Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

PAUD Mulya Kencana Donomulyo Raih Penghargaan Lembaga Pendidikan Integratif Bupati Malang 

Malang Post — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, menyabet penghargaan Bupati Malang. Kategori Lembaga Pendidikan Integratif dengan Posyandu dan Keluarga Berencana.

Luluk Sugesti, Kepala PAUD Mulya Kencana, menjelaskan. Posyandu integratif ini, dalam satu lokasi terdapat Posyandu Keluarga Balita, PAUD dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Anggotanya adalah perempuan usia subur. Mulai usia menikah hingga 49 tahun. 

Baca Juga ----------------------------

Beberapa prestasi sudah diraih. Antara lain: Juara I Kelompok BKB Mulya Kencana tingkat Kabupaten Malang tahun 2019. Juara III Kelompok UPPKS Anggrek Bulan tingkat Kabupaten Malang tahun 2020. Juara Harapan III tingkat Provinsi Jawa Timur oleh BKKBN.

Menurutnya, PAUD Integratif itu, memerlukan kerjasama dari semua tim. Agar target dari program bisa dicapai sesuai harapan.

“Kendalanya bantuan APE (Alat Permainan Edukatif.red) masih sangat kurang. BOP (Bantuan Operasional Penyelenggaraan.red) juga masih sangat minim. Sehingga kita mengajak wali murid bergotong royong dan peduli. Apalagi insentifnya juga masih minim,” ungkapnya.

Sri Wahyuni, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Donomulyo menambahkan. Kendalanya, lembaga di Donomulyo ini, insentifnya jauh dari layak. Mungkin kecamatan lain juga bernasib sama.

“Kelompok belajar di sini ada 18 siswa. Satuan PAUD sejenis (SPS) 10 siswa dan Taman Kanak-Kanak 28. Prinsip kita dalam mengajar adalah sajuta. Artinya sabar, jujur dan ikhlas. Apalagi insentifnya hanya Rp 200.000,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana Donomulyo, Dra Mahawati Dwi Marhaeni, menambahkan. Pihaknya senantiasa mendorong pola hidup sehat dari setiap warga. Agar rajin ke posyandu serta memberikan makanan bergizi pada putra-putrinya. Agar menjadi generasi yang sehat dan kuat .

“Kader IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan.red) juga berperan aktif menyukseskan program KB di tingkat lapangan, yaitu kelompok KB KS. Kelompok KB KS ini merupakan kelompok peserta KB KS dalam wadah organisasi yang secara sukarela berperan aktif,” urai Mahawati.

“Melaksanakan atau mengelola program KB, melakukan kegiatan di bidang KB. Seperti Posyandu, UPPKS, Kelompok Bina Keluarga Sejahtera (BKS) yaitu Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina keluaga Lansia (BKL), dan lainnya,” imbuhnya.

Di era otonomi daerah, peran kader IMP sangatlah penting. Menjadi satu kekuatan yang dapat diandalkan, untuk mempertahankan keberhasilan program KB di masyarakat. Seiring dengan terus menurunnya jumlah Penyuluh KB yang aktif. Disebabkan pindah, pension atau meninggal dunia. 

“Tanpa kader IMP, program KB di Indonesia dipastikan tidak berjalan lagi. Tidak mampu mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai. Kader IMP kita, juga menyabet kader terbaik,” pungkasnya. (*yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, membuka donasi bagi korban erupsi gunung Semeru. Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, open donasi...

Malang Raya

Malang Post – Vaksinasi di Kota Malang menyasar warga dari berbagai lapisan umur, mulai dari remaja sampai lansia. Contohnya, vaksinasi di Kelurahan Tanjungrejo oleh...

Olahraga

Malang Post — Kompetisi MS Glow For Men Liga 3 Zona Jatim 2021 sudah masuk fase 16 Besar. Sebanyak 16 klub lolos dari fase 32...

News

Malang Post — Seorang sopir rentalan ditemukan tewas, Minggu (5/12/2021) sore, di hutan Balekambang. Sekitar pukul 18.25 WIB, ambulan Sibat Gedangan tiba di halaman ruang...

headline

Kondisi jembatan Gladak Perak setelah diterjang lahar dingin Semeru. (istimewa) Malang Post —  Malang Post – Terang benderang siang itu mendadak gelap gulita seperti malam....

Pendidikan

Malang Post — Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang menggelar Seminar Nasional bertajuk Inovasi Pembelajaran Digital, Selasa (16/11/2021). Dilakukan daring melalui platform Zoom dan terhubung dengan...

Pendidikan

Malang Post — Tax Center Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan event Workshop Sosialisasi Perpajakan Pada Guru SMA dan SMK di Kota Malang. Pelaksanaan kali...

Malang Raya

Malang Post – Puluhan mahasiswa Universitas Tribuana Tunggadewi dari Fakultas Administrasi Publik melaksanakan kerja bakti, Minggu (5/12). Mereka kerja bakti bersama Babinsa-Bhabinkamtibmas Tlogomas, di...