Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Unisma – UGM Seminar Nasional: SDM Unggul, Indonesia Maju

Seminar nasional Unisma-UGM, Jumat (5/11/2021) mendorong generasi bangsa yang unggul dan bermoral. (istimewa)

Malang Post – Universitas Islam Malang (Unisma) kembali menggelar seminar nasional bersama Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, Jumat (5/11/2021). Tujuannya mendorong dan mewujudkan generasi bangsa yang unggul dan bermoral.

Melalui sinergitas yang dibangun bersama Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan juga Forum Rektor Indonesia (FRI). 

Baca Juga ----------------------------

Seminar tersebut mengusung topik: Aksi Nyata Revolusi Mental Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan SDM Unggul  Menuju Indonesia Maju.

Dilakukan daring via zoom dengan 500 peserta nasional. Hadir sebagai pemateri yakni Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng dan rektor unisma Prof Dr H Maskuri M.Si, didampingi jajaranNya.

Dalam paparannya, Rektor UGM mengutip pernyataan Mendikbud beberapa waktu lalu. Indonesia diprediksi bisa menjadi negara maju berperingkat kelima di tahun 2030.

Syaratnya, harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan tentunya ditunjang melalui pendidikan yang mumpuni.

“Di samping itu, karena Allah telah memberikan bangsa Indonesia rahmat dan karunia yang luar biasa. Kita punya laut yang sangat luas yang di dalamnya banyak sumber daya,” ujarnya.

“Apakah kekayaan kita telah memakmurkan bangsa kita?,” ia bertanya.

“Harapannya begitu, tapi saat ini belum memakmurkan seluruh elemen bangsa. Dan belum menjadikan keunggulan kompetitif bangsa Indonesia dibanding bangsa lain. Kita banyak masih di bawah,” tuturnya.

Panut menekankan, kunci dari itu semua adalah SDM. Namun, SDM yang ia maksud tidak hanya sekedar SDM biasa. Yakni SDM yang mencintai perdamaian, mencintai negara, menghargai perbedaan, dan memiliki etos kerja.

“Dari semua itu harapannya kita menjadi bangsa dengan SDM yang menguasai teknologi. Ini kunci negara bisa maju dan berdaya saing,” tegas Prof Panut Mulyono.

Sementara itu, Rektor Unisma Prof Maskuri juga memberikan tanggapan, bahwa menurutnya saat ini, Indonesia memerlukan revolusi mental. Karena masih banyak praktik-praktik dalam berbangsa dan bernegara yang dilakukan di luar ‘rel’.

“Dengan kata lain, sebagai bangsa kita kehilangan nilai-nilai integritas,” ungkapnya.

Integritas yang dimaksud adalah integritas moral, kerja, membangun kedisplinan, kebersihan dan lainnya. Maka dari itu, bagaimana upaya agar hal tersebut bisa dibangkitkan lagi.

Hal itu tentunya dengan membangun sikap profesional, dengan kompetensi sesuai bidang karakter yang baik. Selain itu, harus memiliki keberanian dan memiliki sikap mandiri serta mampu bekerjasama. “Ini yang kita bangun,”jelasnya. 

Maskuri yang juga sebagai pemateri menyampaikan, di bidang perekonomian, bangsa Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain. Salah satu faktornya, karena bangsa Indonesia kurang memiliki etos kerja keras, daya juang, daya saing, semangat mandiri, kreativitas dan semangat inovatif.

Sebagai bangsa, harus mengutamakan kembali identitas. Karakter kuat bangsa Indonesia sebagai bangsa yang mempunyai semangat gotong royong. Saling bekerjasama demi kemajuan bangsa meluntur.

“Kita harus mengembalikan karakter bangsa Indonesia ke watak luhurnya yaitu gotong royong,” jelasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...