Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Maba UWG Penerima Beasiswa Tandatangani Pakta Integritas

KOMITMEN: Proses penandatanganan pakta integritas Maba UWG dengan konsekuensi kuliah tepat waktu

Malang Post – Universitas Widya Gama Malang sudah 50 tahun memberikan sumbangsih bagi perkembangan dunia pendidikan tinggi di tanah air.

Salah satunya, menjalankan program Pemerintah RI membantu generasi muda milenial yang baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui program KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah.

Baca Juga ----------------------------

Program ini sangat membantu anak bangsa yang memiliki prestasi. Namun orang tuanya tidak mampu secara ekonomi untuk membiayai anaknya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Program KIP Kuliah ini sejatinya sudah ada sejak pemerintahan SBY. Dikenal dengan program BIDIKMISI. Program ini sangat dirasakan manfaatnya. Bagi masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Agar generasi anak bangsa yang berprestasi dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta
Universitas Widyagama Malang pun melaksanakan program KIP Kuliah/BIDIKMISI.

Rektor UWG memberikan sanbutan kepada calon mahasiswa baru.

Disalurkan Pemerintah RI melalui Kemendikbud dan LLDIKTI di bawah koordinasi Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Kuota peserta penerima program KIP Kuliah dari UWG tahun ini sejumlah 33 peserta

Adapun jumlah pelamar program KIP Kuliah di UWG ini mencapai 200 lebih peserta. Namun kuota terbatas 33 mahasiswa baru. Wajib mengikuti seleksi dengan ketat.

Berdasarkan prestasi dan kemampuan ekonomi orang tua yang dapat diterima untuk mendapat program bantuan pendidikan KIP Kuliah ini.

Selain itu, UWG juga memiliki program bantuan pendidikan lain. Bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi, dari golongan tidak mampu. Bisa kuliah di UWG gratis. Melalui program beasiswa Unggul Mulia.

Program beasiswa Unggul Mulia dari Universitas Widyagama Malang ini, juga sama dengan KIP Kuliah. Mereka yang diterima akan dibebaskan dari biaya pendidikan (SPP dan DPP) sampai lulus hingga semester 8.

Pada tanggal 23 sampai 24 Agustus 2021, dilangsungkan penandatangan pakta integritas para mahasiswa baru penerima program KIP Kuliah dan program beasiswa Unggul Mulia UWG. 

Acara dilaksanakan secara luring di Hall Convention Center Lantai 4 Gedung Baru UWG. Total 90 mahasiswa baru penerima program beasiswa KIP Kuliah dan beasiswa Unggul Mulia.

Rektor UWG, Dr Agus Tugas Sudjianto ST MT, pada kesempatan acara penandatangan SK Beasiswa dan Pakta Integritas mengucapkan, selamat dan sukses. Kepada mahasiswa baru yang mendapatkan program tersebut.

“Anda termasuk orang-orang terpilih. Mahasiswa baru terbaik yang telah diseleksi oleh Panitia Seleksi Beasiswa di UWG. Dimana kuota yang terbatas dari UWG ini, anda adalah yang terpilih. Dari ratusan calon pelamar program beasiswa KIP Kuliah dan Beasiswa Unggul Mulia UWG,” ucapnya.

Ia menambahkan, mahasiswa dan orang tua menandatangani pakta integritas bermaterai. Dimana dalam program beasiswa kuliah ini, harus dapat dilaksanakan dengan baik dan lulus tepat waktu.

“Karena anda adalah para mahasiswa baru yang terpilih melalui program beasiswa. Tentu anda harus bisa menunjukkan bahwa anda adalah mahasiswa-mahasiswa UWG yang memiliki kemampuan lebih dari mahasiswa lain.”

“Prestasi akademik pada setiap semester harus bisa anda pertahankan minimal 3.0 IPK. Anda berkewajiban untuk turut serta mendukung program kegiatan Ormawa (Organisasi Kemahasiswaan).”

“Sehingga kampus UWG ini, bisa menjadi lebih maju dan berkembang. Dikenal masyarakat luas sebagai perguruan tinggi yang unggul baik nasional maupun internasional,” bebernya.

Bagi para mahasiswa baru penerima KIP Kuliah. Selain gratis SPP dan DPP sampai lulus (semester 8) juga mendapat uang saku. Besarannya tergantung pada hasil seleksi (berdasarkan monitoring evaluasi saat pengirian form ajuan beasiswa KIP Kuliah).

UWG sebagai kampus swasta yang dititipi oleh Pemerintah, berkewajiban mendidik dan menghantarkan hingga menjadi mahasiswa-mahasiswa yang sukses. Menjadi generasi unggul dan berkarakter. Berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Masa pandemi covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun ini, sama dengan setahun lalu. Pada tahun 2020 mereka mahasiswa baru penerima beasiswa KIP Kuliah dan Unggul Mulia, juga hadir di ruangan Hall Convention Center Lantai 4 Gedung Baru UWG.

Maba ini juga akan mengikuti kuliah daring. Bagi mahasiswa program studi eksakta (Pertanian, Teknik) ada kegiatan yang harus dilaksanakan luring.  Praktikum di laboratorium dengan menerapkan protokol kesehatan. Membagi kelompok dengan kapasitas 50 persen bergantian.

“Sekali lagi selamat dan sukses. Kepada anak-anaku mahasiswa baru UWG penerima beasiswa KIP Kuliah dan beasiswa Unggul Mulia UWG Malang. Semoga dapat memberikan manfaat dan barokah bagi kita semua,” pungkas Rektor. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

AMEG – Sejumlah personel Satnarkoba Polres Malang menjalani test urine pada Rabu (5/5/2021) siang. Test urine yang dilakukan secara periodik atau berkala tersebut berfungsi...