Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

UM Wisuda Hybrid. Launching Virtual Entrepreneur Expo

Wakil Rektor III UM Dr Muarifin MPd. (Support by Humas UM)

Malang Post – Universitas Negeri Malang (UM) akan menggelar wisuda ke-107 tahun 2021, Sabtu (2/10/2021) di gedung Graha Cakrawala. Pelaksanaannya masih hibrid (campur) daring dan luring sesuai prokes. Wisudawan sebanyak 852 orang. Terdiri 17 program Doktor, 107 program Magister, 699 program Sarjana dan 29 orang program Diploma.

Akumulatif meluluskan 138.557 orang. Terdiri atas 2.054 orang program Doktor, 10.675 orang program Magister, 89.647 orang Program Sarjana, 16.472 Diploma III, 1.696 orang lulusan PPG dan 18.013 orang program Non Gelar.

Baca Juga ----------------------------

Lulusan dengan IPK lebih dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 713 orang (97,94%). Predikat Yudisium kelulusannya sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 400 orang (54,95%), Sangat Memuaskan sebanyak 313 orang (42,99%) dan Memuaskan sebanyak 15 orang (2,06%). Empat orang lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas. Lulusan dengan IPK dan studi tepat waktu, adalah:

Program Diploma III : Yusuf Mahesa A.Md, IPK 3.7, studi 6 semester, Teknik Mesin Fakultas Teknik, yudisium dengan pujian. Program Sarjana: Fatah Kurniawan S.Pd, IPK – 3.91, studi 7 semester, Program Studi Fisika, Fakultas MIPA, yudisium Dengan Pujian. 

Program Magister: Atricia Martya Juarlinda M.Pd, IPK – 3.91, lama studi 3 semester. Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi (FE), yudisium Dengan Pujian. Program Doktor, Dr Adolina Velomena Lefaan, IPK – 3,88. Lama studi 6 semester, Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra (FS), yudisium Dengan Pujian. Lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih Nur Mega Aris Saputra S.Pd, Program Studi S1 Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan.

Wakil Rektor III UM, Dr Muarifin MPd mengatakan, lantaran masih pandemi covid, wisuda dilaksanakan kombinasi daring dan luring terbatas. 

“Bedanya wisuda ke-106 mengundang perwakilan mahasiswa yang di Malang Raya. Kali ini yang diundang adalah dua perwakilan mahasiswa terbaik di setiap fakultasnya,” kata Muarifin, Kamis (30/9/2021).

“Parameternya satu. Meski kita mengundang perwakilan mahasiswa dari daerah lain, kita tetap menerapkan protokoler kesehatan yang jelas seperti swab antigen,” tegas jelas Dr Muarifin MPd

Para wisudawan ini dihatrapkan mampu menyesuaikan diri dengan pandemi. Harus mampu memenuhi tuntutan capaian IKU (Indikator Kinerja Utama). Agar melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.  

Saat ini UM juga melaunching Virtual Entrepreneur Expo. Dalam rangka Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Negeri Malang 2021. Diikuti 66 usaha yang didanai PMW UM 2021. 

Diikuti 35 produk unggulan PMW UM. Dilaksanakan Rabu 29 September 2021 pukul 10.00 WIB. Bisa dilihat di Youtube UM official https://www.youtube.com/watch atau Link virtual entrepreneur: entrepreneurexpo.um.ac.id (khusus perangkat komputer/laptop).

Sementara itu, Nur Mega Aris Saputra S.Pd, peraih prestasi terbaik non akademik tingkat universitas mengatakan, “Alhamdullilah. Menjadi wisudawan terbaik non akademik. Karena saya dari Program Studi S1 Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, otomatis saya fokusnya ke penulisan esai dan pengembangan media. Berkaitan dengan bimbingan konseling kususnya kesehatan mental.”

“Awal 2020 saya meraih prestasi di Malaysia. Ajang kompetisi pengembangan media penanganan siswa pem-bully-an. Di Turki terkait kompetisi penataan ruang konseling yang baik. Alhamdulillah. Pihak kampus dan fakultas mensuport biaya akomodasi dan lainnya, terkait kegiatan itu. Sehingga saya bisa total berkompetisi hingga meraih penghargaan,” ujarnya.

“Pihak kampus juga sangat menfasilitasi perihal pengembangan mahasiswa. Khususnya ajang kompetisi regional, nasional atau internasional. Saya berasal dari Sulawesi Tengah. Bisa masuk UM melalui jalur mandiri prestasi.”

“Harapan saya, ingin mengabdikan ilmu yang saya dapat. Untuk pengembangan diri sendiri dan semuanya. Jangan pernah menyerah jika gagal. Tetap semangat adik-adik di UM. Agar tercapai semua cita-cita yang kalian inginkan,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, membuka donasi bagi korban erupsi gunung Semeru. Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, open donasi...

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi di Kota Malang menyasar warga dari berbagai lapisan umur, mulai dari remaja sampai lansia. Contohnya, vaksinasi di Kelurahan Tanjungrejo oleh...

Olahraga

Malang Post — Kompetisi MS Glow For Men Liga 3 Zona Jatim 2021 sudah masuk fase 16 Besar. Sebanyak 16 klub lolos dari fase 32...

News

Malang Post — Seorang sopir rentalan ditemukan tewas, Minggu (5/12/2021) sore, di hutan Balekambang. Sekitar pukul 18.25 WIB, ambulan Sibat Gedangan tiba di halaman ruang...

headline

Kondisi jembatan Gladak Perak setelah diterjang lahar dingin Semeru. (istimewa) Malang Post —  Malang Post – Terang benderang siang itu mendadak gelap gulita seperti malam....

Pendidikan

Malang Post — Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk Inovasi Pembelajaran Digital, Selasa (16/11/2021). Dilakukan daring melalui platform Zoom dan terhubung dengan...

Pendidikan

Malang Post — Tax Center Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan event Workshop Sosialisasi Perpajakan Pada Guru SMA dan SMK di Kota Malang. Pelaksanaan kali...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan mahasiswa Universitas Tribuana Tunggadewi dari Fakultas Administrasi Publik melaksanakan kerja bakti, Minggu (5/12). Mereka kerja bakti bersama Babinsa-Bhabinkamtibmas Tlogomas, di...