Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Rapatkan Barisan, Siagakan Personel Hadapi Bencana Alam

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sesuai melaksanakan apel siap siaga bencana langsung melakukan pengecekkan alat-alat yang dibutuhkan saat bencana alam terjadi.

Malang Post –  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Kota Batu akan mulai memasuki musim penghujan pada pekan ini hingga akhir April 2021. Oleh karena itu, saat ini Kota Batu masuk dalam situasi siaga darurat. 

Tercatat hingga pertengahan Oktober 2021, total bencana alam yang melanda Kota Batu mencapai 115 peristiwa. Angka tersebut lebih tinggi di bandingkan pada tahun 2020 lalu sebanyak 114 peristiwa bencana. 

Baca Juga ----------------------------

Rinciannya bencana tahun 2021, banjir terjadi 13 kali, longsor 85 kali, kebakaran 3 kali, tanah ambles 2 kali, retakan tanah 3 kali, gempa bumi 1 kali dan angin kencang 8 kali. Sedangkan untuk rincian bencana alam di tahun 2020, tanah longsor 59 kali, banjir 25 kali, angin kencang 21 kali, kebakaran bangunan 6 kali dan kebakaran sebanyak 3 kali.

Oleh karena itu, agar peristiwa fatal akibat bencana alam tak sampai merenggut korban jiwa. Jajaran Forkopimda Kota Batu mulai merapatkan barisan di detik-detik memasuki musim penghujan ini. Dengan melakukan apel siaga kesiapan penanggulangan bencana alam di Kota Batu. Apel itu dilakukan di Lapangan Polres Batu, Senin (25/10/2021).

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyatakan, apel tersebut bertujuan untuk memantapkan dan mensiapsiagakan personil dalam rangka membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kota Batu. 

“Kita semua harus selalu siap siaga dalam menghadapi dampak bencana yang bisa saja terjadi. Terutama saat pergantian musim dari kemarau menjadi penghujan.

Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19, sehingga selain siap siaga menghadapi bencana juga wajib menekan angka persebaran Covid-19,“ ujar Dewanti, Senin (25/10). 

Wanita 58 tahun ini menegaskan, penanggulangan bencana harus dilakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat. Sehingga akibat dari bencana alam tak sampai berdampak buruk bagi para korban. 

“Pada dasarnya, prinsip penanggulangan bencana alam adalah cepat dan tepat. Sehingga mampu meminimalisir korban dan kehilangan harta benda,” tuturnya. 

Dia berpesan, saat menghadapi bencana alam, hal utama yang harus diprioritaskan adalah menyelamatkan manusia. Jika semuanya sudah dirasa aman, baru menyelamatkan harta benda. 

“Koordinasi dan sinergitas antar instansi pemerintah dan masyarakat harus dilakukan secara terpadu dan saling mendukung. Selain itu juga harus berdaya guna, memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya sebaik mungkin secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan dengan benar,” pintanya. 

Sementara itu, Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan menyampaikan, untuk meminimalisir dampak bencana, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personel dari jajaran Polres Batu. Selain menyiapkan personel pihaknya juga menyiagakan sejumlah peralatan dan kendaraan. 

“Dalam mengatasi bencana, kami siap membangun koordinasi lintas sektor guna membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam,” kata Kapolres Yogi. 

Lebih lanjut, pihaknya menyatakan selalu siap membangun dan memelihara komunikasi dengan semua pihak. 

“Kami selalu siap membangun komunikasi lintas sektor. Guna membantu masyarakat dalam hal mengatasi dampak bencana alam. Kami siap menggalang kekuatan jika sewaktu-waktu bencana alam terjadi,” tegas Yogi. 

Setelah melalukan apel ini, pada hari Rabu mendatang, BPBD Kota Batu akan menggelar apel siaga darurat bencana memasuki musim penghujan tahun 2021-2022. Setelah melakukan apel BPBD juga akan melakukan reboisasi 1.250 pohon buah. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Sasaran rasda yaitu 120 orang warga pra sejahtera Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun kota Malang. Penyerahan rasda tersebut terlaksana di e-warung Amanah...

Pendidikan

Malang Post – Peringati dies natalis yang ke 36 tahun, prodi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar webinar nasional bertema Potensi Sektor Pertanian dan...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Malang kembali menjalin kerjasama kesepahaman dengan beberapa perguruan tinggi dalam negeri. Kali ini menggandeng Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)...

Malang Raya

Malang Post – Kamis malam (25/11), tim gabungan di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melaksanakan penegakan tersebut. Tim gabungan ini terdiri dari anggota Polsek Kedungkandang...

Malang Raya

Malang Post – Untuk menjalin keakraban dengan mitra karib dan masyarakat di wilayah, Kodim 0833/Kota Malang, menggelar kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0833...

News

Malang Post — Pimpinan Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, secara resmi melepas kontingen mahasiswa untuk mengikuti ajang final Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi...

Malang Raya

Malang Post — Ketua PCNU Kabupaten Malang, Dr Umar Usman, Kamis (25/11/2021) siang bersama rombongan mengunjungi Polres Malang. Silaturahmi ini, disambut langsung Kapolres Malang AKBP...

Pendidikan

Malang Post — Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2021 adalah program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya. Memberikan...