Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Joss… Desa Beji Punya Batik Tempe

Festival Beji Kampung Tempe 2021 yang melahirkan batik tempe asli Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. (istimewa)

Malang Post — Desa Beji, Kecamatan Junrejo dikenal sebagai sentra perajin tempe di Kota Batu. Lantaran sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian sebagai produsen tempe. Total terdapat lebih dari 360 produsen tempe di desa tersebut. 

Terbaru, Desa Beji mengeluarkan dan mematenkan batik tempe khas desa itu. Batik itu pertama kali dikenalkan saat perhelatan Festival Beji Kampung Tempe (FBKT). Batik tempe yang akan menjadi ikon baru Desa Beji itu, didesain langsung oleh putra daerah. 

Baca Juga ----------------------------

Wanita pedesain batik tempe itu, bernama Refriza Masrita Putri. Seorang wanita kreatif asal Desa Beji ini, berhasil melahirkan batik motif tempe.

“Dukungan masyarakat untuk membumikan Desa Beji sebagai sentra tempe sungguh luar biasa. Karena itulah saya tidak mengalami kesulitan dalam memberikan pelatihan dan arahan terkait produk Batik Tempe Beji ini,” tutur Refriza, Senin (1/11/2021) 

Mahasiswa alumni Universitas Negeri Malang itu, ternyata bukan kali pertama menjadi tutor atau designer batik. Sebelumnya, ia telah menciptakan Batik Tugu Gentong untuk Desa Junrejo dan Batik Sayur untuk Desa Torongrejo.

Kepala Desa Beji, Deny Cahyono mengatakan. Dalam setiap festival tempe yang digelar di desanya, akan selalu melahirkan karya seni berbeda, seperti pada Festival Ide Sote 2019.

“Pada festival tempe pertama dengan tajuk Ide Sote (Isuk dele sore tempe) yang artinya pagi kedelai sore jadi tempe, saat itu berhasil melahirkan karya tari dan lagu berjudul Gambang Tempe,” ujar Deny. 

Namun karena tahun 2020 ada pandemi Covid-19 yang meluluhlantakkan berbagai sektor mulai ekonomi, pendidikan dan kesehatan, event serupa ditiadakan. “Semua anggaran saat itu, kami alihkan untuk penanganan pandemi yang begitu dahsyat awal 2020. Sekarang, alhamdulillah kami sedikit bisa bernafas dengan makin menurunnya angka Covid,” katanya.

Tradisi festival tempe yang setiap tahun pihaknya lakukan itu, merupakan penghormatan bagi 360 pengrajin tempe di Desa Beji. Lantaran para perajin tempe itu, sudah turun temurun mempertahankan tradisi dan menjadi penopang ekonomi masyarakat.

“Masyarakat kami sangat kreatif. Mereka menemukan berbagai cara untuk mempromosikan Desa Beji sebagai sentra tempe. Salah satunya dengan festival semacam ini. Sehingga harus menjadi kegiatan wajib setiap tahun,” harapnya. 

Di sisi lain, Pemdes telah menganggarkan untuk membangun pusat oleh-oleh yang nantinya akan menonjolkan ikon Desa Beji. Berupa aneka ragam olahan tempe hingga furniture berbentuk tempe. 

“Awal tahun 2022 nanti pembangunan Kantor Desa Beji akan dimulai dengan lama pembangunan tiga tahun. Begitu kantor baru jadi, kantor lama akan kami sulap menjadi pusat oleh-oleh khas Desa Beji. Apalagi letaknya persis di pinggir jalan provinsi,” tuturnya. 

Terkait olahan tempe sebagai sajian kuliner khas Desa Beji, pihaknya tidak ingin gegabah. Maka pihaknya menggandeng Akademi Analis Farmasi (Aka Farma) sebagai tim kontrol produk. Sementara itu, Camat Junrejo, Dian Saraswati menyampaikan kagumnya atas potensi masyarakat Desa Beji. Mendatang, ia akan memberikan dukungan lebih atas kreativitas masyarakat.

“Hadirnya Batik Tempe Beji ini, tentunya menambah kekayaan heritage bagi Kota Batu. Saat semua desa bergeliat dengan wisata, Desa Beji menemukan cara unik untuk menciptakan ikon. Yakni kreasi batik,” tandasnya. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Saat Pandemi Covid-19 ini, terdapat tiga peran penting Polri, yaitu Pengawasan, Pencegahan dan Percepatan Vaksinasi. Panic Button On Hand (PBOH) milik...

Malang Raya

Malang Post —  Keberadaan warga lanjut usia (lansia) turut menjadi perhatian Pemkot Malang. Upaya dalam pemenuhan hak-hak hingga fasilitas lansia terus digencarkan guna mewujudkan...

Wisata

Malang Post —  Selalu dikenal dengan misi mengangkat kembali sejarah Indonesia yang terlupakan, Tugu Hotels & Restaurant telah menjadi ikon dunia pariwisata Indonesia di...

Malang Raya

Malang Post – Babinsa Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet dan Serka Suyitno memberangkatkan relawan menuju Semeru. Relawan tersebut berasal dari warga Pandanwangi yang bertugas mengantarkan...

Malang Raya

Malang Post – Lanal Malang menghelat serbuan vaksin di RW 09 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen. Selasa (7/12), tim nakes dari Lanal Malang...

Malang Raya

Malang Post – Selasa 7 Desember 2021, tim vaksinasi di Kota Malang menggelar penyuntikan di kawasan RW 04 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang....

News

Malang Post — Sejumlah penambang pasir berhasil menyelamatkan saat lahar dingin mengaliri sungai dekat Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Ada 1 sopir...

Malang Raya

Malang Post — Beberapa waktu lalu, rencana pembangunan cold storage senilai Rp 16 miliar di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu disoal dewan. Kini pembangunan cold storage...