Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Prodi Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul BAN-PT

Kerja keras tim Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM ini, menghasilkan raihan Akreditasi Unggul. (istimewa)

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta emas. Meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT pertengahan Oktober 2021.

Sebagai pengingat, akreditasi menjadi tolok ukur perguruan tinggi memiliki mutu pendidikan yang baik. Perguruan tinggi yang terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) pasti sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya. Sehingga kompetensi mahasiswanya pun sesuai dengan standar pendidikan.

Baca Juga ----------------------------

Selain itu, fungsi akreditasi kampus dan program studi (prodi) juga diperlukan sebagai syarat umum dalam melamar pekerjaan di institusi pemerintahan. Seperti pegawai negeri, BUMN, perusahaan swasta hingga multinasional.

Prodi yang sebelumnya menyandang akreditasi A ini, sekarang naik kelas menjadi Akreditasi Unggul. Ini setelah prodi Agribisnis mengajukan Suplemen Konversi Prodi. Akreditasi Unggul ini, menjadi pengakuan pihak luar terhadap kualitas pendidikan dan penunjang lain di Prodi Agribisnis.

Sertifikat dari BAN-PT sebagai bukti Prodi Agribisnis telah memiliki Akreditasi Unggul. (istimewa)

Berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, terjadi pergeseran konversi peringkat yang awalnya A, B dan C menjadi Unggul, Sangat Baik, dan Baik.

Perihal kabar tersebut, Livia Windiana, SP. M.Agr, Sekretaris Prodi Agribisnis,  Senin (18/10/2021) menjelaskan. Pihaknya sejak awal menyiapkan berbagai persyaratan pemenuhan predikat unggul.  

“Pemenuhan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) ini wajib dipenuhi agar akreditasi yang awalnya A menjadi Unggul,” ujar Livia.

Terdapat empat unsur kriteria ISK yang telah disiapkan dan dipenuhi, yaitu: unsur dosen tetap, kurikulum, penjaminan mutu internal dan pelacakan lulusan.

Akreditasi Unggul ini, bagi prodi Agrisbisnis dimaknai bukan sebuah sertifikat saja. Namun sebuah bentuk cerminan sivitas akademika dalam menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehari-hari.

Sementara itu, Ketua Prodi Agribisnis Dr Ir Istis Baroh, MP juga menyambut gembira kabar tersebut.

“Semoga dengan diraihnya Akreditasi Unggul ini, mutu dan pelayanan serta kapabilitas dari mahasiswa dan alumni bisa diandalkan ke depannya, menghadapi Revolusi Industri 4.0”, ungkapnya dengan bahagia.

Dr Istis Baroh menyatakan, untuk mempertahankan Akreditasi Unggul ini, pihaknya akan berkelanjutan menjaga kualitas kurikulum. Pastinya, disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan terkini. Caranya, berkolaborasi dengan stake holder. Sehingga kurikulum tidak monoton.

Selain itu, melakukan upgrade kualitas SDM, peningkatan kualitas pelayanan untuk mahasiswa dan alumni, kualitas sarana dan prasarana juga perlu dilakukan.

“Mahasiswa juga dilibatkan aktif dalam penelitian dan pengabdian dosen”, tutupnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Nasional

Malang Post – Tahun 2022 Indonesia menjadi tuan rumah presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Hal ini dipandang oleh para pengamat dan eksekutif menjadi kesempatan...

headline

Malang Post –  Erupsi Gunung Semeru, membawa imbas hujan abu yang terjadi di dua kecamatan yaitu Ampelgading dan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Warga diimbau tetap...

News

Malang Post – Majelis Ulama Indonesia Kota Malang mengukuhkan pengurus tingkat kecamatan di gedung DPRD, Sabtu (4/12). Pengukuhan ini sekaligus terangkai dalam sarasehan bersama...

News

Malang Post – Seorang pria bernama Supardi, 69, warga Jalan JA Suprapto Dalam, Kelurahan Klojen Kota Malang, meninggal tenggelam di sungai Brantas. Petugas menemukan...

Pendidikan

Malang Post — Kerja sama demi kerja sama terus dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini, Kampus Putih mulai menjalin Kerjasama dengan Universidade Regional...

News

Malang Post – Kos-kosan di Jl Mondoroko Gang 1, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang mendadak gempar, Kamis malam. Dari salah satu kamar kos...

Dahlan Iskan

DARI luar kelihatan tenang-tenang saja. Di dalamnya terasa sangat bergemuruh: kapan Muktamar ke-34 NU. Harusnya tahun 2020 lalu. Tapi ada Covid-19. Baca Juga ----------------------------...

News

Malang Post — Seorang mahasiswa Universitas Negeri Malang, Jumat (3/12/2021) siang, ditemukan tidak bernyawa di lantai 3 kamar kosan seputar Sukun. Lehernya terbelit kain di...