Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Pentingnya Website untuk Bisnis, Apa saja yang Perlu Dipersiapkan?

Malangpost – Dewasa ini, makin banyak pelaku bisnis yang berlomba membuat usaha mereka makin dikenal khalayak ramai dengan cara memanfaatkan beragam media digital yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Salah satunya adalah website resmi. Baik untuk usaha kecil dan menengah ke atas ataupun usaha yang sudah berskala besar, website memegang peranan yang cukup krusial. Lalu, apa sebenarnya pentingnya memiliki website untuk bisnis? Dan persiapan apa saja yang harus dilakukan?

Pentingnya Website untuk Bisnis

Baca Juga ----------------------------

1. Menonjolkan Personal Branding dan Brand Awareness

Web bisa dipakai sebagai media personal branding, terutama bagi Anda yang berniat membuat situs portofolio. Lewat web portofolio, Anda bisa mengunggah konten berisi skill, karya, testimoni klien atau perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya, dan lainnya yang bisa menambah nilai Anda di mata pengunjung. Disamping itu, web untuk bisnis memungkinkan produk atau jasa yang dipromosikan lebih mudah dikenali target pasar.

2. Meningkatkan Penjualan

Pada dasarnya, website menjadi alternatif paling efektif untuk mendobrak penjualan bisnis. Semakin besar jumlah pengguna yang melihat penawaran produk atau jasa Anda, akan semakin besar pula peluang terjadinya transaksi dan penjualan. Dengan demikian, akan ada lebih banyak profit yang bisa diperoleh.

3. Membuat Bisnis Terlihat Kredibel

Keberadaan website dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata masyarakat, sehingga mereka akan lebih mudah percaya dengan barang dan jasa yang ditawarkan. Saat calon pelanggan sudah menaruh kepercayaan pada suatu bisnis, mereka tidak akan merasa ragu untuk melakukan pembelian.

Hanya dengan melihat profil perusahaan dari web, pelanggan bisa melihat sendiri gambaran besar usaha yang Anda miliki. Semakin unik dan menarik display web, semakin mudah pula orang-orang mempercayai bisnis yang dijalankan.

4. Selalu Terkoneksi dengan Pelanggan Kapanpun

Ragam informasi terkait produk dan layanan yang diunggah ke dalam situs bisa diperbaharui dengan lebih cepat dan mudah, dibandingkan dengan informasi berbentuk cetak. Karenanya, penggunaan website untuk bisnis menjadi cara yang efektif untuk selalu terkoneksi dengan pelanggan sekaligus memberikan informasi kepada mereka tentang kemunculan produk baru, promosi khusus, agenda yang akan datang, hingga layanan baru yang tersedia di website.

Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuat Website Bisnis

Agar pembuatan website berjalan lancar, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuat suatu website. Diantaranya adalah:

1. Domain

Fungsi utama domain ialah memudahkan calon pengguna untuk menemukan suatu produk, bisnis, atau perusahaan yang menjalankannya. Inilah mengapa domain harus dibuat seunik mungkin, namun tetap mudah diingat dan dicari di internet.

Sebelum memesan suatu domain, Anda perlu cek domain terlebih dahulu, apakah sudah ada pengguna lain yang menggunakan nama serupa atau belum. Mengingat 1 domain hanya bisa digunakan untuk satu akun, jika domain yang Anda inginkan sudah digunakan orang lain, maka Anda harus menggantinya dengan nama lain yang berbeda.

2. Hosting

Hosting berguna sebagai wadah penyimpanan dari database yang dimiliki suatu web agar bisa diakses para pengunjung secara online. Jenis hosting sendiri cukup beragam, mulai dari hosting langganan bulanan sampai tahunan. Juga hosting dengan kapasitas 1 GB sampai ratusan GB.

3. Display dan Konten

Display dan konten yang terdapat pada website bisa berupa tulisan, foto, gambar, video, atau gabungannya. Baik display ataupun konten, harus dibuat semenarik mungkin supaya bisa menjangkau lebih banyak pengunjung dan mendatangkan adsense, alias penghasilan iklan.

Itulah beberapa alasan mengapa pengadaan website untuk sebuah bisnis dinilai penting. Sekaligus ragam komponen yang harus dipersiapkan pengusaha sebelum membangun web. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda seputar website dan membantu Anda dalam persiapan membangun website ya! (*)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Penyebab tewasnya Eko Tri Manto (34) warga RT 3 RW 2, Dusun Keliran, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji yang ditemukan tak bernyawa...

Malang Raya

Malang Post —  Hujan deras Senin (25/10/2021) sore di wilayah Sukun tidak hanya disertai angin kencang. Tapi gemuruh petir dan sambaran kilat. Sekali sambar,...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang, TNI-Polri, SAR Kota Malang, dan instansi terkait mengikuti Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana Alam. Ini dalam rangka penanggulangan...

Malang Raya

Malang Post –  Warna-warni jembatan Kalilanang di Desa Pandanrejo, Kota Batu mendadak muram pada Senin (25/10/2021). Lantaran di bawah jembatan setinggi 19 meter itu...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Malang, H Sutiaji beserta Istri, Hj Widayati Sutiaji memberikan apresiasi senam Dahlan’s Style. Lantaran Senin (25/10/2021) sehari setelah melakukan senam...

Malang Raya

Malang Post — Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Malang mengajak masyarakat agar kembali ke koperasi dan menjauhi pinjaman online, karena membahayakan, Sedangkan koperasi adalah soko...

Pendidikan

Malang Post — Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya memberikan Pelatihan HACCP untuk Ahli Gizi Rumah Sakit dan Katering....

Malang Raya

Malang Post –  Efek Bocil (Bocah Cilik). Kata itu sangat tepat menggambarkan situasi pariwisata di Kota Batu saat ini. Pasalnya setelah turun level Pemberlakuan Pembatasan...