Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Tomas Malang Dukung Berantas Pinjol

Moch Geng Wahyudi SH., MH. Tokoh Masyarakat  Kabupaten Malang

Malang Post —  Tokoh masyarakat (Tomas) Kabupaten Malang  mendukung langkah Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang merespons keluhan masyarakat terkait tindakan kekerasan oleh debt collector pinjaman online (pinjol). Terutama pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat itu perlu diberantas.

Seorang tomas, Moch Geng Wahyudi, SH., MH, mengecam tindakan intimidasi yang dilakukan  debt collector pinjol  yang menyebabkan warga asal Ampeldento, Kecamatan  Pakis, nekat  bunuh diri. 
Menurutnya,  pinjol legal  dan ilegal sulit diketahui masyarakat  luas. Masyarakat  bawah sangat sulit mencermati terkait legalitasnya  .

Baca Juga ----------------------------

Pihaknya, juga mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo dan ditindaklanjuti  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo  yang secara serius memberantas pinjol yang meresahkan masyarakat.

“Termasuk saya sendiri jadi korban. Saya nggak pinjam, nggak pernah kenalan sama orang itu, tetapi nomor saya dicantumkan debitur pinjol, saya mendapat teror, ya saya kecewa,” ujar Geng Wahyudi.

Geng juga meminta pihak terkait untuk men-take  down  akun -akun pinjol  legal maupun ilegal dan diberantas tuntas semuanya.

Geng menyarankan tidak usah meminjam  ke pinjol. Tetapi lebih baik pinjam kepada tetangga, koperasi dan perbankan.

“Banyak koperasi yang akuntabel dan bisa  dirasakan masyarakat kemanfaatannya. Disini juga banyak bank yang membuka lebar pintu memberikan kredit kepada masyarakat,  mengapa kita tertarik dengan pinjol, seolah-olah  mudah diawal tetapi terlalu sulit di pelaksanaannya,” katanya. 

Menurut Geng, ada hikmah dari peristiwa pemberantasan pinjol. Hal ini tentu akan membuat masyarakat kembali  ke bank –  bank  pemerintah yang kini banyak memberi kemudahan. Apalagi, kini banyak bank yang fleksibel  dan mudah diakses masyarakat untuk  penguatan ekonomi rakyat di tengah pandemi Covid-19. 

Kembalinya rakyat dalam berkoperasi dan bank pemerintah  sesuai dengan cita cita Bung Hatta sebagai soko gurunya ekonomi  Indonesia. 

Dwi Indrotito Cahyono,SH,  Advokat dan Konsultan Hukum, Pimpinan Kantor Hukum Yustitia Indonesia mengatakan, pinjol ilegal harus  dibubarkan oleh yang berwajib. Nasabah pinjol ilegal tak perlu lagi bayar tagihan.

Apabila ada warga yang didatangi penagih pinjol maka segera lapor  ke kepolisian terdekat. Atau semua elemen masyarakat bahu membahu melawan pinjol. Karena ini juga merusak perekonomian bangsa kita.  
“OJK mubazir dibentuk tidak ada kenerja riil bagi masyarakat,” tegasnya.

Seperti diberitakan DI’s Way Malang Post Edisi Senin (25/10/2021), terbukti apabila pinjol, apalagi yang ilegal, bisa bikin stres hingga yang terlilit nekat bunuh diri. Ini akibat tak kuat dikejar-kejar debt collector yang nagih utang terus-terusan.

Kondisi seperti ini dialami seorang pemuda berinisial MEM (20), warga Desa Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Ia ditemukan tewas pada Jumat (22/10/2021).akibat bunuh diri. Pemuda itu diduga nekat mengakhiri hidupnya karena tak tahan diteror penagih dari pinjol. (ekn)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Kamis malam (2/12), tim gabungan Polsek dan Koramil Kedungkandang dan kecamatan, menyisir sejumlah wilayah untuk penegakan prokes. Anggota Koramil Kedungkandang, hadir...

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...