Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Warsito, Juara I Guru Berprestasi Kabupaten Malang

Durianto, Plt Kepala SMPN 2 Kasembon (kiri) menyerahkan potongan tumpeng simbol rasa syukur atas keberhasilan Warsito, meraih Juara I Guru Berprestasi Kabupaten Malang.

Malang Post — Dinas Pendidikan Kabupaten Malang senantiasa memajukan pendidikan. Salah satunya dengan menggelar kompetisi guru berprestasi.

Kali ini juaranya diraih guru SMPN 02 Kasembon. Atas nama Warsito S.Pd. Dialah Juara I Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Malang.  

Baca Juga ----------------------------

Ia menjelaskan, pada event tahun 2021 ini, harus menyiapkan beberapa persyaratan. Mulai penilaian pada portofolio, penilaian kinerja guru, evaluasi diri dan Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dan tes tulis.

Tim penilai juga mencermati presentasi dari PTK, wawancara dengan materi tugas pokok guru, bagaimana mengkonsep materi belajar bagi siswa.

Sedangkan, dalam  pembelajaran, ada empat kompetensi guru yang dinilai tim penilai guru prestasi. Antara lain kompetensi  sosial, kompetensi  pedagogig, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional.

Pria yang menjadi guru bahasa Inggris ini, dalam mengikuti lomba mempersiapkan diri, setelah mendapat informasi dari surat edaran dinas pendidikan. Surat itu disampaikan melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

“Persiapan saya sebenarnya dengan mempersiapkan porto folio yang cukup banyak. Mulai workshop pengembangan diri atau diklat dalam bentuk lain. Saya bersikap  fokus, tenang dan menguasai materi. Karena peserta lomba guru berprestasi ini ada sekitar  66 peserta untuk  jenjang SMP,” ungkapnya.

Harapannya,  guru lain bisa mengembangakan diri untuk memajukan pendidikan di wilayah masing-masing.

Tidak terlena di zona nyaman, karena sudah  mendapatkan gaji. Tetapi sebagai guru harus mampu mengembangkan diri mengikuti perkembangan zaman.

Pola pembelajaran jaman sekarang dengan dulu sangat berbeda. Harus disesuaikan kodrat zaman dan kodrat alam. Artinya, dalam mendidik anak harus sesuai dua hal tersebut.

Kodrat alam dalam mendidik sudah ada dari sananya. Tetapi mendidik anak sesuai kodrat zaman, ini artinya guru harus inovatif, kreatif mengembangkan kemampuannya dengan dinamis.

Durianto, Plt Kepala SMPN 02 Kasembon menambahkan. Untuk menjadi guru berprestasi harus bisa mengembangkan dunia pendidikan.

Apalagi saat ini sedang digalakkan oleh Kemendikbud melalui Program Guru Penggerak. Karena manfaatnya sangat luar biasa.

“Saya mengajak semua guru untuk tetap rajin menambah wawasan dan selalu semangat demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Malang,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, membuka donasi bagi korban erupsi gunung Semeru. Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, open donasi...

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi di Kota Malang menyasar warga dari berbagai lapisan umur, mulai dari remaja sampai lansia. Contohnya, vaksinasi di Kelurahan Tanjungrejo oleh...

Olahraga

Malang Post — Kompetisi MS Glow For Men Liga 3 Zona Jatim 2021 sudah masuk fase 16 Besar. Sebanyak 16 klub lolos dari fase 32...

News

Malang Post — Seorang sopir rentalan ditemukan tewas, Minggu (5/12/2021) sore, di hutan Balekambang. Sekitar pukul 18.25 WIB, ambulan Sibat Gedangan tiba di halaman ruang...

headline

Kondisi jembatan Gladak Perak setelah diterjang lahar dingin Semeru. (istimewa) Malang Post —  Malang Post – Terang benderang siang itu mendadak gelap gulita seperti malam....

Pendidikan

Malang Post — Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk Inovasi Pembelajaran Digital, Selasa (16/11/2021). Dilakukan daring melalui platform Zoom dan terhubung dengan...

Pendidikan

Malang Post — Tax Center Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan event Workshop Sosialisasi Perpajakan Pada Guru SMA dan SMK di Kota Malang. Pelaksanaan kali...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan mahasiswa Universitas Tribuana Tunggadewi dari Fakultas Administrasi Publik melaksanakan kerja bakti, Minggu (5/12). Mereka kerja bakti bersama Babinsa-Bhabinkamtibmas Tlogomas, di...