Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Dema UIN Maliki Malang Gelar Sarasehan Omek

Sarasehan organisasi mahasiswa ekstra kampus yang digelar Dema UIN Malang. (Istimewa)

Malang Post — Dewan Eksekutif Mahasiswa  (Dema) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis 28 Oktober 2021, menggelar Sarasehan Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (Omek). Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

Mengusung tema: Peran Strategis Pemuda dalam Meningkatkan Semangat Juang melalui Organisasi Ekstra. Sarasehan omek ini mengundang PMII, HMI, IMM, IPNU, IPPNU dan KAMMI. Kegiatan ini dilaksanakan hybrid di kampus dan live youtube Dema UIN Malang.

Baca Juga ----------------------------

“Sarasehan Omek ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Tujuannya menjadi wadah pemersatu omek di UIN Malang. Sebagai implementasi nilai sumpah pemuda dalam mempersatukan bangsa,” ungkap Lilin Rofiqotul, Ketua Pelaksana kegiatan.

“Selain itu, kegiatan ini mengusung tema meningkatkan semangat juang pemuda melalui organisasi ekstra. Bermaksud merefleksikan dan memotivasi para mahasiswa. Bahwasanya pemuda, khususnya kader-kader omek memiliki peran penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang salah satunya memiliki peran sebagai control social di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Farchan Adib Rosadi, Ketua DEMA UIN Malang mengungkapkan, “Kita sebagai pemuda harus bisa mengawali suatu perubahan. Walaupun itu sedikit. Saya mengajak dan berharap dari seluruh omek yang ada di UIN, kita bisa bersatu. Saling berkolaborasi untuk memberikan kritik dan saran baik dari lini pemerintah pusat, daerah bahkan kampus.”

Adhien Nugroho, perwakilan dari PMII memberikan pesan, agar pemuda memposisikan diri sebagai pahlawan dan melakukan perubahan dimulai dari diri sendiri.

“Jangan pernah mengatakan kalian pemuda, jika kalian tidak pernah berperan. Melainkan baperan. Namun sebelum ke peran, kalian harus selesai dengan diri kalian sendiri,” ungkapnya.

Nana, perwakilan dari IPPNU memberikan pesan, bahwa semua hal itu dimulai dari diri kita sendiri dan paham lingkungan sekitar.

”Sebelum melangkah, kita harus mengerti lngkungan kita itu seperti apa. Kita riset dulu kendalanya seperti apa. Kita harus siap dengan itu,” ungkapnya.

Di sisi lain, Setyo perwakilan dari IMM mengungkapkan. Pemuda itu harus memiliki konsistensi dan berani menentukan sikap atas pilihannya.

“Pemuda sekarang ini, harus bisa menentukan sikap dan keputusannya. Pemuda yang bisa membawa perubahan bukan hanya sekedar bisa wacana,” ungkapnya.

Tambahan dari Yusril, perwakilan KAMMI, pemuda memerlukan mentor untuk mengembangkan dirinya. “Kita perlu mentor dalam hidup ini, seperti nabi Muhammad SAW”, pungkasnya.

Sedangkan David perwakilan dari HMI menyatakan, pemuda harus totalitas dalam berproses. “Pemuda menemukan sedikit saja sudah puas mereka. Sebenarnya jika kita pengen mencari sesuatu dengan benar, ya kita harus turun langsung secara keseluruhan,” ungkapnya.

Atho’ perwakilan dari IPNU menyampaikan, “ Kita bukan hanya pemuda. Jangan sia-siakan kesempatan. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Jika mendapat kesempatan berjuang maka berjuanglah dengan sungguh-sungguh dan jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan itu.” (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...