghilang tak ada harga lagi.

Bahkan limbah bunganya pun masih memiliki nilai keindahan dan nilai jual. Inilah yang dilihat tim dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), untuk lebih mengembangkan potensi Desa Wisata Anggrek di Kota Batu.

Baca Juga ----------------------------

Limbah bunga anggrek itu, disulap menjadi souvenir yang indah dan menarik. Maka digagaslah program pelatihan pembuatannya.  

Program itu tergabung dalam Pengabdian kepada Masyarakat. Berlangsung selama lima bulan, yakni Juli-November 2021 di Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Suvenir dari limbah anggrek, setelah diolah bisa memiliki nilai estetika. (istimewa)

Salah satu anggota tim, Moh Mirza Nuryady S.Si M.Sc mengatakan, suvenir buatan timnya ini, berasal dari bunga anggrek yang dikeringkan. Pemilihan bunga anggrek sebagai cinderamata ini dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya yang sebagian besar terbuang.

Ia bercerita anggrek yang mekar hanya bertahan selama dua minggu sampai satu bulan saja. Sementara itu, penjualan tanaman anggrek cukup sulit karena harganya yang tergolong mahal. 

Proses pembuatan suvenir limbang anggrek oleh Tim UMM di Desa Dadaprejo Kota Batu. (istimewa)

“Sayang sekali melihat bunga-bunga tersebut layu begitu saja. Karena hal itu, tim kami mengawetkan bunga anggrek yang sudah tua menggunakan resin dan menjadikannya sebagai buah tangan bagi pengunjung maupun orang-orang di media sosial,” ujar Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi itu.

Timnya diperkuat Diani Fatmawati S.Pd., M.Pd, Tutut Indria Permana M.Pd dan dua mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Mirza tidak hanya mengajarkan pembuatan souvenir.

Mereka juga memberikan berbagai pembinaan dan materi terkait bagaiamana memasarkan produk tersebut. Mulai dari pemasaran secara konvensional maupun dengan menggunakan teknologi digital melalui media sosial atau market place.

Adapun saat pelatihan, tim ini berfokus untuk mengajari dan mendampingi Karang Taruna dan Asosiasi Petani Anggrek.

“Pelatihan ini mencakup lima tahapan. Yaitu, pemilihan anggrek, pengeringan, pemberian resin, pencetakan dan yang terakhir pemasaran. Sampai saat ini, kami menggunakan pemasaran online menggunakan Instagram dan Tiktok dengan metode pre-order (PO),” kata Mirza.

Mirza juga menuturkan bahwa pihaknya juga sudah mengikuti berbagai kegiatan dari Asosiasi Pecinta Anggrek. Utamanya dalam aspek pemasaran produk.

Terbaru, mereka telah memasang tenant selama seminggu mulai dari tanggal 7-14 November 2021 di salah satu acara Asosiasi Pecinta Aggrek.

Mirza menyampaikan tujuan program ini adalah untuk meningkatkan potensi-potensi desa wisata anggrek yang belum dikembangkan oleh masyarakat. Selain itu juga berupaya memanfaatkan bunga anggrek layu yang biasanya dibuang menjadi satu produk ekonomis yang bisa dijual.

“Kami tentu berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini, akan membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat Desa Dadaprejo sehingga menjadi warga yang mandiri dan mampu memanfaatkan peluang serta potensi,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...