Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Kafetaria Kecamatan Batu Maksimalkan Pelayanan Publik

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat meresmikan Kafetaria di Kecamatan Batu, Selasa (26/10/2021).

Malang Post —  Berbagai terobosan dilakukan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Batu untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakatnya. Terbaru, Kecamatan Batu meresmikan gedung Kafetaria pelayanan masyarakat.

Fungsinya agar masyarakat makin nyaman ketika mengurus berkas-berkas penting. Peresmian dilakukan langsung Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga ----------------------------

“Masih dalam suasana HUT ke 20 Kota Batu, saya bersyukur mendapat kado spesial dari Kecamatan Batu. Yakni dengan dibukanya gedung pelayanan Kafetaria,” ujar Dewanti usai meresmikan gedung tersebut.

Menurutnya dengan dibukanya Kafetaria tersebut merupakan terobosan yang sangat luar biasa. Melalui terobosan itu diharapkan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi.

“Tempatnya seperti cafe. Saat warga ingin melakukan kepengurusan berkas bisa sembari makan dan minum,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan, masyarakat yang datang untuk mengurus berkas tak perlu lagi memanggil pelayanan. Karena pelayan akan datang dengan sendirinya tanpa dipanggil. 

“Dengan adanya pelayanan bintang lima seperti ini, kami harap pelayanan bisa semakin maksimal. Sehingga membuat masyarakat lebih semangat,” katanya.

Melalui inovasi yang telah dilakukan oleh Kecamatan Batu tersebut, pihaknya memiliki wacana untuk membuat terobosan serupa di dua kecamatan lain, yakni Junrejo dan Bumiaji.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat meresmikan Kafetaria di Kecamatan Batu, Selasa (26/10/2021).

Sementara itu, Camat Batu, Yopi Supriyadi menerangkan, warga yang akan mengurus administrasi akan diarahkan langsung masuk ke dalam cafe. Di sana mereka akan dilayani oleh petugas.

“Jadi yang ke sini bakal dilayani seperti di kafe, mereka adalah raja dan ratu yang harus kami layani. Ada empat orang petugas yang melayani warga di Kafetaria. Untuk SDM tak perlu risau karena kecamatan sudah mendidik mereka agar mampu melayani dengan baik,” urainya.

Yopi menegaskan, mengenai SDM telah pihaknya siapkan dengan baik. Sebelumnya mereka telah diberi edukasi dan pelatihan tentang pelayanan publik. Sehingga dapat bekerja dengan baik dan ramah. Di dalam Kafetaria tersebut ada juga tempat untuk memajang produk UMKM dari setiap desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Batu.

Untuk mewujudkan gedung Kafetaria, pihaknya telah melakukan rehab gedung senilai Rp 300 juta. Diketahui sebelumnya, gedung tersebut merupakan aula atau tempat pertemuan publik. Dengan demikian, kantor Kecamatan Batu memiliki nilai aset bangunan sebesar 1,5 miliar.

“Bangunan ini sebelumnya aula tempat pertemuan untuk publik. Sekarang berbeda bentuk bangunan tapi fungsinya tetap demi kepentingan publik yang buka selama 24 jam. Namun dalam pelayanan di atas jam kerja hanya melayani penitipan berkas saja. Berkas yang dititipkan itu akan diproses saat mulai jam kerja. Ini merupakan wujud keseriusan kami untuk meningkatkan pelayanan publik,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Wisata

Malang Post — Pariwisata kota Malang dan sekitarnya mulai mengeliat kembali pasca kelonggaran PPKM oleh pemerintah. Akhir tahun 2021 Atria Hotel Malang melaunching promo Food...

News

Malang Post – Musibah menimpa warga Pakis selepas takjiah dan melaju kencang untuk berangkat kerja, Kamis (2/12/2021) pagi di Jalan Raya Ampeldento, Kecamatan Pakis,...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan  Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia menggelar tasyakuran dalam memperingati Hari Guru ke-76. Melalui zoom meeting dengan Bupati Malang...

Pendidikan

Malang Post — Tingkat potensi bencana yang dimiliki Indonesia cukup tinggi. Melihat hal itu, Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) Psikososial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan pelatihan...

News

Malang Post — Warga Kota Malang dihebohkan dengan viralnya postingan curhat di media sosial (Facebook) yang menimpa seorang lelaki. Ia mengaku telah mengalami kebutaan pasca...

headline

Malang Post — Bantuan ke Joko Santoso (38) warga Jl Burung Gereja No. 1A, RT 02 RW 02, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mulai...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...