Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekobis

Tugu Tirta Nominasi BUMD Terbaik Nasional

Direktur Utama Tugu Tirta M Nor Muhlas S. Pd, M. Si dan Direktur Teknik Ir Ari Mukti MT (Foto: Istimewa)

Malang Post — Upaya dan komitmen Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan serta peran aktif dan kontribusi di bidang SDM dan industri 4.0, berpotensi menghadirkan satu lagi penghargaan prestisius yang bakal membanggakan Kota Malang di pentas Nasional. 

Usai mengikuti serangkaian tahap mulai dari paparan hingga penilaian sejak bulan Juli lalu, Tugu Tirta dinominasikan meraih TOP BUMD Awards 2021 di sejumlah kategori penghargaan. Diantaranya untuk kategori BUMD Perumda Air Minum Terbaik, Top CEO BUMD 2021 serta Top Pembina BUMD 2021.

Baca Juga ----------------------------

“TOP BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan) dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Penilaian dilakukan dengan melibatkan dewan juri para professor, doktor, serta para praktisi, konsultan bisnis dan tenaga ahli di bidangnya,” ungkap Ketua Penyelenggara, M Lutfi Handayani, MM, MBA.

“Keberhasilan kinerja BUMD tentu tidak lepas dari peran, kontribusi dan dukungan kepala pemerintahannya. Dengan pertimbangan tersebut, Dewan Juri juga akan menetapkan kepala daerah yang BUMD nya berprestasi dan berkinerja baik, sebagai Top Pembina BUMD 2021,” lanjutnya.

Dalam paparan di hadapan dewan juri, diantaranya Presiden i-OTDA Prof Dr Djohermansyah Djohan MA, Guru Besar Universitas Padjajaran Prof Dr HM Wahyudin Zarkasy CPA hingga praktisi Melani K Hariman PhD.

Medio bulan Juli lalu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si bersama Direktur Teknik, Ir Ari Mukti MT menjelaskan mengenai berbagai inovasi luar biasa Tugu Tirta untuk peningkatan pelayanan air minum Kota Malang. 

Dewan Juri juga penasaran mengapa Tugu Tirta begitu menginspirasi perusahaan daerah air minum lain di Indonesia dan menjadi jujugan tempat belajar alias studi banding. Hal ini terbukti bahwa Perumda Tugu Tirta patut untuk mendapatkan nominasi ini.

Tidak hanya pada program program yang sudah menjadi panutan PDAM se Indonesia, juga bukan hanya dalam tulisan tapi sudah banyak bukti bahwa keahlian Perumda Tugu Tirta diaplikasi oleh sesama tukang ledeng.

“Kami memiliki SDM yang berkompeten dan selalu menjadi narasumber/mentor/pengajar di event seminar atau pelatihan SPAM dan IT. Termasuk diantaranya menjadi mentor bagi PDAM se-Tanah Air lewat pengembangan bisnis Training Center dan Technology Information Development,” beber Muhlas.

Pada kesempatan yang sama, juga dijelaskan mengenai inovasi baru unggulan Tugu Tirta, yakni ‘Si Raja Air’ yang sukses merajai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2021.

“Si Raja Air adalah Sistem Rekayasa Jaringan Air yang digagas untuk penanganan kejadian force majeure air tidak mengalir melalui rekayasa jaringan, tangki bantuan dan terminal air,” terang Ari Mukti menimpali.

Sebagai informasi, ajang penghargaan ini diselenggarakan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional. (*yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan masih menggalakkan testing dan tracing sebagai bentuk penanganan covid-19. Contohnya, tim gabungan tingkat kelurahan bersama Puskesmas Janti, menghelat tracing...

Opini

Malang Post –  Hampir dua tahun alam kita berkabut Covid-19 yang memaksa semua orang harus beradaptasi dengan banyak hal. Tak jelas kapankabut itu sirna,...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang dan Polsek jajaran, Jumat (15/10/21) pagi, mengikuti Tes Kesehatan Jasmani (TKJ) personil dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Stadion Kanjuruhan,...

News

Malang Post – Terungkap sudah siapa pembuang bayi baru lahir di Ledoksari, Tumpang, Kamis (15/10/2021) siang. Terungkap pula, ibu bayi yang malu dengan hasil...

Malang Raya

Malang Post — Minggu Legi (17/10/2021) Kota Batu genap berusia 20 tahun. Setelah mendeklarasikan diri menjadi kota administratif pada 17 Oktober 2001 lalu. Ada yang...

Malang Raya

Malang Post – Pemkot Batu berencana membangun cold storage berkapasitas 200 ton di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Pembangunan itu dilakukan di tanah aset...

headline

Malang Post – Ingin anaknya menjadi seperti Sandiaga Uno, Ibu Wiwit pengusaha kripik yang tengah mengandung calon anak pertama yang sudah dinantikan selama 11 tahun,...

News

Malang Post — Masih ingat peristiwa sebuah mobil box yang menabrak dua kendaraan bermotor di Jl Simpang Majapahit, Kecamatan Klojen, Kota Malang, 7 Oktober 2021...